Pesona Wisata Danau Ranamese di Bagian Utara Kota Ruteng

Pesona Wisata Danau Ranamese di Bagian Utara Kota Ruteng

Pesona Wisata Pantai Ketebe
Pesona Wisata Pantai Ketebe

Di utara Ruteng terdapat pesona wisata Bukit Golo Curu dan dari puncak bukit pengunjung dapat melihat panorama yang sangat indah kea rah kawasan perbukitan, lembah, sawah, lereng pegunungan,. Dari Golo Curu, pengunjung dapat berjalan melalui jalan Reo melalui Hotel Karya ke sebuah bukit lainnya dimana dipuncaknya terdapat sebuah rumah ibadah yang memiliki patung bunda maria. Lebih jauh ke utara, 6 Km dari Ruteng, terdapat pesona wisata air terjun Waegarik. Obyek wisata air terjun lainnya adalah Cunca Rede dengan ketinggian 35 meter terdiri dari tujuh tingkat air terjun yang terletak di desa Nta’Ur.

Pesona Wisata Gunung Ranaka di Kabupaten Manggarai

Di Kabupaten Manggarai terdapat pesona wisata gunung Ranaka ( 2140m ) yang dapat didaki pengunjung. Lokasi ini dapat dicapai dengan menumpang busa umum yang menuju ke Timor Flores dan berhenti pada tanda belokan yang menuju ke Gunung Ranaka. Perjalanan dilanjutkan dengan mendaki sepanjang 9 Km hingga ke puncak dimana terdapat stasiun pemancar milik Telkom. Pesona wisata pemandangan dari puncak cukup indah dan di tempat ini terdapat kawah.

Pesona Wisata Danau Ranamese Kota Ruteng

Pesona Wisata Air Terjun Cunca Rede
Pesona Wisata Air Terjun Cunca Rede

Sekitar 22 Km dari Ruteng, di jalan raya yang menuju ke Bajawa, terdapat Danau Ranamese yang oleh masyarakat setempat sering disebut dengan Kalimutu kecil. Danau Ranamese merupakan lokasi wisata yang menyenangkan dan disekelilingnya terdabat perbukitan yang ditutupi hutan. Lokasi wisata ini memiliki visitors center namun dengan sarana akomodasi yang terbatas. Di tempat ini pengunjung dapat melakukan trekking menyusuri kawasan sekitar danau.

Pesona Wisata Danau Teratai

Pesona wisata Danau lainya adalah danau Rana Tonjong dimana terdapat banyak teratai besar dengana luas 3000 meter dan panorama yang indah di Desa Nanga Mbaling. Sambi Rampas. Konon jenis teratai di danau ini tidak ada ditempat lain di Indonesia bahkan dunia. Waktu yang tepat untuk melihat keindahan teratai ini adalah dari bulan Agustus hingga Januari.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Mataram Pura Meru

Pesona Wisata Alam Gua Liang Bua

Gua juga merupakan poteni wisata di Ruteng dengan adanya pesona wisata Liang Bua, sebuah Gua alam dengan stalaktit dan stalaknit. Di dalam gua dulu ditemukan artifak dan tulang belulang manusia. Terletak di Desa Liang Bua, sekitar 14 Km dari kota Ruteng atau sekitar 30 menit perjalanan dari ibukota kabupaten ini.

Goa ini menjadi objek penelitian arkeologi dari Amerika dan Inggris dan didekatnya ada gua- gua lainnya seperti pesona wisata Liang Galang dan Liang Tanah dengan mulut gua berdiameter sekitar 50 meter. Masih banyak gua- gua lainnya seperti Liang Toge yang didalamnya juga pernah ditemukan artefak. Gua lainnya yang dikenal adalah Torong Besi dimana ada patung Bunda Maria sehingga wisatawan yang berkunjung bukan hanya untuk menikmati panorama alamnya tapi juga untuk beribadah. Tempat ini ramai dikunjungi terutama pada bulan Mei dan Oktober.

Pesona Wisata Danau Teratai
Pesona Wisata Danau Teratai

Untuk obyek wisata pantai, wisatawan dapat mengunjungi Sengari, pantai berpasir putih untuk berenang dan berjemur serta olahraga pantai lainnya. Tempat lainnya adalah Wae Wole yang berlokasi di Desa Watu Nggene. Komba sekitar 95 km dari kota Ruteng. Tempat menarik ini terkenal dengan taman lautnya dan pada period tertentu di pantai ini banyak muncul udang.

Kawasan pantai lainnya yang patut dikunjungi adalah Pantai Ketebe di Desa Robek sekitar 75 Km Utara Ruteng merupakan pantai dengan hamparan pohon kelapa dan cocok untuk snorkeling, menyelam dan olahraga air lainnya termasuk memancing. Biasanya turis yang datang dari Labuan Bajo dengan kapal akan singgah di pantai ini untuk menikmati keindahannya.

Pantai Cepi Watu juga menawarkan keindahan pantai yang berbeda di Borong dekat Desa Nagalabang. Pantai ini membentang sepanjang 4 Km dan gulungan ombak hingga dua meter cocok untuk olahraga selancar angin ( surfing ). Letaknya 50 Km atau setengah jam dari Ruteng sedangkan Labuan Bajo sekitar 185 km.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pantai Rua Lokasi yang Pas Untuk Berenang

Sekilas Tentang Bagian Tengah Pulau Flores, Kabupaten Ende

Pesona Wisata Danau Teratai
Pesona Wisata Danau Teratai

Wilayah kabupaten Ende terletak dibagian tengah Pulau Flores dengan batas- batas disebelah utara berbatasan dengan laut Flores, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Sawu, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Sikka dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Ngada. Wilayah Kabupaten Ende mempunyai luas sebesar 2.046,60 km2, yang terdiri dari 16 kecamatan , 165 Desa dan 20 Kelurahan.

Ende adalah kota yang menyenangkan dengan panorama bukit yang mengelilingi kota. Terletak di kawasan pantai Flores bagian tengah, penduduknya memiliki cirri campuran antara orang Melayu dan Melansia. Ende berada di sebagian semenanjung yang menjorok ke laut. Pelabuhan tua dan sebagian besar pertokoan terdapat di sisi barat kota sedangkan pelabuhan utama Ende terdapat disebelah timur.

Gunung Meja di Sekitar Kawasan Bukit Flores

Pada kawasan perbukitan yang mengelilingi Ende terdapat Gunung Meja ( 661m ) yang berada berdekatan dengan bandara, sementara gunung yang lebih besar Gunung Iya berada di sebelah Selatannya. Pada Bulan Desember tahun 1992 sebuah gempa bumi menghancurkan Ende namun saat ini Ende telah kembali normal. Ende memiliki cuaca panas dan berdebu khususnya pada saat akhir musim kering.

Bukit Golo Curu, Air Terjun Cunca Rede, Danau Ranamese, Gunung Ranaka, Pesona Gunung Ranaka, Danau Rana Tonjong, Gua Liang Bua, Pantai Ketebe, Kabupaten Ende, Manggarai.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.