Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Sumatra / Pesona Bengkulu / Pesona Wisata Bengkulu Mas Danau Harun Bastari

Pesona Wisata Bengkulu Mas Danau Harun Bastari

Pesona Wisata Bengkulu Mas Danau Harun Bastari

Pesona Wisata Bengkulu Danau Mas Harun Bestari
Pesona Wisata Bengkulu Danau Mas Harun Bestari

Pesona Wisata Bengkulu. Pesona wisata Bengkulu Danau Harun Bastari ini adalah salah satu danau yang ada di kabupaten Rejang Lebong, 18 km dari kota Curup ke arah Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Nama salah satu danau pesona wisata Bengkulu ini diambil dari nama gubernur Sumatera Selatan, sewaktu kabupaten Rejang Lebong masih masuk propinsi Sumatera Selatan.

Pemandangan indah dari pesona wisata danau ini menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun dari luar kota. Masih di kawasan tersebut terdapat pula bangkai pesawat yang dijadikan benda sejarah perlawanan masa penjajahan warga Rejang  lebong.

Pesona Wisata Bengkulu, Sejarah Danau Mas Harun Bestari

Pesona Wisata Bengkulu Danau Mas Harun Bestari
Pesona Wisata Bengkulu Danau Mas Harun Bestari

Nama kawasan pesona wisata Bengkulu Danau Mas Harun Bastari telah beberapa kali mengalami perubahan, yaitu sesuai dengan kondisi Fase Perkembangan Danau tersebut.

Awalnya pada tahun empat puluhan dikenal dengan nama ” Danau Kasnah ” . Adapun Kata Kasnah ini berarti Cermin    ( Kaca Bayang ). Jadi Danau Kasnah berarti Danau Cermin. Pemberian nama ini karena air danau ini sangat jernih bagaikan cermin bayang, dan pada waktu itu permukaan danau tidak terlalu luas, yaitu hanya kira-kira 14 m2 saja.

Pada fase ini pula kawasan Danau Kasnah dikuasai oleh Kelompok Barisan Tani Indonesia ( BTI ). Sekitar tahun 1960 sampai dengan tahun 1965, wilayah ini diambil alih penguasaannya oleh Veteran Curup, yang mana pada waktu itu Panglima Daerah Militer Sriwijaya bernama Harun Sohar, yang berkedudukan di Palembang.

Pesona Wisata Bengkulu Kilas Suasana Otonomi
Pesona Wisata Bengkulu Kilas Suasana Otonomi

Singkatnya sejak Zaman Pemerintahan Otonomi, nama Danau ini dimantapkan menjadi ” DANAU MAS HARUN BASTARI ”,  yaitu untuk mengenang jasa-jasa  para perintis / pendahulu yang telah memberikan kontribusi cikal-bakal Danau Mas Harun Bastari ( DMHB ) tersebut. Selanjutnya melalui Surat Keputusan Bupati Nomor 461 Tahun 2002, ditetapkanlah kawasan ini sebagai Kawasan Obyek pesona wisata Bengkulu dengan nama Obyek Wisata alam Danau Mas Harun Bastari ( DMHB ). Untuk diketahui juga, air yang menggenangi danau ini tidak bisa dikeringkan secara total, karena sumber mata airnya yang cukup besar yang berbentuk pusaran yang berada di tengah-tengah danau yang tertutup oleh gambut tebal.

Pesona Wisata Bengkulu, Pesona Wisata Danau Bengkulu, Pesona Wisata Bengkulu Danau Harun Bestari, Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu, Warga Rejang Lebong, Pesona Wisata Sumatera Selatan, Pesona Wisata Danau Harun bestari, Danau Harun Bestari, Pesona Wisata Alam Danau Harun Bestari, Pesona Wisata Sejarah Bengkulu.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Bengkulu Utara

Pesona Wisata Bengkulu Utara Pesona wisata. Di wilayah Bengkulu Utara terdapat jalur jalan menyusuri pantai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *