Thursday , November 16 2017
Home / Wisata Jawa / Pesona Jawa Barat / Wisata Alam Maribaya

Wisata Alam Maribaya

Wisata Alam  Maribaya Bandung

Wisata di Bandung Maribaya terletak di sebelah utara kota Bandung. Tepat nya berada di sebelah timur Lembang. Kawasan ini dulu terkenal dengan pemandian air panas nya. Tapi saat ini yang masih terkenal adalah alam nya yang masih asri dan menyatu dengan kawasan Taman Hutan Raya Djuanda.

Pesona Wisata Bandung Wisata air terjun Maribaya Lembang
Pesona Wisata Bandung Wisata air terjun Maribaya Lembang

Bandung memang menjadi salah satu kota dengan wisata di Bandung yang cukup banyak, seperti misalnya Kawah Putih, Dusun Bambu, Gunung Tangkuban Parahu, Tempat Wisata Air Panas Ciater dan lainnya. Namun pada postingan kali ini Admin akan lebih fokus membahas salah satu wisata air terjun yang ada di Lembang-Bandung yaitu Air Terjun Maribaya.

Wisata di Bandung terkenal akan taman hutan alam, oleh sebab itu daerah ini merupakan kawasan hutan di Bandung yang memberikan pemandangan pepohonan menjulang tinggi serta terdapat air terjun dan pemandian air panas.

Curug Maribaya berada di Taman Wisata Maribaya.  Curug  Maribaya terdiri dari tiga curug yaitu Curug Cikawari, Cigulung dan Cikoleang dengan ketinggian ketiganya sekitar 15 m.  Ke tiga curug ini bersumber dari Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Wisata di Bandung Diantara ketiga curug tersebut pengunjung biasanya bermain air di Curug Cikawari  karena dasar airnya cukup dangkal sehingga tidak bahaya bermain air disekitar curug tersebut.

Pesona Wisata Bandung Menikmati Wisata Alam nan Eksotis di Lembang
Pesona Wisata Bandung Menikmati Wisata Alam nan Eksotis di Lembang

legenda, pada jaman dulu ada sebuah perkampungan di dekat sana yang terkenal dengan seorang wanita cantik yang menjadi berita heboh orang-orang yang tentu saja menjadi daya tarik untuk para kaum pria.Ibu dari wanita cantik ini merasa khawatir akan hal tersebut. Wisata di Bandung. Ia merasa kecantikan puterinya tersebut akan membawa petaka bagi ia dan keluarganya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka ibu ini pergi ke Gunung Tangkuban Perahu untuk mulai bertapa.

Ia memulai bertapa di Gunung Tangkuban Perahu, mendapatkan wangsit kemudian menjalankan wangsit tersebut. kemudian dia menumpahkan bokor yang kemudian memunculkan sumber air panas yang mengandung mineral dan belerang. Wisata di Bandung.  Nah, ini yang menyebabkan terbentuklah sumber air panas di daerah sini yang kemudian hari mulai dimanfaatkan untuk upaya pengobatan berbagai penyakit. Sejak saat itu banyak orang-orang yang berkunjung untuk melakukan pengobatan.

Pesona Wisata Bandung Air Terjun Cikawari
Pesona Wisata Bandung Air Terjun Cikawari

Karena pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, orang-orang kemudian mulai berdatangan kesini bukan sekedar berobat, namun sambil berekreasi bersama keluarga. Menikmati keindahan alam bukit dan pegunungan yang asri. Untuk mengenang puterinya itu, sang ibu memberi nama perkampungan mereka sesuai dengan nama dari puterinya yang bernama ‘maribaya’.

Obyek wisata Maribaya terletak sekitar 4 Km di tenggara Lembang, di utara Bandung, memiliki sumber mata air panas, taman, dan juga air terjun setinggi 25 m. Wisata di Bandung Maribaya adalah tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh keluarga, khususnya pada liburan akhir minggu. Wisata di Bandung Rute Bandung-Lembang-Maribaya ini dapat dicapai dalam waktu 90 menit melewati kawasan berbukit-bukit dengan berbagai penginapan dan vila yang berada di sepanjang jalan. Mata air panas di Maribaya mengandung belerang yang nyaman untuk berenang ataupun berendam.

Lokasi Menarik di Maribaya

Peta Wisata di Bandung
Peta Wisata di Bandung

Di Maribaya ada beberapa lokasi menarik yang dapat Anda kunjungi, lokasi yang pertama adalah Air Terjun Maribaya. Air terjun ini adalah air terjun yang masih sangat alami dengan latar pepohonan yang akan membuat Anda merasa tenang bila berada di sini. Wisata di Bandung Air terjun ini juga biasa disebut sebagai Curug Omas oleh warga sekitar. Dengan ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter, di dekat air terjun ini juga didirikan dua jembatan yang memudahkan para pengunjung menikmati air terjun tanpa harus takut basah.

Selain menikmati keindahan air terjun dari jembatan, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dari dekat sambil berfoto di atas bebatuan raksasa yang ada di bawah air terjun. Jika Anda ingin melakukan aktivitas ini sebaiknya persiapkan baju ganti karena sudah pasti Anda akan basah kuyub terkena percikan air yang deras. Anda juga bisa menggelar tikar di sekitar air terjun sambil menyantap bekal bersama teman dan keluarga. Wisata di Bandung Pasti menyenangkan bersenda gurau bersama orang-orang terdekat diiringi gemercik suara air, hawa yang sejuk dan semilir angin.

Ada juga para pejajak tikar bagi Anda yang tidak membawa persiapan piknik. Para penjajak tikar ini juga bisa Anda mintai tolong untuk memesankan makanan di warung sekitar. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa berendam dalam air panas. Wisata di Bandung Berendam dalam air panas di Maribaya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Sambil berendam dalam air panas Anda juga bisa menikmati jagung bakar dan ketan bakar yang lezat.

Akses Masuk Maribaya

Patung di Wisata Bandung Maribaya
Patung di Wisata Bandung Maribaya

Bila ingin ke Wisata di Bandung Maribaya, cara menjangkau lokasinya ternyata cukup mudah. Setelah kita berada di Lembang, kita harus pergi ke arah timur menuju Maribaya. Naik mobil pribadi atau angkutan umum tidak menjadi masalah, karena akses atau jalan menuju lokasi wisata yang satu ini memang tidak terlalu sulit, apalagi ada papan-papan penunjuk arah yang bisa memudahkan para wisatawan.

Salah satu alternatif lain yang juga patut dicoba adalah memasuki Maribaya melalui Dago Pakar (Taman Hutan Raya Djuanda). Banyak wisatawan yang berkunjung ke Dago Pakar lantas melanjutkan perjalanan dengan tracking menuju Maribaya. Jadi, setelah kita berada di Dago Pakar dan puas berjalan-jalan di sana, kita bisa langsung menyusuri jalan khusus yang memang disediakan bagi para pengunjung yang ingin ke Maribaya. Wisata di Bandung Jalur tracking ke Maribaya ini sudah rapi dan aman bagi pengunjung. Kita tinggal menyusuri jalan itu sambil menikmati suasana hutan di sekeliling kita. Jarak tempuh dari Dago Pakar ke Maribaya adalah sekitar 5-6 km. Memang agak jauh, tapi bila dilakukan beramai-ramai, tentu perjalanannya akan terasa menyenangkan.

Dari Pasar Lembang, Anda bisa naik angkot atau naik ojek. Dengan angkot: naik angkot Maribaya-Lembang yang menuju Maribaya (tarif: Rp. 4.000 dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit) lalu turun di depan Taman Wisata Maribaya. Dengan ojek: biayanya sebesar Rp. 10.000 selama kurang lebih 20 menit perjalanan
Dari Stasiun Bandung naik angkot yang menuju terminal Dago lalu dilanjutkan dengan naik angkot yang kea rah terminal Dago Pakar (tarif: sekitar 5.000).Wisata di Bandung.

1. Pesona Wisata Bandung Taman Bunga Cihideung

2. Misteri Si Cantik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

3. Kawah Putih Tempat Wisata Bandung

4.Wisata di Jalan Legendaris, Jalan Braga Bandung

Sumber : wikipedia.org || http://sebandung.com/ 

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Wisata di Bandung, Tempat Wisata di Bandung.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

One comment

  1. Also, new speed boosts are created in Mario Kart Wii, although the “snake” could still be used to
    increase speed. You need to install adobe flash for playing these online games but you will happy to know that this software can be download without cost from the
    internet ,this adobe flash comes with popular operating systems and web browsers.

    In the off-season, a strong emphasis is placed
    on strength development and explosive power.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *