Home / Wisata Jawa / Pesona Banten / Pesona Wisata Banten Tanjung Lesung

Pesona Wisata Banten Tanjung Lesung

Pesona Wisata Banten Tanjung Lesung

Pesona Wisata Tanjung Lesung
Pesona Wisata Tanjung Lesung

Pesona wisata. Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dinamakan Pantai Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu salah satu alat yang digunakan masyarakat tradisional Nusantara untuk menumbuk padi. Posisi kawasan pantainya yang tidak menghadap langsung ke samudera lepas membuat tiupan angin dan deburan ombak kawasan ini tidak terlalu besar, sehingga wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, berperahu, bermain jetski, dan snorkling. Memancing merupakan aktivitas menarik lainnya, karena kawasan ini merupakan rumah bagi banyak ikan.

Bila bosan berada di kawasan pantai, wisatawan dapat mengunjungi desa wisata yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin patung badak bercula satu (fauna khas Banten) dan minuman dari daun sirih, atau melihat-lihat kehidupan nelayan di Kampung Cipanon. Tanjung Lesung, Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang. Berkunjung ke kawasan pesona wisata Tanjung Lesung bersama keluarga cukup seru dan riang. Dengan pasir putihnya yang halus dan lembut. Tanahnya cukup luas sekitar 15 km, cukup untuk dijadikan berbagai kegiatan seperti berjemur, bermain bola voli.

Berlibur di Tanjung Lesung Pesona Wisata Banten
Berlibur di Tanjung Lesung Pesona Wisata Banten

Dan karena daerah tanjung lesung ini tidak langsung menghadap ke samudera lepas sehingga angin bertiup cukup tenang dan ombak tidak cukup keras. Kita bisa melakukan aktivitas seperti berenang, berperahu, jetski, snorkling, ataupun memancing. Masih banyak lagi tempat yang patut anda kenali dan kunjungi pesona wisata di Pandeglang. Macam kawasan pantai Bama, Pantai Ciputih, Pemandian Cikoromoy, Pemandian air panas belerang Cisolong, Pemandian alam Citaman, Wisata gunung Karang, dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Legenda di Balik Pantai Tanjung Lesung

Banten memang memiliki beberapa pantai menarik untuk dikunjungi diantaranya Pantai Anyer dan Pantai Carita. Ada satu lagi pantai cantik di pesona wisata Banten yang berma Pantai Tanjung Lesung. Rimbunnya pepohonan dan pasir putih yang menghiasi pantai ini mampu membuat Kamu merasa santai. Tanjung Lesung sebenarnya merupakan nama kampung di Pandeglang, Banten yang berasal dari terjadinya peristiwa jaman dahulu. Konon, di pesisir laut selatan Jawa ada seorang pengembara bernama Raden Budog yang tampan dan gagah.

Keindahan Pesona WIsata Pantai Tanjung Lesung
Keindahan Pesona WIsata Pantai Tanjung Lesung

Raden Budog kemana-mana selalu ditemai oleh anjing dan kudanya. Suatu hari Ia bermimpi bertemu gadis yang sangat cantik sampai akhirnya Ia berusaha mencari gadis tersebut.  Dalam pencariannya Ia beristirahat sejenak di pesona wisata suatu pantai, namun saat ingin melanjutkan perjalanan kuda dan anjingnya merasa kelelahan. Raden Burgo murka dan menganggap anjing dan kudanya tidak setia lalu Raden Budog mengutuknya. Kuda dan anjingnya menjadi batu karang, lalu Raden melanjutkan perjalanan dan tiba-tiba mendengar sara alunan merdu dari musik lesung. Ternyata pemimpin lesung tersebut adalah sang gadis idaman dalam mimpi Raden Budog.

Nama gadis itu Sri Poh Haci tetapi ibunda Sri Poh Haci melaran hubungannya denga Raden Budog karena tdak memiliki asal usul yang jelas. Raden Badog dan Sari Poh Haci akhirnya tetap menikah, Raden mempelajari lesung dan menggemari lesung sampai akhirnya lupa waktu dan mengabaikan nasihat para leluhur yang melarang bermain lesung pada hari jumat. Raden Budog pun berubah menjadi monyet, karena malu Sari Poh Haci diam-diam menghilang. Untuk mengenang kepiawaian Sari Poh Haci bermain lesung, para penduduk setempat menyebut kampung itu dengan pesona wisata Kampung Lesung. Kampung tersebut terletak berada di sebuah tanjung, kampung tersebut akhirnya diberi nama Tanjung Lesung.

Pesona Wisata Banten Pantai Tanjung Lesung
Pesona Wisata Banten Pantai Tanjung Lesung

Sejak pertengahan Juni 2003, akses ke kawasan ini semakin mudah karena pemerintah daerah setempat telah mengoperasikan tiga bus DAMRI setiap harinya dari Kota Serang, ibu kota Provinsi Banten, menuju Pantai Tanjung Lesung. Pesona wisata Tanjung Lesung sangat indah, pasir putihnya terasa lembut disertai hembusan angin sepoi-sepoi, membuat daerah Tanjung Lesung terasa begitu spesial ketika dikunjungi bersama keluarga. Hamparan pasir pantai yang luasnya mencapai 15 kilometer, memberi cukup ruang kepada wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti membuat patung dari pasir, berjemur, bermain olahraga (sepak bola pantai dan voli pantai), dan sebagainya.

Posisi pantai yang tidak menghadap langsung ke laut lepas membuat hembusan angin dan deburan gelombang di daerah ini tidak terlalu besar. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, bermain jetski, dan Snorkling. Pesona Wisata Memancing merupakan salah satu kegiatan menarik lainnya, karena daerah ini merupakan rumah bagi banyak ikan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati kekayaan hayati dan atraksi bawah laut, bisa menyewa peralatan menyelam.

Pesona Wisata Banten Tanjung Lesung
Pesona Wisata Banten Tanjung Lesung

Dengan menyelam, pengunjung akan terpesona melihat terumbu karang yang indah, ubur-ubur yang beraneka warna, siput kecil dengan cangkang yang unik, dan ikan-ikan yang berkejaran di garis pantai. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mempelajari metode transplantasi terumbu karang, dapat mengunjungi lokasi konservasi yang berada di Pesona Wisata tengah laut. Ada tiga lokasi transplantasi karang di daerah ini, yaitu Karang Gundul, Tanjung Lesung, dan Pulau Liungan.

Bila bosan berada di pantai, pengunjung dapat mengunjungi desa wisata yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin patung badak bercula satu (fauna khas Banten) dan minuman dari daun sirih, atau melihat-lihat kehidupan nelayan di Kampung Cipanon. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati keelokan Pulau Liwungan, dapat menyewa speed boat dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dari kampung nelayan Cipanon. Pesona Wisata Di pulau seluas sekitar 50 hektar dan konon hanya dihuni oleh sepasang suami-istri ini, wisatawan dapat menikmati eksotisme Selat Sunda, pesona Anak Gunung Krakatau, dan bagan nelayan yang berkelip-kelip dari kejauhan.

Pesona Wisata Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Indonesia
Pesona Wisata Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Indonesia

Di Tanjung Lesung terdapat tempat menginap dengan berbagai variasi dan tipe, seperti hotel, villa, resort sampai home stay dengan berbagai harga. Untuk home stay tarifnya sekitar Rp 100.000 per malam sedangkan menginap di vila, hotel, maupun resor dengan tarif Rp 500.000-Rp 2 juta per malam, tergantung harinya.

Harga Tiket Masuk

  • Masuk pantai, tidak termasuk hotel Rp 15.000
  • Parkir Mobil Rp 8.000
  • Parkir Motor Rp 4.000

Rute Menuju pantai Tanjung Lesung

Pesona Wisata Pantai Tanjung Lesung resmi di buka pada pertengahan Januari 1998 dan dapat di capai dengan dua rute dari Jakarta. Pertama, mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, perjalanan dilanjutkan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan, dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung.

Kedua, mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui gerbang tol Cilegon. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri pesisir Anyer-Carita, lalu ke arah Labuan, dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung. Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.Pesona Wisata

Sumber :(http://www.gonjangganjing.com/tour/tanjung-lesung/) (http://disbudpar.bantenprov.go.id/) (http://www.bantenprov.go.id/)

Pesona Wisata, Tanjung Lesung, Pantai Tanjung Lesung, Tanjung Lesung Banten, Pemandian Citaman, Pantai Ciputih, Wisata Pandeglang, Pesona Wisata Pandeglang, Snorkling di Tanjung Lesung, Pemandian Cikoromoy.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *