Pesona Wisata Indonesia Menarik di Medan

Pesona Wisata Medan Kala Suasana Malam

Pesona Wisata Indonesia Menarik di Medan

Pesona Wisata Medan Kala Suasana Malam
Pesona Wisata Medan Kala Suasana Malam

Pesona wisata. Medan adalah ibukota provinsi yang dinamis dan kota terbesar di Sumatra atau ketiga terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota ini merupakan kota multi-etnis yang menarik. Mayoritas penduduknya adalah suku Batak tetapi di kota ini juga banyak tinggal warga keturunan India dan Tionghoa malah komunitas Tionghoa di Medan cukup besar, sekitar 25% jumlah total penduduk.

Di kota pelabuhan ini ada beragam etnis dan agama terlihat dari jumlah mesjid, gereja dan vihara Tionghoa yang banyak tersebar di seluruh kota. Daerah di sekitar Jalan Zainul Arifin bahkan dikenal sebagai Kampung Keling (Kampung Indiaj.Tempat ini merupakan kawasan perniagaan bagi masyarakat keturunan India dan dulunya merupakan perkampungan orang India yang datang ke Medan untuk bekerja di berbagai perkebunan yang ada di sekitar Medan. Disini terdapat Sri Mariamman rumah ibadah agama Hindu yang dibangun untuk memuja Dewi Kali pada tahun 1884.

Pesona Wisata Medan Pertambangan Minyak
Pesona Wisata Medan Pertambangan Minyak

Masyarakat India ini berasal dari India bagian selatan yang datang ke Medan pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Rumah ibadah Hindu lainnya terdapat di Bekala Estate, 11 km di sebelah selatan kota Medan, terletak di dekat Sungai Sepit yang dibangun pada tahun 1876. Di sini pada saat tertentu diadakan upacara ritual Hindu yaitu berjalan diatas bara api khususnya pada saat Festival Thaipusam.

Kota Medan berkembang dari sebuah kampung yang didirikan oleh guru Patimpus sekitar tahun l590 an. Disebabkan letaknya yang berada di Tanah Deli, Kampung Medan juga sering dikenal sebagai Medan-Deli. Lokasi asli Kampung Medan adalah sebuah tempat di mana Sungai Deli bertemu dengan Sungai Babura.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Medan Masjid Raya Al Mashun
Pesona Wisata Medan Bangunan Tua Bank Indonesia
Pesona Wisata Medan Bangunan Tua Bank Indonesia

Medan kemudian berkembang dengan sangat cepat setelah banyak pengusaha membuka usaha agribisnis dan pertambangan minyak di sekitar Medan khususnya setelah tahun 1870-an. Tumbuhnya berbagai usaha perkebunan dan minyak menjelang akhir abad ke-19 itu menjadikan Medan berkembang sangat cepat sebagai pusat bisnis dan perdagangan.

Pada tahun 1943, jumlah penduduk Medan hanya sekitar 60,000 jiwa namun kemudian tumbuh cepat setelah periode kemerdekaan Indonesia. Hal ini disebabkan orang-orang Batak dari berbagai daerah di Sumatera Utara berdatangan masuk ke Medan dan juga masyarakat lainnya dari seluruh Indonesia. Medan adalah satu-satunya kota di Sumatera dimana sejumlah negara asing membuka kantor perwakilannya (konsulat) di kota ini.

Pesona Wisata Medan Istana Maimun
Pesona Wisata Medan Istana Maimun

Salah satu ciri Kota Medan adalah keberadaan gedung-gedung tuanya. Medan memiliki cukup banyak gedung-gedung tua peninggalan masa kolonial. Dua bangunan tua yang paling terkenal dan paling menarik untuk dilihat di Medan adalah Istana Maimun (Maimoon) dan Masjid Raya Medan.

Di sepanjang Jl Sukarno-hatta dan Jl. Ahmad Yani terdapat banyak bangunan peninggalan kolonial bergaya Eropa seperti bangunan Bank Indonesia, Balai Kota dan kantor pos. Jalan ini telah menjadi jalan utama di Medan sejak zaman penjajahan Belanda dulu.

Pesona Wisata Medan Rumah Tjong A Fie
Pesona Wisata Medan Rumah Tjong A Fie

Di salah satu ruas jalan ini, di belakang deretan toko-toko Cina, terdapat Rumah Tjong A Fie yaitu sebuah rumah besar bergaya Cina dengan ornamen dan hiasan yang indah. Bangunan yang menarik pandangan mata ini dulunya adalah rumah milik Tjong A Fie yang dikenal sebagai pengusaha perkebunan kaya. Rumah ini dibangun pada saat jaya-jayanya perusahaan perkebunan di sekitar Medan pada tahun 1920-1930.

Wisata Medan, Kota Medan, Pesona Medan, Tjong A Fie, Rumah Tjong A Fie, Istana Maimun, Istana Maimun Medan, Istana Maimun Di Medan, Sejarah Tjong A Fie, Medan.

Similar Posts:

    None Found
BACA JUGA :  Pesona Wisata Lampung Menara Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *