Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Sulawesi / Pesona Gorontalo / Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Pesona wisata. Gorontalo adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sebelumnya, semenanjung Gorontalo (Hulontalo) merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah di Era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkanUndang- undang Nomor 38 Tahun 2000, , tertanggal 22 Desember 2000 dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan “Kota Serambi Madinah“.

Letak Strategis Kota Gorontalo

Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo
Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Pesona wisata. Provinsi Gorontalo terletak di Pulau Sulawesi bagian utara atau di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.097.990 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk 88 jiwa/km2. Provinsi Gorontalo dihuni oleh ragam Etnis yang berbentuk Pohala’a (Keluarga), diantaranya Pohala’a Gorontalo (Etnis Hulontalo), Pohala’a Suwawa (Etnis Suwawa/Tuwawa), Pohala’a Limboto (Etnis Limutu), Pohala’a Bolango (Etnis Bulango/Bolango) dan Pohala’a Atinggola (Etnis Atinggola) yang seluruhnya dikategorikan kedalam suku Gorontalo atau Suku Hulontalo.

Ditengarai, penyebaran Diaspora Orang Gorontalo telah mencapai 5 kali lipat dari total penduduknya sekarang yang tersebar di seluruh dunia. Meskipun terbilang muda perihal pemekaran daerah, sebenarnya Provinsi Gorontalo lebih dahulu dikenal sejak zaman kolonial Belanda dengan kota-kota tua yang dimilikinya selain Kota Gorontalo (Hulontalo), antara lain:

  • Suwawa (asal kata Tuwawa)
  • Limboto (asal kata Limutu)
  • Tilamuta
  • Kwandang
  • Paguat (asal kata Pohuwato)
  • Marisa
  • Popayato
  • Atinggola

Jumlah Kecamatan Yang Ada di Kota Gorontalo

Pada tahun 2013, Provinsi Gorontalo secara keseluruhan memiliki 77 kecamatan serta 735 Desa/Kelurahan. Data ini akan terus mengalami perubahan seiring dengan adanya rencana pemekaran daerah otonom baru (DOB) di Provinsi Gorontalo yang diprediksi akan selesai pada tahun 2020 mendatang. Pesona wisata. Provinsi Gorontalo menjadi salah satu daerah hasil pemekaran yang terbilang sukses. Seperti halnya daerah lain, Provinsi Gorontalo pun memiliki berbagai julukan, diantaranya:

  • “Provinsi Agropolitan
  • Bumi Maleo”
  • Provinsi Minapolitan”
  • Bumi Para Sastrawan”
  • The Hidden Paradise”

Sejarah Pembangunan Monumen Nani Wartabone

Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo
Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Pesona wisata. Monumen Nani Wartabone dibangun sekitar tahun 1987 pada masa pemerintahan Walikotamadya Gorontalo, Drs. A. Nadjamudin. Monumen ini terletak di alun – alun Kota Gorontalo (Lapangan Taruna Remaja) atau tepat berada di depan rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo saat ini. Nani Wartabone adalah putra asli Daerah Gorontalo, yang telah banyak mengabdikan diri sebagai pejuang bangsa dan negara, khususnya dalam gerakan patriotisme melawan penjajahan Belanda.

Gerakan patriotisme Rakyat Gorontalo, dengan menggunakan taktik dan strategi perjuangan mampu mengusir bangsa penjajah Belanda dari Bumi Kerawang, Gorontalo. Perjuangan rakyat Gorontalo yang patriotik mencapai klimasnya pada tanggal 23 Januari 1942, menjadi satu – satunya daerah di Indonesia yang mampu memproklamasikan kemerdekaan RI dari Bumi Gorontalo, lepas dari cengkeraman penjajahan Belanda. Kisah perjuangan Nani Wartabone memang cukup panjang.

Pemberontakan Pada Masa Penjajahan Belanda Di Gorontalo

Membentang dari Zaman penjajahan Belanda, Penjajahan Jepang hingga penumpasan berbagai pemberontakan di Daerah Gorontalo, seperti pemberontakan PRRI / Permesta dan G 30 S0 / PKI. Jiwa patriotisme yang tumbuh dan terpelihara sejak abad ke-17, berpuncak pada patriotisme 23 Januari 1942. Selengkapnya tentang perjuangan Nani Wartabone, silahkan Anda baca kembali di sini. Pesona wisata. Menurut catatan sejarah, Jazirah Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) terbentuk kurang lebih 1300 tahun lalu, dimana Kerajaan Suwawa telah ditemukan berdiri pada sekitar tahun 700 Masehi atau pada abad ke-8 Masehi. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya makam para Raja di tepian hulu sungai Bulawa. Tidak hanya itu, makam Raja Suwawa lainnya dapat kita temukan di hulu sungai Bone, yaitu makam Raja Moluadu (salah seorang Raja di Kerajaan Suwawa) bersama dengan makam istrinya dan anaknya.

Sekilas Tentang Semenanjung Gorontalo

Pesona wisata. Namun, sebagai salah satu jazirah tertua di Sulawesi dan Nusantara, Semenanjung Gorontalo pun tidak hanya memiliki catatan sejarah pada prasasti makam-makam Rajanya dahulu, melainkan pula memiliki situs prasejarah yang telah ditemukan. Situs Oluhuta, merupakan sebuah situs prasejarah dan memiliki makam prasejarah didalamnya. hal ini dapat menjadi bukti bahwa Gorontalo telah memiliki peradaban yang sangat lampau. Sementara itu, Kota Gorontalo merupakan salah satu kota tua di Pulau Sulawesi selain Kota Makassar, Parepare dan Manado. Diperkirakan, Kota Gorontalo sudah terbentuk sejak kurang lebih 400 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1500-an pada abad ke-16. Kota Gorontalo pada saat itu menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di Kawasan Timur Indonesia, selain Ternate (sekarang bagian dari Provinsi Maluku Utara) dan Bone (sekarang bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan).

Kota Gorontalo Sebagai Pusat Pendidikan Masyarakat “ Tomini- Bocht”

Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo
Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Seiring dengan penyebaran agama tersebut, Kota Gorontalo akhirnya menjadi pusat pendidikan dan perdagangan masyarakat di wilayah “Tomini-Bocht” seperti Bolaang Mongondow (Sulawesi utara), Buol Toli-Toli, Luwuk Banggai,Donggala (Sulteng) bahkan sampai ke Sulawesi Tenggara. Hal ini dikarenakan, Kota Gorontalo memiliki letak yang sangat strategis, posisinya menghadap langsung ke Teluk Tomini (bagian selatan) dan Laut Sulawesi (bagian utara). Pesona wisata.

Kerajaan Gorontalo mulanya berada di Kelurahan Hulawa Kecamatan Telaga sekarang, tepatnya di pinggiran sungai Bolango. Menurut Penelitian, pada tahun 1024 H, kota Kerajaan ini dipindahkan dari Keluruhan Hulawa ke Dungingi Kelurahan Tuladenggi Kecamatan Kota Barat sekarang.

Kemudian dimasa Pemerintahan Sultan Botutihe kota Kerajaan ini dipindahkan dari Dungingi di pinggiran sungai Bolango, ke satu lokasi yang terletak antara dua kelurahan yaitu Kelurahan Biawao dan Kelurahan Limba B. Dengan letaknya yang stategis yang menjadi pusat pendidikan dan perdagangan serta penyebaran agama islam maka pengaruh Gorontalo sangat besar pada wilayah sekitar, bahkan menjadi pusat pemerintahan yang disebut dengan Kepala Daerah Sulawesi Utara Afdeling Gorontalo yang meliputi Gorontalo dan wilayah sekitarnya seperti Buol ToliToli dan, Donggala dan Bolaang Mongondow.

Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo
Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Pesona wisata Monumen Nani Wartabone dibangun untuk menghomati jasa Pahlawanan Perintis Kemerdekaan Nani Wartabone, asal Gorontalo yang lahir pada tanggal 30 Januari 1907, dan mengingatkan masyarakat Gorontalo akan peristiwa bersejarah 23 Januari 1942, dengan harapan hasil perjuangan itu akan tumbuh dalam jiwa generasi sesudahnya untuk membangun Indonesia tercinta ini dalam mengisi kemerdekaan.

Mengunjungi Monumen Nani Wartabone, Anda akan di ajak untuk mengenang sosok pejuang Nani Wartabone. Meskipun namanya tidak setenar tokoh atau pahlawan nasional lainnya, namun semua perjuangannya merupakan batu – batu kerikil yang dipersembahkan untuk rakyat Gorontalo dalam batas – batas kemampuan dalam pembangunan Republik Indonesia yang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945. Jiwa patriotik tersebut muncul dan tumbuh terus pada masa kekuasaan Jepang, serta terus dibina dan diwariskan kepada generasi muda hingga sekarang.

Akses ke lokasi monumen sangatlah terjangkau, karena tepat berada di jantung ibukota Provinsi Gorontalo. Ketinggian monumen mencapai 8 meter dengan penataan lokasi sekitar monumen yang sangat asri. Jalan akses menuju lokasi, wisatawan dari luar Gorontalo dapat menempuh berbagai alternatif transportasi, baik transportasi udara (pesawat terbang), transportasi laut (kapal Pelni), atau transportasi darat (bus antar-kota). Wisatawan yang mengunjungi Monumen pahlawan nasional Nani Wartabone tidak dipungut biaya apapun. Pesona wisata.

Kunjungi Tempat Wisata Menarik di Kota Gorontalo Lainnya di :

Pesona Wisata Tugu, Tugu Gorontalo, Tugu Pahlawan Gorontalo, Nani Wartabone, Kapal Pelni, Kota Gorontalo, Wisata Gorontalo, Pesona Gorontalo, Tugu Khas Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

 

 

About PesonaWisata

Check Also

Gorontalo Pesona Indonesia

Pesona Indonesia di Gorontalo

Pesona Indonesia di Gorontalo Pesona Indonesia Provinsi Gorontalo  terbentuk berdasarkan UU No.38 tahun 2001 dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *