Tuesday , October 17 2017
Home / Wisata Sumatra / Pesona Bengkulu / Pesona Wisata Bengkulu

Pesona Wisata Bengkulu

Pesona Wisata Bengkulu

Pesona wisata. Provinsi Bengkulu terletak di pantai Barat Pulau Sumatra yang dari sisi geografisnya sekitar 46,54% atau 920.964 ha lahannya adalah hutan suaka. Kawasan tersebut merupakan sumber wisata alam (ekowisata) yang melimpah dengan keunikan flora dan faunanya. Letaknya di sebelah Barat pegunungan Bukit Barisan dan kawasan hutan ini masih dihuni berbagai hewan liar seperti harimau, gajah, badak dan tempat tumbuhnya bunga terbesar di dunia Rafflesia Amoldi.

Pesona Wisata Bengkulu
Pesona Wisata Bengkulu

Wilayahnya memanjang dari perbatasan dengan provinsi Sumatra Barat sampai ke provinsi Lampung berjarak sekitar 567 kilometer persegi dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dengan garis pantai sepanjang 525 km.

Penduduknya mencapai 1,6 juta orang dan sebagian besar (96%) adalah beragama Islam, sisanya beragama kristen, budha dan hindu. Masyarakat aslinya berasal dari beragam etnik dengan bahasa daerah dan dialek yang berbeda seperti bahasa Melayu, Rejang, Enggano, Serawai, Lembak, Pasemah, Mulak Bintuhan, Pekai dan Mukomuko.

Dari sisi pesona wisata budaya, masyarakat Bengkulu terdiri atas dua kelompok besar yaitu Orang Rejang dan Orang Serawai. Orang Rejang ini terbagi atas dua bagian lagi yaitu mereka yang tinggal di wilayah dataran tinggi dan mereka yang tinggal di sekitar pantai yang disebut sebagai Rejang Pesisir. Orang Serawai bermukim di selatan Bengkulu, mereka masih memiliki hubungan dengan Orang Pasemah yang bermukim di kawasan pegunungan di dekat Pagaralam dan Gunung Dempo, di Sumatra Selatan.

Pesona Wisata Tugu Pers Bengkulu
Pesona Wisata Tugu Pers Bengkulu

Dari sisi sejarah, Bengkulu banyak mempunyai hubungan emosional dengan bangsa Eropa, khususnya Inggris terlihat dari banyaknya peninggalan sejarah pada masa penjajahan Inggirs. Demikian juga dengan catatan sejarah pada zaman kerajaan hingga pra kemerdekaan yang dapat dilihat dalam bentuk peninggalan seperti makam Sentot Alisyahbana maupun rumah kediaman Bung Karno yang menjadi presiden pertama RI.

 

Pesona Wisata Sejarah

Pesona wisata. Pada abad ke-13, Bengkulu berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit yang memerintah dari Pulau Jawa. Tidak banyak yang diketahui mengenai sejarah Bengkulu sebelum abad ke-13. Wilayah Bengkulu kemudian diperintah oleh berbagai kerajaan kecil seperti Kerajaan Sungai Lebong yang berkuasa di wilayah Curup.

Pesona Wisata Sir Thomas Stamford Raffles
Pesona Wisata Sir Thomas Stamford Raffles

Pada tahun 1685, Inggris yang tiga tahun sebelumnya gagal menguasai Banten masuk ke Bengkulu untuk mendapatkan hasil bumi yaitu rempah-rempah. Namun upaya awal Inggris untuk mendapatkan rempah-rempah tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Ekspedisi yang mereka lakukan di Bengkulu terhambat oleh kondisi geografis Bengkulu dan hujan yang terus menerus sehingga rasa bosan dan penyakit Malaria membunuh banyak orang Inggris yang saat itu berada di Bengkulu.

Keadaan mulai berubah ketika Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1818 diangkat menjadi penguasa Bengkulu dengan jabatan sebagai Gubernur Jenderal. Dalam waktu yang tidak lama. Raffles berhasil meningkatkan perdagangan rempah-rempah di Bengkulu sehingga menguntungkan, selain itu ia juga membuka perkebunan kopi, pala dan tebu dimana hasil perkebunan ini sangat laku di pasaran internasional.

Pesona Wisata Bengkulu Tanaman Kopi
Pesona Wisata Bengkulu Tanaman Kopi

Pesona wisata. Bengkulu menjadi pusat operasi perusahaan Inggris di Sumatra. Sejumlah pos perdagangan dibentuk selain untuk berdagang juga untuk mengawasi daerah pendudukan Inggris di Bengkulu. Namun pada masa itu perebutan daerah kekuasaan wilayah perdagangan terjadi silih berganti antara negara-negara Eropa untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Belanda akhirnya menguasai sebagian besar wilayah Bengkulu dan pada tahun 1824, Inggris menyerahkan Bengkulu kepada Belanda. Sebagai gantinya Inggris mendapatkan Malaka dan Singapura.

 

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Bengkulu, Wisata Sejarah Bengkulu, Belanda, Indonesia, Pulau Jawa, Wisata Sejarah, Malaka, Singapura, Inggris

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Bengkulu Utara

Pesona Wisata Bengkulu Utara Pesona wisata. Di wilayah Bengkulu Utara terdapat jalur jalan menyusuri pantai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *