Pesona Wisata Jambi

Pesona Wisata Jambi Muara Sungai Batang Hari

Pesona Wisata Jambi

Pesona Wisata Jambi
Pesona Wisata Jambi

Pesona wisata. Wilayah Provinsi Jambi dengan ibukotanya Jambi berada di tengah Pulau Sumatera yang terbentang mulai dari pegunungan Bukit Barisan di bagian barat Pulau Sumatera hingga ke kawasan pantai rawa-rawa di timur yang berhadapan dengan Selat Malaka. Wilayahnya mencapai luas 53,4 ribu kilometer persegi dan suku-suku yang mendiami daerah Jambi adalah Kubu, Melayu, Kerinci, Bajau, Batin, Penghulu dan sebagian penduduknya adalah pendatang dari Jawa dan Bali.

Penduduk Jambi kebanyakan beragama Islam, meskipun ada juga yang beragama Kristen, Budha dan Hindu. Adat istiadat Jambi dapat disaksikan lewat upacara penyambutan tamu-tamu agung, upacara adat dan kekayaan tarian daerahnya. Salah satu festival yang menjadi agenda tahunan provinsi ini adalah Festival Danau Kerinci yang menampilkan keragaman seni dan budaya Jambi dan berbagai perlombaan yang melibatkan masyarakat banyak.

Pesona Wisata Jambi Taman Nasional Kerinci Seblat
Pesona Wisata Jambi Taman Nasional Kerinci Seblat

Pesona wisata Jambi memiliki kekayaan flora dan fauna khususnya yang berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Sekitar 40 persen areal taman nasional ini berada di wilayah Provinsi Jambi. Di kawasan taman nasional ini terdapat gunung tertinggi di Sumatera yaitu Gunung Kerinci (3805 M), yang berada di perbatasan antara Jambi dan Sumatera Barat. Di kaki Gunung Kerinci ini, hewan langka seperti harimau dan badak Sumatera masih berkeliaran dengan bebasnya.

Sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Batang Hari, terdapat di Jambi. Air Sungai Batang Hari berasal dari mata air Gunung Rasam (2.585) yang berada di wilayah Sumatera Barat. Dari pegunungan tersebut air mengalir turun hingga membentuk Sungai Batang Hari yang berliku-liku seperti ular sejauh 800 Km menuju ke pantai timur dan kemudian membuang air sungai itu ke Selat Malaka.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Tanjung Tinggi

 

Pesona Wisata Sejarah Jambi

Pesona Wisata Jambi Muara Sungai Batang Hari
Pesona Wisata Jambi Muara Sungai Batang Hari

Pesona wisata. Pada awal abad ke-7, sebuah kerajaan Melayu tua muncul di dekat muara Sungai Batang Hari. Kerajaan ini menguasai pelabuhan tua yang terdapat di muara sungai. Menurut sumber literatur Cina, kerajaan Melayu tua ini memiliki sekitar 5000 pasukan. Perdagangan di pelabuhan ini berkembang dengan cukup pesat dan mampu menarik perhatian kerajaan besar Sriwijaya di Palembang. Pada tahun 686, Kerajaan Sriwijaya berhasil menaklukan kerajaan Melayu tua dan menguasai pelabuhannya:

Pada awal abad ke-10, Kerajaan Sriwjaya membangun kompleks candi yang sangat luas di Muara Jambi yang terletak sekitar 26 Km di timur ibukota Jambi sekarang. Di Muara Jambi ini juga dibangun saluran air dan tempat penyimpanan air. Para ahli sejarah memperkirakan Muara Jambi sebagai ibukota dari Kerajaan Melayu tua yang berada dibawah pengawasan Kerajaan Sriwijaya. Pesona wisata.

Ketika Kerajaan Sriwijaya runtuh pada awal abad ke-11 maka kekuasaan Sriwijaya atas Melayu tua berakhir pula. Kerajaan Melayu di Jambi sempat menjadi kerajaan yang merdeka hingga kedatangan Kerajaan Majapahit dari Jawa yang kembali menaklukan daerah ini pada tahun 1278-1520. Setelah runtuhnya Majapahit, Kerajaan Melayu kemudian berada dibawah pengaruh kerajaan dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Agama Islam masuk ke Jambi pada abad ke-16 bersamaan dengan kedatangan orang-orang Belanda ke daearah ini. Pada tahun 1616, perusahaan dagang Belanda, The Dutch East India Company, membuka kantornya di Jambi yang kemudian membuat kerjasama dagang dengan penguasa Melayu, Sultan Muhammad Nakhruddin. Belanda juga berhasil mendapatkan hak monopoli dalam perdagangan lada yang banyak dihasilkan dari wilayah Jambi. Pada tahun 1901, Belanda memindahkan kantor dagangnya ke Palembang, Sumatera Selatan dan melepaskan pengawasannya atas Jambi. Pesona wisata.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Penyusuk

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Jambi, Pesona Wisata, Wisata Palembang, Sumatera Selatan, Pesona Jambi, Wisata Indonesia, Kerajaan Sriwijaya, Pesona Majapahit, Minangkabau

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.