Pulau Burung Banten

Pesona Wisata Banten Pulau Burung

Pulau Burung Banten

Pulau Burung Banten. Provinsi yang satu ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Berbagai wisata alam banyak terdapat di provinsi ini Mulai dari Pulau Umang, Pantai Anyer, Pantai Carita, Rawa Dano, dan masih banyak lagi. Semua tempat itu banyak menarik wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjunginya.

Pesona Wisata Banten Pulau Burung
Pesona Wisata Banten Pulau Burung

Pulau Dua atau sering disebut juga dengan nama Pulau Burung. Daya tarik utama Pulau Burung Banten di kawasan ini adalah keindahan alam laut berupa gugus karang, berbagai jenis ikan laut, dan tentu saja berbagai jenis burung. Secara administratif Pulau Dua termasuk Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, dengan letak geografisnya 106°-21’ BT dan 6°01 LS. Curah hujan rata-rata 1500-2000 mm per tahun yang terbasah. Januari dan Agustus merupakan bulan terkering dengan temperatur rata-rata 26°C. Ketinggian pulau antara 0-10 m dpl.

Pesona Wisata Banten Pulau Surga Burung
Pesona Wisata Banten Pulau Surga Burung di Teluk Banten

Tanah bagian barat pulau agak kering sedangkan timur umumnya rendah dan berawa. Tanah dengan kandungan pasir yang tinggi tidak mampu menahan air hujan sehingga tanah di pulau ini umumnya kering. Pulau Burung Banten Sumber air tawar tidak ada. Air rawa berasal dari laut yang menggenang ketika pasang. Pulau Dua bisa dicapai dengan perahu tradisional atau perahu motor; atau dengan berjalan kaki dalam waktu 15 s.d. 30 menit melalui daerah pertambakan di Desa Sawah Luhur, Kasemen.

Akibat sedimentasi selama puluhan tahun, pulau ini telah menyatu dengan daratan Jawa. Luas kawasan ini sekitar 30 ha yang berada di lepas pantai Banten. Pulau Pulau Burung Banten ini memiliki keunikan yaitu seperti tempat arisan atau ngumpul-ngumpul bermacam-macam jenis burung, karena pada setiap tahun antara bulan April, dan Agustus, pulau ini dikunjungi oleh beribu-ribu burung dari 60 jenis yang berasal dari berbagai negara. Sekitar empat puluh ribu burung-burung tersebut terbang dari Benua Australia, Asia, dan Afrika. Setelah musim itu berlalu, burung-burung tersebut kembali ke daerah asalnya. Pulau Burung Banten.

Sumber : wikipedia.org

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia

Similar Posts:

    None Found
BACA JUGA :  Pesona Wisata, Masjid Istiqlal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *