Pesona Wisata Jambi Danau Belibis

Pesona Wisata Jambi Danau Belibis

Danau Belibis Pesona Wisata Jambi

Pesona Wisata Jambi merupakan salah satu kabupaten di Pulau Sumatra yang memiliki wisata alam sangat indah khusunya di daerah Kabupaten Kerinci.merupakan daerah yang memiliki banya potensi wisata alam di propinsi Jambi. Untuk menuju Kabupaten Kerinci kita harus menempuh perjalan selama 11 jam dari Jambi dengan jarak tempuh kurang lebih 400 Km.Daerah Kerinci merupakan daerah pegunungan yang masih diselimutin hutan hijau yang lebat dan memiliki udara yang sejuk.

Pesona Wisata Jambi Danau Belibis
Pesona Wisata Jambi Danau Belibis

Daerah ini banyak dialiri anak sungai yang memiliki air yang jernih dan segar. Berbicara mengenai tempat wisata alam di jambi, Kerinci memiliki beberapa tempat wisata alam berupa danau yaitu danau Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Danau Belibis, Danau Kaco, dan Danau Lingkat. Beberapa Pesona Wisata Jambi danau ini masing memiliki keindahan dan daya tarik tersendir untuk wisatwan yang ingin menikmati wisata alam di jambi.

Gunung Kerinci merupakan suatu gunung tertinggi di pulau Sumatra yang lebih kurang tingginya 3805 m. yang terletak di ds. kersik tua kab. kerinci Jambi. daerahnya sangat dingin karena berada di ketinggian 1500 DPL dan konon katanya di G kerinci tersebut mempunyai anak gunung yang namanya Pesona Wisata Jambi Gunung Ayam yang terkenal sangat angker dan misteri, dan di sekitar gunung tersebut terhampar perkebunan teh yang sangat luas yang menambah keindahan dibalik kekeramatan yang akhirnya sngat menjahadi perhatian dan mengundang masarakat di seluruh plosok penjuru.

Pesona Wisata Jambi Keindahan Danau Belibis
Pesona Wisata Jambi Keindahan Danau Belibis

Gunung Ayam salah satu gunung yang letaknya di kaki gunung Kerinci yang mempunyai tingkat misteri yang sangat kuat ada kaitanya dengan gunung kerinci, dimana dihamparan Pesona Wisata Jambi gunung tersebut banyak berserakan telur ayam namun tak satu pun orang berani mengambilnya karena sangat-amat keramatnya sehingga apabila diambil akan berakibat fatal bagi yang menambilnya.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jambi Masjid Agung Jambi

Keunikan dan keanehan yang pernah terjadi di daerah tersebut antara lain , pada suatu hari skelompok orang pekerja pemetik teh hilang satu group kurang lebih 20 orang hingga sampai sekarang tidak pernah diketemukan, dan anenhya lagi sampai saat ini apabila jam 10 pagi di gunung tersebut terdengar suara pluit seakan-akan tiba waktunya untuk menimbang teh hasail petikanya padahal di gunung ayam sangat jauh jaraknya dari Pesona Wisata Jambi perkebunan, adapun yang lainya apabila orang mengambil telur-telur yang ada maka orang tersebut tidak akan bisa pulang dan terus keliling dan mengelilingi gunung tersebut dan tidak kan akan menemukan jalan pulang.

Keindahan Danau Belibis

Pesona Wisata Jambi Kumpulan Belibis Danau Belibis
Pesona Wisata Jambi Kumpulan Belibis Danau Belibis

Danau belibis merupakan danau yang terletak berdekatan dengan gunung ayam, dan tak kalah menariknya dg misteri gunung ayam. Pesona Wisata Jambi Danau belibis suatu danau kecil yang seluruh permukaanya hampir tertutup dengan belibis-belibis yangh hidup di daerah tersebut, dan uniknya lagi di tengah-tengah danau tsb. ada pulaau yg terapung yangh berputar-putar mengelilingui danau yang konon katanya pulau tsb. sering menyeret hanyut seseorang yang dikehendaki sungguh mengerikan tapi sangat menarik perhatian masyarakat.

Danau belibis, sesuai dengan namanya, dimana di danau itu banyak terdapat sebuah populasi belibis yang hidup di sekitar danau. Pesona Wisata Jambi Danau belibis terletak di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl tepat berada di kaki gunung kerinci. Yang merupakan gunung berapi aktif tertinggi  di Indonesia dengan ketinggian 3805 mdpl. Yang secara geografis berada dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Pesona Wisata Jambi Pesona Danau Belibis
Pesona Wisata Jambi Pesona Danau Belibis

Dilihat secara geografis, danau belibis merupakan danau tektonik yang terjadi akibat aktivitas gunung berapi, hal ini dapat kita lihat dari posisinya yang tepat berada di puncak sebuah bukit. Pesona Wisata Jambi Danau ini merupakan danau air tawar, meskipun kualitas air yang tidak terlalu banyak namun tetap selalu ada. Dipinggiran danau masih terdapat berbagai satwa alam yang masih terjaga, antara lain burung-burung hutan, kera-kera, monyet, dan sebagainya. Termasuk beberapa hewan yang cukup berbahaya seperti ular, harimau, yang sekarang jarang ditemui.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Pasir Padi

Pesona Wisata Jambi Misteri Danau Belibis

Bagi masyarakat kayu aro, Pesona Wisata Jambi Danau Belibis bukanlah danau biasa. Akan tetapi merupakan danau yang memiliki sejuta cerita dan misteri. Disamping juga jarang sekali orang-orang yang berkunjung ke danau tersebut, menambah misteriusnya danau tersebut. Inilah kisah Danau Belibis yang diceritakan banyak oleh orang tua zaman dulu “ Bahwa Belibis-Belibis penghuni Danau Belibis, merupakan perwujudan dari Manusia-manusia yang sempat hilang di danau tersebut.

Keindahan Danau Belibis Pesona Wisata Jambi
Keindahan Danau Belibis Pesona Wisata Jambi

Mereka adalah sekelompok pekerja dalam satu mandoran, atau satu kelompok, ketika mengadakan sebuah kunjungan ke Danau Tersebut. Mereka semua tidak ada yang pulang kerumah, dan menjadi belibis penunggu danau”. Hal itu terjadi, ketika awal muasal pembukaan Pesona Wisata Jambi Perkebunan Teh oleh belanda pada zaman dahulu.Akan tetapi cerita tersebut semakin digali semakin panjang bahkan semakin menggelitik serta membuat bulu kuduk yang mendengarnya langsung berdiri.

Danau Belibis termasuk danau kaldera dengan luas sekitar 2 ha. Danau ini terletak di lereng Gunung Kerinci yang berhutan lebat. Kondisi alam pegunungan disekitar danau masih asli dan merupakan salah satu obyek wisata yang mempunyai daya tarik khusus untuk dikunjungi. Pesona Wisata Jambi Danau yang indah ini dengan dikellingi oleh tebing-tebing curam merupakan tempat minum berbagai jenis satwa dan tempat berkumpulnya belibis. Danau Belibis dapat dicapai melalui Desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru. Jarak tempuh dari Kota Sungai Penuh lebih kurang 52 km.

Danau Belibis dan Gunung Kerinci Pesona Wisata Jambi
Danau Belibis dan Gunung Kerinci Pesona Wisata Jambi

Masyarakat yang mendiami kaki Kerinci di Kecamatan Kersik Tuo mayoritas beragama Islam dengan Suku Kerinci dan Suku Jawa. Suku Kerinci merupakan suku asli setempat Bahasa, adat, dan kultur sekilas mirip dengan Suku Minang di Sumatera Barat. Dan memang menurut cerita orang tua setempat, kedua suku ini memiliki “akar” yang sama. Sedangkan Suku Jawa merupakan transmigran dari Pulau Jawa yang dibawa di zaman penjajahan Belanda untuk dipekerjakan di perkebunan teh. Saat ini di kaki Kerinci masih terdapat perkebunan teh. Pesona Wisata Jambi Produk teh dari kaki Kerinci yang dijual di pasaran dikenal dengan nama Teh Kerintji atau Teh Kersik Tuo.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Lampung Teluk Kiluan
Sumber mata pencaharian warga di kaki Kerinci selain berkebun teh adalah berladang sayuran(kentang, wortel, kol, dll), bersawah (tanam padi), dan juga beternak (sapi, kerbau, kambing, ayam). Beternak bagi warga merupakan sambilan untuk membantu penghidupan, bukan sebagai mata pencaharian utama. Seperti kerbau untuk membajak sawah, sapi untuk menarik pedati, ayam untuk diambil telur dan bulunya, serta kambing dan ayam sesekali dipanen untuk dijual atau dikonsumsi.Pesona Wisata Jambi

Sumber : (http://jambiprov.go.id/) (http://kerincikab.go.id/)

=> Artikel Menarik Lainnya <=

Pesona Wisata Jambi Masjid Agung Jambi

Pesona Wisata Benteng Marlborough

Pesona Wisata Jambi Rawa Bento

Pesona Wisata Jambi Danau Kerinci

Pesona Wisata Muara Jambi

Pesona Wisata Jambi, Pesona Danau Belibis, Wisata Danau, Danau Jambi, Kisah Danau Belibis,  Provinsi Jambi, Populasi Belibis, Perkebunan Teh, Wisata Danau Jambi, Wisata Jambi, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *