Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde
Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Pesona wisata. Wilayah Provinsi Gorontalo merupakan daerah agraris dengan keadaan topografi datar, berbukit-bukit sampai dengan bergunung sehingga berbagai jenis tanaman pangan dapat tumbuh dengan baik di daerah ini. Luas lahan kering adalah 215.845,00 ha. Sedangkan rawa-rawa (tegalan) seluas 1.580,00 ha, Luas areal produksi padi pada tahun 2006 yaitu 45.027 ha dengan jumlah produksi tahun 2006 sebanyak 197.600,94 ton dan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2005 yang mempunyai luas areal 37.831 ha dengan jumlah produksi sebanyak 164.168 ton.

Sisi Laut Pulau Saronde

Sisi laut pantai utara Gorontalo sangat menarik untuk dikunjungi. Selain pelabuhan laut, terdapat pulau yang tidak berpenghuni. Pulau Saronde terletak di utara Teluk Kwandang, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Tepatnya sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. Waktu tempuhnya mencapai 1–1,5 jam. Dari Bandara Jalaludin Gorontalo, jaraknya hanya sekitar 30 kilometer.Pulau yang masuk Provinsi Gorontalo tersebut mulai dikenal karena mampu memikat hati para turis domestik maupun mancanegara. Pesona wisata.

Akomodasi untuk Bermalam di Pulau Saronde

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde
Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Pesona wisata. Jika pengunjung ingin bermalam di Pulau Saronde, biaya sewa perahu adalah Rp 45 ribu untuk setiap orang. Kemudian, Anda dijemput esoknya pada jam yang telah disepakati dengan si juru kemudi perahu. Untuk urusan menginap di pulau eksotis itu, wisatawan tidak perlu khawatir. Telah tersedia cottage dengan fasilitas hotel berbintang. Harganya pun relatif ringan di kantong.

Yakni, hanya Rp 250 ribu per hari. Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara Frits Ano menuturkan, pembenahan masih terus dilakukan di kawasan wisata Saronde. Tujuannya, wisatawan bisa menikmati keindahan pulau tersebut dengan nyaman. ’’Memang sudah banyak fasilitas yang layak. Diharapkan, arus berkunjung setiap hari bertambah,’’ kata dia. Dulu, terang Frits, jumlah orang yang berkunjung ke Pulau Saronde dihitung per bulan. Tetapi, sekarang wisatawan datang setiap pekan, bahkan setiap hari.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Mamuju

Suasana Pulau Saronde Jika Ada Event

Apalagi, kalau ada event, Pesona wisata Pulau Saronde dipenuhi dengan wisatawan lokal dan mancanegara. Event yang rutin diadakan adalah Pemilihan Putri Saronde dan Festival Saronde. Festival itu diselenggarakan setiap tengah tahun. Sebelum sampai Pulau Saronde, wisatawan akan menikmati sensasi perjalanan saat berada di atas perahu dari Kota Gorontalo. Suguhan menarik berupa pemandangan yang eksotis, riak gelombang yang mengempas di perahu, dan lalu-lalang katinting yang membawa penumpang masyarakat Ponelo Kepulauan bisa dinikmati selama perjalanan menuju Pulau Saronde. Dari kejauhan, terlihat kecantikan pulau dengan jejeran bangunan cottage di bibir pantai.

Menikmati Pemandangan Cantik di Pulau Saronde Gorontalo

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde
Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Pesona wisata. Ketika Anda hampir sampai di pulau, hamparan terumbu karang cantik bisa dilihat dengan mata telanjang, tanpa perlu turun ke air untuk melakukan snorkeling. Ikan-ikan beraneka warna asyik bermain di sela-sela terumbu karang yang masih terjaga. Ketika menginjakkan kaki di bibir pantai, wisatawan akan disambut hamparan pasir putih halus dan lembut, serta pantai yang dangkal dengan air yang jernih.

Tidak heran bila Saronde menjadi tempat favorit para pengunjung untuk kegiatan berenang maupun ber-snorkeling. Selain cottage, ada aula di tengah-tengah pulau yang bisa dijadikan tempat pertemuan jika ada rombongan yang berkegiatan di Saronde. Pulau Saronde memiliki luas kurang lebih satu kilometer. Terdapat berbagai macam pepohonan di tengah pulau. Di antaranya, pohon pinus dan kelapa.

Hal Yang Menjadi Daya Tarik Pulau Saronde

Hutan kecil dan berbatuan besar yang membentuk tebing di bagian selatan hingga ke timur menjadi daya tarik Pulau Saronde. Di bagian utara hingga barat, kontur tanah datar dan berpasir cocok dijadikan tempat bercengkrama dan berenang. Pulau Saronde ramai dikunjungi pada akhir pekan atau saat libur nasional. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berenang ataupun snorkeling. Sebab, air laut yang pasang dan burung-burung beterbangan di atas pulau membuat kita lupa waktu dan terbuai dengan panorama keindahan Saronde. Pesona wisata.

Moment Cantik Untuk Para Penikmat Fotografi

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde
Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Untuk para penggemar fotografi Pesona wisata, jangan pernah melewatkan momen matahari terbenam di tempat tersebut. Sebab, refleksi langit kemerah-merahan khas warna sunset membikin angle foto lebih menarik. Termasuk untuk fotografi bawah laut. Terumbu karang yang masih terjaga dan dihidupi berbagai jenis ikan adalah angle terbaik untuk foto bawah laut. The Hidden Paradise (Surga yang Tersembunyi) memang sebuah wacana yang didengung-dengungkan pemerintah Gorontalo. Wisata bahari yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain di Indonesia ternyata berada di Gorontalo. Salah satunya, Saronde

BACA JUGA :  Pesona Wisata Gorontalo Kantor Gorontalo

Sekilas Mengenai Pulau Saronde

Pesona wisata. Pulau Saronde adalah pulau kecil yang indah, dengan pantainya yang berpasir putih dan karang yang tertata rapi secara alami. Keberadaan pulau saronde yang merupakan salah satu permata wisata Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo Utara belum banyak diketahui orang- orang. Luas pulau ini hanya sekitar kurang lebih 1 km keliling dengan pesisir pantai yang mengelilingi pulau dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Dari bagian utara hingga ke barat sepanjang pantainya berpasir putih, dan dari selatan hingga ke timur sepanjang pantainya di penuhi bebatuan yang tertata rapi bagai ditata oleh tangan manusia serta dikelilingi oleh taman laut yang memiliki keindahan terumbu karang. Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, sekitar 65 km dari pusat kota gorontalo dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Untuk menempuh perjalanan dari pusat kota gorontalo hingga ke dermaga kwandang sebaiknya menggunakan kenderaan pribadi.

Perairan di Sekitar Pulau Saronde

Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde
Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Perairan di sekitar pesona wisata Pulau Saronde dikenal bersih dan tidak tercemar oleh sampah-sampah industri, sehingga sangat layak untuk berbagai kegiatan air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air. Bukan hanya hamparan alamnya yang mempesona, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada Festival Saronde yang kerap diadakan bulan Juli, mereka sering mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde Gorontalo, Snorkling.

Akomodasi di Pulau Saronde

Untuk masuk ke Pulau Saronde, pengunjung tidak dipungut bayaran apa pun. Kecuali sewa cottage kalau mau menginap. Tapi jika tidak mau mengeluarkan biaya penginapan, Anda bisa mendirikan tenda. Sementara soal makananan, pengunjung bisa membawanya sendiri bekal. Tapi jika tidak mau repot, penduduk setempat juga menjajakan makanan di sini dengan menu berupa nasi dan ikan bakar serta sambal khas Gorontalo. Pesona wisata.

Kunjungi Tempat Wisata Menarik di Kota Gorontalo Lainnya di :

BACA JUGA :  Pesona Wisata Mamuju Bukit Jati Gentungan

Sumber: www.wikipedia.org, Buku “Info Wisata Nusantara”, http://www.gorontaloprov.go.id/

 

Pulau Saronde, Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Festival Saronde, Pesona Gorontalo, Kota Gorontalo, Kecamatan Kwandang, Pesona Wisata Gorontalo, Festival di Pulau Saronde, Festival.

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *