Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Pesona wisata. Kedudukan Kota Kerajaan Gorontalo mulanya berada di Kelurahan Hulawa Kecamatan Telaga sekarang, tepatnya di pinggiran sungai Bolango. Menurut Penelitian, pada tahun 1024 H, kota Kerajaan ini dipindahkan dari Keluruhan Hulawa ke Dungingi Kelurahan Tuladenggi Kecamatan Kota Barat sekarang. Kemudian dimasa Pemerintahan Sultan Botutihe kota Kerajaan ini dipindahkan dari Dungingi di pinggiran sungai Bolango, ke satu lokasi yang terletak antara dua kelurahan yaitu Kelurahan Biawao dan Kelurahan Limba B.

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto
Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Dengan letaknya yang stategis yang menjadi pusat pendidikan dan perdagangan serta penyebaran agama islam maka pengaruh Gorontalo sangat besar pada wilayah sekitar, bahkan menjadi pusat pemerintahan yang disebut dengan Kepala Daerah Sulawesi Utara Afdeling Gorontalo yang meliputi Gorontalo dan wilayah sekitarnya seperti Buol ToliToli dan, Donggala dan Bolaang Mongondow.

Wilayah Provinsi Gorontalo merupakan daerah agraris dengan keadaan topografi datar, berbukit-bukit sampai dengan bergunung sehingga berbagai jenis tanaman pangan dapat tumbuh dengan baik di daerah ini. Luas lahan kering adalah 215.845,00 ha. Sedangkan rawa-rawa (tegalan) seluas 1.580,00 ha, Luas areal produksi padi pada tahun 2006 yaitu 45.027 ha dengan jumlah produksi tahun 2006 sebanyak 197.600,94 ton dan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2005 yang mempunyai luas areal 37.831 ha dengan jumlah produksi sebanyak 164.168 ton. Pesona wisata.

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto
Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Terinspirasi oleh semangat Hari Patriotik 23 Januari 1942, maka pada tanggal dan bulan yang sama pada tahun 2000, rakyat Gorontalo yang diwakili oleh Nelson Pomalingo ditemani oleh Natsir Mooduto sebagai ketua Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Gorontalo Tomini Raya (P4GTR) serta sejumlah aktivis, atas nama seluruh rakyat Gorontalo mendeklarasikan berdirinya Provinsi Gorontalo yang terdiri dari Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo terlepas dari Sulawesi Utara. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No. 10 tahun 1964 yang isinya adalah bahwa Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo merupakan wilayah administrasi dari Propinsi Sulawesi Utara. Beberapa bulan setelahnya tepatnya tanggal 16 Februari 2001, Tursandi Alwi sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo dilantik.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kendari Pantai Nambo

Peresmian Pemerintahan Provinsi Gorontalo

Pesona wisata. Provinsi Gorontalo secara resmi disahkan pemerintah pada tanggal 22 Desember tahun 2000 setelah melalui penetapan sidang paripurna DPR RI pada tanggal 5 Desember 2000. Namun sejak awal dibentuk hingga tahun 2015, peringatan Hari Lahir Provinsi Gorontalo diperingati setiap tanggal 16 Februari, ditandai dengan dilantiknya Tursandi Alwi sebagai penjabat Gubernur pertama pada tanggal 16 Februari tahun 2001. Akhirnya setelah melalui perdebatan panjang, Pemerintah Provinsi Gorontalo resmi mengubah Hari Ulang Tahun Provinsi dari sebelumnya tanggal 16 Februari menjadi tanggal 5 Desember setelah disetujui oleh [DPRD Provinsi Gorontalo] pada sidang paripurna tanggal 19 Agustus 2015.

Menara Keagungan Limboto Sebagai Ikon dari Provinsi Gorotalo

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto
Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Menara Eifle di Eropa tentu saja menjadi salah satu icon kejayaan Eropa, dimana perhatian dunia pun dapat berpusat padanya. Bentuknya yang unik seakan menyentuh langit selalu membuat takjub pengunjungnya, dan dijadikan salah satu pusat keindahan dan kebanggaan di Eropa, khususnya dinegara pemilik Eifle tersebut. Sebuah bangunan yang menjulang tinggi keangkasa, di Indonesia tentu saja banyak yang lebih mengenal Monas, ketimbang gedung bertingkat lainnya. Tentu saja ini menjadi kebanggan Indonesia umumnya, Jakarta khususnya. Karena, salah satu pusat perhatian masyarakat Indonesia bila ke Jakarta adalah menyempatkan diri ke Monas. Pesona wisata.

Menara Limboto Sebagai Simbol Monumen Kejayaan Gorontalo Sejak 2004

Gorontalo pun, tentu saja dapat berbangga hati Pesona wisata, sebuah monumen kejayaan berdiri sejak 2004 silam, berdiri tegak menjulang ke angkasa dengan ketinggian hampir 100 meter, itulah Menara Keagungan Limboto, menara yang melambangkan keagungan, kejayaan, dan keberhasilan provinsi Gorontalo, dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegarawan. Menara yang terbuat dari rangkaian komplit besi dan baja ini menjadi bagian dari sejarah, bahwa Gorontalo bukanlah kota tua dan mati. Menara keagungan ini, melambangkan kejayaan yang penuh cinta. Bangunan menjulang tinggi keangkasa, bertahan dari sengatnya matahari, dan tegar membendung dinginnya hujan membasah, filosofinya adalah Gorontalo terus tumbuh, terus bertahan meski kekuatan global terus mendera dan himpitan masalah makin menjadi, Gorontalo tetap ada sampai kapan pun.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Gorontalo Pulau Saronde

Menara Limboto Sebagai Nilai Simbolis dari Semangat Masyarakat Gorontalo

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto
Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Pesona wisata. Hal ini juga melambangkan tingginya semangat masyarakat Gorontalo untuk membangun, memberi dan menjaga kelestarian budaya Gorontalo, sebagai bagian dari warisan bangsa. Dengan hadirnya bangunan ini, tidak menutup lagi mata dunia bahwa Gorontalo bukan daerah kecil yang tak mampu berbuat yang terbaik untuk negeri, bukanlah negeri para pecundang yang tidak mau mentaati hukum. Kearifan lokal yang kenta dengan ajaran Islam pun tergambar pada kokohnya bangunan ini, lebih lagi bangunan ini berdiri disamping Masjid bersejarah, Masjib Baiturrahman Limboto, masjid besar di kabupaten Gorontalo.

Menara Keagungan, tentu saja bukanlah bangunan mati bagai patung yang berdiri ditengah kota, melainkan juga bernilai ekonomi bagi warga setempat. Miniatur Eifle ini, memiliki 4 lantai ini, memudahkan wisatawan melihat pemandangan kota Limboto Kabupaten Gorontalo, yang syarat dengan ketenangan. Bahkan dari ketinggian menara ini, pengunjung dapat meneropong dan melihat jauhnya Bangunan Kawasan Botu (Lokasi Kantor Pemerinta Provinsi Gorontalo), hingga lukisan alam danau limboto dan wajah kota Gorontalo. Tentu saja, saya bisa bilang, siapapun yang meluangkan waktunya ke Menara Limboto akan takjub, karena ini merupakan satu-satunya menara di sulawesi bahkan di Indonesia yang bernilai bisnis dibidang pariwisata. Pesona wisata.

Beberapa hari lagi, akan digelar iven Jumbara PMR tingkat nasional yanh dipusatkan di Gorontalo, bila ada diantara pembaca blog ini yang menjadi salah satu tim jumbara, sebaiknya meluangkan waktu ke Taman Menara Keagungan Limboto, sebagai wujud pembuktian bahwa anda pernah mengunjungi dikota yang memiliki miniatur eifle ini.

Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto
Pesona Wisata Gorontalo Menara Limboto

Pesona wisata. Limboto juga merupakan ibukota kabupaten Gorontalo. Terletak di 0,30 derajat Lintang Utara, 1,0 derajat Lintang Selatan, 121 derajat bujur Timur dan 123,3 derajat Bujur Barat. Kabupaten Gorontalo dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II di Sulawesi dengan ibu kota semula Isimu. Pada tahun 1978 ibu kota Kabupaten Gorontalo dipindahkan ke Limboto. Ada sebagian data pada atlas atau peta yang memuat ibu kota Kabupaten Gorontalo adalah Isimu. Jelas hal tersebut tidak sesuai dengan realita dan fakta yang ada di lapangan. Di Gorontalo terdapat sebuah tempat wisata Gorontalo yang mana pesona wisata kali ini boleh di bilang mirip seperti icon yang menjadi ciri khas Negara di Perancis. Apalagi kalau bukan menara Eiffel? Ya, di Kota Gorontalo ini ada sebuah menara yang hampir mirip dengan Menara Eiffel di Perancis.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Gorontalo Tugu Gorontalo

Menara ini dibangun tahun 2001 dan berlokasi di limboto, ibukota Kabupaten Gorontalo. Menara Keagungan menjadi kebanggaan rakyat Gorontalo, memiliki daya tarik tersendiri unutk wisatawan. Keramahan penduduk akan melengkapi perjalanan anda ketempat ini. Dengan menggunakan lift anda dapat menelusuri 5 (lima) lantai yang tersedia, sambil menikmati pemandangan alam gorontalo dan danau limboto dari puncak ketinggian 65 meter. Dilantai 1 (pertama) tersedia pula auditorium untuk pertunjukan dan meeting. Pesona wisata.

Kunjungi Tempat Wisata Menarik di Kota Gorontalo Lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Limboto,_Gorontalo

Sumber: http://dotgorontalo.blogdetik.com/2011/06/27/menara-keagungan-icon-kebanggaan-gorontalo/

Pesona Wisata Gorontalo, Menara Limboto, Pesona Gorontalo, Wisata Menara Limboto, Menara Gorontalo, Limboto Gorontalo, Menara Eiffel Gorontalo, Kota Gorontalo, Pesona Sulawesi, Wisata Sulawesi.

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *