Pesona Wisata Bangka Belitung

Pesona Wisata Bangka Belitung

Pesona Wisata Bangka Belitung

Pesona Wisata Peta Bangka Belitung
Pesona Wisata Peta Bangka Belitung

Pesona wisata. Provinsi Bangka dan Belitung (Babel) adalah provinsi berbentuk kepulauan dengan luas wilayah 81.725,14 kilometer persegi, terdiri atas dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta 254 pulau-pulau kecil disekitarnya dengan panjang pantai sejauh 1.200 km persegi terbagi dalam tujuh kabupaten/kota. Dengan keunggulan ini dan didukung dengan ekosistem wilayah kepulauan, pesisir dan pulau-pulau kecil dengan karakteristik beragam membuat Kepulauan Bangka-Belitung merupakan wilayah pengembangan wisata bahari seperti menyelam, memancing, scuba dan snorkeling. Khusus untuk kegiatan pemancingan (fishing spots) maka Bangka Belitung sangat potensial karena lautnya memiliki jenis-jenis ikan yang menarik bagi penggemar mancing seperti kakap merah, kerapu, tongkol, tenggiri. Ikan-ikannya bisa diperoleh sepanjang musim dengan tingkat perubahan temperatur air relatif stabil.

Pesona Wisata Burung Mandi
Pesona Wisata Burung Mandi

Pemprov Bangka Belitung bahkan telah menerbitkan brosur-brosur khusus untuk penggemar mancing ini dengan sedikitnya delapan lokasi yaitu di Pulau Lampu, Pulau nangka. Pantai Rambat, Air Mas dan Keranji, Sedai dan Lepar Pongok, Bukit Perahu, Tanjung Kelayang, Pantai Burung Mandi dan Pulau Memperak lengkap dengan keterangan jenis-jenis ikan yang bisa dipancing ditiap spot. Wilayahnya memang kaya dengan ekosistem pantai, mangrove, lamun, terumbu karang dan estuaria yaitu daerah perairan yang merupakan tempat pertemuan air tawar dan asin membuat Bangka Belitung juga kaya akan potensi sumber daya perikanan selain hasil tambang timah yang sudah lama dikenal. Pulau Bangka dan Belitung terletak berdampingan diapit Laut Cina selatan dan laut Jawa. Nama Bangka berasal dari Wangka yang berarti timah, Jata Wangka juga tertulis dalam prasasti Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan dekat kota Kapur, Bangka Barat bertarikh 686 Masehi. Pulau Bangka terletak sekitar 25 Km di timur lepas pantai Sumatera Selatan sedangkan Pulau Belitung berada di tenggara Pulau Bangka.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Parai Tenggiri
Pesona Wisata Pulau Memperak
Pesona Wisata Pulau Memperak

Pulau Bangka dan Belitung bahkan memiliki sejumlah pantai yang paling indah di Asia tenggara. Kedua pulau ini pun dapat dicapai dengan mudah hanya setengah jam penerbangan dari Palembang. Wisatawan yang datang ke pulau ini adalah untuk menikmati pantai yang berpasir putih. Pantai Matras, Pantai Rumodong, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Burung mandi merupakan deretan pantai yang tersebar di provinsi ini dengan keindahan alamnya. Pantai Parai Tenggiri di utara Pangkal Pinang merupakan kawasan teluk yang dihiasi dengan bebatuan karang besar yang sangat indah dengan fasilitas hotel berbintang.

Pesona Wisata Sejarah Bangka Belitung

Pesona Wisata Bangka
Pesona Wisata Bangka

Sejak abad ke 7 Pulau Bangka sudah dikunjungi orang-orang hindu yang datang dari Siantan, Johore, Malaysia. Kemudian di susul oleh bangsa belanda. Inggris dan Jepang dalam Perang Dunia II. kedua pulau ini berada dibawah pengaruh kerajaan Sriwijaya dari abad ke-7 hingga 13 maupun kerajaan-kerajaan di Jawa dari abad ke-14 hingga ke-17. Pada abad ke-18. Pulau Bangka dan Belitung berada dibawah kontrol Sultan Palembang, sebelumnya Ketika deposit timah pertama kali ditemukan di Mentok pada tahun 1710, Sultan Palembang mengundang banyak tenaga buruh dari Cina untuk bekerja di tambang-tambang timah tersebut. Deposit timah ini berada di permukaan bumi sehingga penambangan dapat dilakukan dengan relatif mudah. Para pekerja asal Cina memperkenalkan teknologi penambangan yang lebih baik sehingga produksi timah dapat meningkat. Jumlah pekerja kontrak asal Cina ini mencapai 130,000 orang pada sekitar tahun 1920- an.

Pesona Wisata Tanjung Kelayang
Pesona Wisata Tanjung Kelayang

Pemerintah Belanda kemudian memberi kepercayaan kepada orang-orang Cina untuk mengelola manajemen penambangan timah ini dan mereka juga diberi hak untuk menjual opium. Hal ini menyebabkan munculnya orang-orang Cina yang kaya raya. Mereka kemudian membangun rumah-rumah besar yang sisanya masih bisa dilihat saat ini. Satu hal yang menarik adalah hubungan sosial antara masyarakat Cina dengan penduduk pribumi di Bangka dan Belitung yang terjalin dengan baik dan tidak pernah mengalami konflik. Hal ini menjadi suatu hal yang sangat dibanggakan oleh orang-orang Bangka dan Belitung. Banyak pekerja asal Cina ini yang menetap seterusnya di Bangka dan Belitung ketika kontrak mereka habis dan mereka kawin dengan wanita setempat, keturunan mereka merupakan peranakan Cina yang lebih menyukai hidup dengan cara yang sama dengan penduduk asli; penduduk peranakan Cina ini lebih menyukai bekerja di ladang, menangkap ikan atau bekerja kantoran di kantor pemerintah Belanda daripada bekerja di tambang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pantai Tanjung Kelayang
Bangka Belitung, Sejarah Bangka, Sejarah Bangka Belitung, Pemerintah Belanda, Bangka, Belitung, Pulau Bangka, Pulau Belitung, Lepas Pantai Sumatra, Bangka dan Belitung.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.