Pesona Wisata Alam Sumba Keindahan Alam yang Mempesona

Pesona Wisata Taman Nasional Manupeu

Pesona Wisata Alam Sumba Keindahan Alam yang Mempesona

Pesona Wisata Taman Nasional Manupeu
Pesona Wisata Taman Nasional Manupeu

Pesona wisata Potensi wisata alam lainya adalah kegiatan Taman Nasional Manupeu. Terletak di Kecamatan Katikutana 20 km dari kota Waikabubak. Lokasi Taman Nasional seluas 65.000 ha dapat dijadikan sebagai tempat penelitian beragam flora dan fauna.

Wisata Gua Bijalungu Hiupaana

Di pesona wisata Desa Taramanu, Kecamatan Wanokaka sekitar 18 km dari kota Waikabubak terdapat Goa Bijalungu Hiupaana, sebuah gua alam yang setiap tahun menjadi tempat digelarnya upacara Sakral Marapu yang dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, pemurnianan diri, memprediksi hasil panen yang akan datang serta untuk mempersiapkan alat-alat pertanian.

Pesona Wisata Ritual Di Gua
Pesona Wisata Ritual Di Gua

Upacara ini dirayakan dengan mempersembahkan makanan dan minuman berupa hewan kerbau, babi, dan ayam seraya melantunkan nyanyian, tarian dan kalimat-kalimat magis merapu. Ritual pesona wisata budaya yang disebut Purunga Taliang marapu berisikan petuah/wekangan. Wilayah pelaksanaannya pada desa Umbu Pabal, kecamatan katikutana sekitar 38 km dari ibukota Waikabubak. Berlangsung selama 4 hari pada minggu pertama bulan oktober.

Pesona Budaya Kubur Batu

Sisa-sisa kebudayaan megalitik berupa Kubur Batu, plus rumah-rumah adat yang sering menjadi tempat pelaksanaan upacara adat penguburan jenazah bangsawan, menarik minat para wisatawan. Begitu juga wisata alam di pesona wisata Taman Nasional Laiwangi Wanggameti dan tempat persinggahan burung dari Australia.

Pesona Kota Besar Waingapu

Pesona wisata Waingapu merupakan kota terbesar di Sumba dan merupakan pintu masuk utama ke pulau ini. Kota ini telah menjadi pusat pemerintahan sejak tentara Belan dan menduduki wilayah ini pada tahun 1906. Waingapu telah lama menjadi kawasan perdagangan yang diawasi oleh sejumlah kerajaan kecil yang berada kawasan pesisir. Para pedagang dari Bima, Makassar dan Ende banyak yang datang membawa kerajinan dan barang-barang logam untuk ditukarkan kuda dan kayu asal daerah ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kupang
Pesona Wisata Waingapu
Pesona Wisata Waingapu

Para pedagang kain tenun ikat dapat dijumpai dengan mudah di Waingapu; mereka bahkan menjajakan barang dagangannya di depan beberapa penginapan yng teerdapat di kota ini. Salah satu pusat pembuatan tenun ikat di dekat Waingapu terdapat di Prailiu yang dapat dicapai dengan angkutan umum. Pesona wisata.

Sejumlah pesona wisata desa tradisional yang berada di wilayah sumba timur dapat dikunjungi wisatawan dari waingapu. Wilayah sumba timur memiliki lokasi pemakaman batu leluhur orang sumba dengan bentuknya yang mengesankan selain itu wilayah ini juga memiliki pusat kerajinan tenun ikat. Masyarakat desa di wilayah ini ternyata telah terbiasa menerima kedatangan wisatawan; hal ini terlihat bahwa di setiap desa tersedia buku tamu yang harus di isi pengunjung.

Pesona Makam Batu Terbesar

Pesona Wisata Praiyawang
Pesona Wisata Praiyawang

Pesona wisata. Praiyawang yang terletak sekitar 69 km di tenggara waingapu atau tujuh kilometer di selatan melolo merupakan kawasan desa tradisional yang memiliki rumah adat dan juga makam batu leluhur yang mengesankan.

Makam batu terbesar di tempat ini terdiri atas empat tiang batu besar setinggi 2m yang menopang potonga batu lainnya sepanjang 5m, lebar 2,5m dan tebal 1m dimana diatsnya terdapat potongan batu yang lebih kecil yang diukir bentik-bentuk manusia dan hewan. Di depan makam batu ini terdapat beberapa rumah adat sumba.

Sekitar 4 km di barat laut Melolo, desa Umabara dan Pau juga memiliki pemukiman dengan rumah-rumah adatnya, makam bantu dan tenun ikat. Pesona wisata Desa ngalu dan kaliuda di wilayah Mangili disebut-sebt sebagai penghasil kain tenun ikat terbaik di Indonesia yang kay akan warna-warna alami. Namun harganya sangat mahal.

Kawasan sumba-tengah selatan memilki wilayah yang sulit dilalui dengan sarana transportasi. Walaupun tersedia angkutan umum bus dari Waingapu ke Tarimbang dan truk ke Praingkareha, namun wisatawan memerlukan kendaraan jip untuk menelusuri wilayah ini. Pesona wisata Tarimbang merupakan desa yang memiliki kawasan pantai yang bagus untuk kegiatan selancar.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pulau Sumba Pulaunya Para Arwah

Keindahan Air Terjun Laputi

Pesona Wisata Air Terjun Laputi
Pesona Wisata Air Terjun Laputi

Di dekat desa Praingkareha terdapat air terjun yang sangat indah setinggi 100m yang dinamakan air terjun laputi di mana terdapat kolam yang menyenangkan di bawahnya. Lokasi air terjun berada sekitar 3 km dari desa tersebut. Di desa lumbung yang terletak di timur laut praingkareha juga terdapat air terjun yang sangat indah setinggi 25m. walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi namun volume air yang jatuh sangat besar dan sangat jernih.

Pesona Desa Tradisional Waikabubak

Pesona wisata Waikabubak adalah kota yang terletak pada ketinggian sekitar 600m di atas permukaan laut dengan udara yang agak sejuk. Tempat ini merupakan titik awal yang bagus untuk mengeksplorasi desa tradisional Sumba barat. Waikbubak memiliki sejumlah rumah tradisional Sumba dan juga makam batu yang di ukir dengan motif-motif tanduk kerbau yang dapat di temui di salah satu kampung di kota ini seperti di kampung Tambelar.

Pesona Wisata Kampung Traung
Pesona Wisata Kampung Traung

Selain itu, di Waikabubak terdapat sejumlah pesona wisata kampung lainnya yang menarik untuk dikunjungi seperti Kampung Traung yang kerap menggelar upacara adat Wula Podhu yang terkait dengan kematian.

Kampung lainnya yang menarik dengan pemandangan yang indah adalah kampung Praijing dan Bondomarotto. Kampung Praijing memiliki panorama yang indah yang berada di atas bukit, 4 km dari pusat kota. Disini juga terdapat rumah tradisional dan makam batu besar. Kampung lainnya yang indah juga adalah kampung Prairami dn kampung Primkateti yang juga berada di atas bukit.

Di anakalang yang terletak sekitar 22 Km di timur Waikabubak- di jalan raya yang menuju ke Waingapu- terdapat kampung Pasunga yang memiliki makam batu yang mengesankan. Makam batu di tempat ini terdiri atas potongan batu besar yang di letakkan horizontal dan di depannya terdapat potongan batu vertikal yang diukir dengan bentuk pria dan wanita. Makam batu di tempat ini dibangun pada tahun 1926; lima orang dikuburkan disini dan pada saat upacara pembangunan makam batu ini 150 kerbau disembelih. Pesona wisata.

Pesona Wisata Kabonduk
Pesona Wisata Kabonduk

Kampung sumba yang lebih mengesankan dapat ditemui di Kabonduk, di selatan Pasunga, di tempat ini terdapat makam batu terberat yaitu 70 ton. Pada waktu pembangunannya diperlukan 2000 pekerja yang bekerja selama tiga tahun untuk menyelesaikan makam batu ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kupang Pantai Lasiana

Dari Kobanduk perjalan dapat dilanjutkan berjalan kaki selama 15 menit ke Makateri dan Lai Tarung. Yang merupakan dua pemukiman asli leluhur masyarakat setempat. Penghuni kedua desa ini kebanyakan sudah pindah ke tempat lain kecuali beberapa keluarga. Beberapa rumah juga sudah roboh karena sudah terlalu tua. Namun tempat ini memiliki panorama yang sangat indah kea rah kawasan pedesaan di sekitarnya. Pesona wisata Lai Tarung akan ramai dikunjungi orang pada saat upacara Parungu Takadonga Ratu yang merupakan upacara dat untuk menghormati arwah leluhur yang diadakan setiap tahun pada bulan juni.

Di Galuubakul yang terletak 2,5 km dari Kabonduk terdapat pesona wisata makam batu Umba Sawola yang berbentuk batu tunggal sepanjang 5m, lebar 4m dan tebal sekitar 1m. Di Waigali yang terletak sekitar 20 km di selatan Waikabubak, di wilayah (kecamatan) Wanokoka, dapat ditemui sejumlah perkampungan tradisional. Tempat ini juga menjadi lokasi festival Pasola yang diadakan pada bulan maret. Makam batu Watu Kajiwa di Praigoli disebut sebagai makam batu tertua di wilayah ini.

Taman Nasional Manupeu, Desa Taramanu, Australia, Waingapu, Waikabubak, Kabonduk, Sumba Barat, Sumba Timur, Pasola, Air Terjun Laputi

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *