Home / Wisata Jawa / Pesona Banten / Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

Pesona Wisata Banten Kampung Baduy
Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

Pesona wisata. Orang Kanekes atau orang Baduy merupakan suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Sebutan “Baduy” merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut, berawal dari sebutan para peneliti Belanda yang agaknya mempersamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yang merupakan masyarakat yang berpindah-pindah. Kemungkinan lain adalah karena adanya pesona wisata Sungai Baduy dan Gunung Baduy yang ada di bagian utara dari wilayah tersebut. Mereka sendiri lebih suka menyebut diri sebagai urang Kanekes atau “orang Kanekes” sesuai dengan nama wilayah mereka, atau sebutan yang mengacu kepada nama kampung mereka seperti Urang Cibeo.

Pesona Wisata Banten Kampung Baduy
Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Sunda dialek Banten. Untuk berkomunikasi dengan penduduk luar mereka lancar menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun mereka tidak mendapatkan pengetahuan tersebut dari sekolah. Orang Kanekes ‘dalam’ tidak mengenal budaya tulis, sehingga adat istiadat, kepercayaan/agama, dan cerita nenek moyang hanya tersimpan di dalam tuturan lisan saja.

Menurut kepercayaan yang mereka anut, orang Kanekes mengaku keturunan dari Batara Cikal, salah satu dari tujuh dewa atau batara yang diutus ke bumi. Asal usul tersebut sering pula dihubungkan dengan Nabi Adam sebagai nenek moyang pertama. Menurut kepercayaan mereka, Adam dan keturunannya, termasuk warga Kanekes mempunyai tugas bertapa atau asketik (mandita) untuk menjaga harmoni dunia.

Pesona Wisata Banten Kampung Baduy
Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

Ada versi lain dari sejarah pesona wisata suku baduy, dimulai ketika Kian Santang putra prabu siliwangi pulang dari arabia setelah berislam di tangan sayyidina Ali. Sang putra ingin mengislamkan sang prabu beserta para pengikutnya. Di akhir cerita, dengan ‘wangsit siliwangi’ yang diterima sang prabu, mereka berkeberatan masuk islam, dan menyebar ke penjuru sunda untuk tetap dalam keyakinannya. Dan Prabu Siliwangi dikejar hingga ke daerah lebak (baduy sekarang), dan bersembunyi hingga ditinggalkan. Lalu sang prabu di daerah baduy tersebut berganti nama dengan gelar baru Prabu Kencana Wungu, yang mungkin gelar tersebut sudah berganti lagi. Dan di baduy dalamlah prabu siliwangi bertahta dengan 40 pengikut setianya, hingga nanti akan terjadi perang saudara antara mereka dengan kita yang diwakili oleh ki saih seorang yang berupa manusia tetapi sekujur tubuh dan wajahnya tertutupi oleh bulu-bulu laiknya monyet.dan ki saih ini kehadirannya di kita adalah atas permintaan para wali kepada Allah agar memenangkan kebenaran.

Pesona Wisata Suku Baduy, Suku Baduy, Sejarah Baduy Banten, Suku Baduy Banten, Sejarah Suku Baduy, Sejarah Banten, Kota Banten, Orang Kanekes, Kelompok Arab Badawi, Gunung Baduy.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

2 comments

  1. Wisata Kampung Baduy sangat menarik. Tempatnya masih sangat alami dan asri. Bahkan penduduknya pun tidak menggunakan listrik. Masih tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *