Pesona Wisata Desa Lamalera

Pesona Wisata Kepulauan Alor

Pesona Wisata Desa Lamalera

Pesona Wisata Lamalera
Pesona Wisata Lamalera

Pesona wisata Desa Lamalera yg terletak di kawasan pantai selatan Pulau Lembata menjadi daya tarik bagi para wisatawan di pulau ini. Penduduk di desa ini kerap berburu ikan paus dengan hanya menggunakan perahu kecil sederhana.

Kegiatan perburuan ian paus biasanya diadakan antara bulan mei dan oktober yaiu ketika laut tidak terlalu bergelombang. Penduduk desa ini menjadikan perburuan ikan paus sebagai mata pencaharian mereka.

Hasil tangkapan ikan paus dibagi berdasarkan tradisi yang telha berlangsung selama ratusan tahun. Lemk ikan paus digunakan penduduk sebagai bahan bakar lampu penerang dan dagingya dijual dengan system barer dengan buah-buahan atau sayuran. Jika ikan paus tidak banyak berkeliaran maka penduduk berburu ikan jenis lain yaitu ikan hiu atau lumba-lumba yang biasanya selalu tersedia sepanjang tahun.

Keindahan Kepulauan Solor

Di sebelah timur kepulauan solor terdapat pesona wisata Pulau Alor dan Pulau Pantar. Alor yang indah dengan kondisi geografis yang bergunung-gunung. Perairan di sekitar Alor dikenal memiliki lokasi penyelaman yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

Pesona Wisata Kepulauan Alor
Pesona Wisata Kepulauan Alor

Kondisi alam yang bergunung-gunung menyebabkan transportasi anatara satu daerah dengan daerah lainnya di pulau ini agak sulit dilakukan. Kondisi ini menyebabkan masyarakat hidup terpisah-pisah selama ratusan tahun yang menimbulkan berbagai suku dengan kebudayaan yang berbeda-beda.

Sarana transportasi saat ini sudah lebih baik; sudah tersedia jalan yang melintasi pulau. Penduduk Alor saat ini berjumlah sekitar 140.000 jiwa yang terbagi menjadi sekitar 50 suku dengan jumlah bahasa daerah yang hampir sama pula banyaknya. Pesona wisata.

Pesona Wisata Kalabahi Kota

Pesona wisata Kalabahi merupakan kota utama di Alor yang merupakan kota pelabuhan terletak pada ujung sebah teluk yang indah di kawasan pantai barat dan ditumbuhi banyak pohon kelapa. Kawasan pantai kalabahi memiliki lokasi snorkeling dan penyelaman yang sangat bagus namun harus waspada dengan arus laut yang cukup kuat dan terkadang berbahaya.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Mataram Taman Air Mayura

Wisatawan dapat mengunjungi pasar inpres Kalabahi dimana penduduk menjual aneka macam buah-buahan dan para wanita tengah menbuat tikar dari bamboo. Di sekitar kalabahi terdapat sejumlah tempat menarik yang dapat dikunjungi wiatawan antara lain di Takpala yang merupakan sebuah desa tradisional yang berada di sebuah bukit. Pesona wisata Takpala memiliki rumah adat degan atapnya yang tinggi.

Pemandangan di desa ini sangat indah yang memperlihatkan panorama laut flores. Penduduk desa kerap menggelar pertunjukkan tarian jika ada rombongan wisatawan yang datang berkunjung. Pesona wisata Takpala terletak sekitar 13 km di timur kalabahi yang apat dikunjungi dengan menumpang kendaraan umum.

Pesona Wisata Pantai Alor Kecil
Pesona Wisata Pantai Alor Kecil

Desa Alor Kecil dan Alor Besar berada tidak jauh dari kalabahi. Kedua desa ini memiliki pantai yang indah dengan lokasi snorkeling dan penyelaman yang sangat bagus namun arus air terkadang sangat kuat. Pesona wisata Alor kecil merupakan desa yang indah dan juga penghasil tenun ikat. Untuk mengunjungi kedua desa ini wisatawan dapat menumpang bus dari pasar inpres Kalabahi.

Di dekat pelabuhan udara, di ujung utara Pulau Alor terdapat Mali yang memiliki pantai yang cantik dengan pasir pantainya yang berwarna putih. Pantai mali memiliki lokasi perairan yang sangat bagus untuk snorkeling . Di sini wisatawan data menyewa perahu motor untuk berkeliling di perairan di kawasan yang indah ini. Wisatawan juga dapat berkunjung ke Pulau Suki yang berada di depan Pantai Mali. Di Pulau Suki terdapat sebuah kuburan tua yang disebut-sebut sebagai makam seorang sultan dari Sulawesi.

Wisata Pantar Pulau Terbesar Kedua

Pesona wisata Pantar adalah pulau terbesar kedua di kelompok kepulauan Alor. Alsan utama wisatawan mengunjungi Pantar adalah untuk mendaki Gunung Sirung yang merupakan gunung vulkanis aktif dengan kawahnya yang mengeluarkan magma. Untuk mencapai gunung ini, pengunjung harus menumpang truk ke Kakamauta dan dilanjutkan berjala kaki selama tiga jam ke kawah Sirung. Kondisi jalan ini pantar pada umumnya masih kurang baik kondisinya. Baranusa adalah kota utama di Pulau Pantar. Kapal feri yang menjalani rute larantuka-alor singgah ke Baranusa.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Mataram

Berkunjung Ke Pulau Roti

Pulau roti yang terletak di antara pulau timor dan Pulau Sumba di sebut sebagai pulau yang berada paling selatan di Indonesia. Roti memiliki kawasan pedesaan di tepi pantai yang indah dengan lokasi selancar yang disebut sebagai yang terbaik di nusa tenggara. Pesona wisata.

Pesona Wisata Ti'l Topi Khas Pulau Roti
Pesona Wisata Ti’l Topi Khas Pulau Roti

Masyarakat roti juga memiliki tradisi membuat kain tenun ikat dengan warna dominan merah, hitan dan kuning dengan motif dan desain yang rumitseperti motif bunga dan patola yang merupakan desain dengan bentuk-bentuk geometris.

Salah satu tradisi msyarakat pesona wisata Pulau Roti yang belum hilang hingga kini adalah mengenakan topi khas masyarakat Roti yang disebut Ti’l langga yang memiliki pinggir topi yang lebar dan mencuat ke atas. Penduduk Roti menyukai music dan menari. Instrument music yang terkenal dari daerah ini adalah sasando.

Baa Kota Utama Pulau Roti

Pesona wisata Baa berada di pantai utara adalah kota utama di Pulau Roti. Sebagian rumah penduduk di kota ini memiliki bentuk tradisional dengan atapnya dari daun ilalang berbentuk kapal yang dapat ditemui di Jl Pabean yang merupakan jalan utama yang berada di dekat pantai. Kawasan pantai yang berada di sepanjang jalan antara baa dengan kawasan pelabuhan di Pantai Baru memiliki panorama yang indah dengan batu-batu karangnya.

Pesona Desa Nemberela

Pesona wisata Nemberela adalah sebuah desa yang berada di pinggir pantai degan pasirnya yang berwarna putih dan suasana pedesaan yang tenang. Kawasan perairan di pantai Nemberala merupakan lokasi selancar yang sangat bagus khususnya pada antara bulan april hingga juli. Dikawasan pantai ini terapat beberapa lokasi dengan terumbu karang yang indah yang menjadi lokasi snorkeling.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur
Pesona Wisata Nemberela
Pesona Wisata Nemberela

Tempat ini memiliki fasilitas akomodasi yang cukup memadai dan menjadi satu-satunya lokasi wisata yang paling menarik di Pulau Roti. Sebagian wisatawan menjadikan Nemberala sebagai basis (titik awal) untuk melakukan perjalanan guna mengeksplorasi beberapa lokasi menarik lainnya di sekitarnya. Pesona wisata.

Sekitar 8 km dari Nemberala, boa memiliki pantai yang sangat indah dengan pasirnya yang putih dan ombaknya yang bagus untuk selancar. Lebih jauh ke timur. Oeseli juga memiliki pantai yang indah, namun pantai ini lebih mudah dicapai dari Tudameda.

Pesona Wisata Pulau Ndana di lepas pantai selatan Boa dapat dicapai dengan kapal motor dari nemberala. Pulau ini menjdi habitat rusa, berbagai jenis burung dan kura-kurayang databg ke pantai pulau ini untuk meletkkan telurnya.

Pulau Ndao yang berada di lepas pantai barat laut nemberalla terkenal karena kerajinan emas dan peraknya serta juga penghasil rupa-rupa tenun ikat yang bagus. Secara administratif pulau ndao masuk dalam wilayah roti namun masyarakatnya sangat berbeda dengan masyarakat roti. Orang ndao memiliki bahasa yang lebih mirip dengan sabu.

Pulau Ndao, Pulau Ndana, Nemberala, Pulau Roti, Sasando, Pantar, Alor, Lamalera, Boa, Oeseli

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *