Tuesday , October 17 2017
Home / Wisata Maluku / Pesona Maluku / Pesona Indonesia Maluku

Pesona Indonesia Maluku

Maluku Pesona Indonesia

pesona indonesia maluku
pesona indonesia maluku

Pesona Indonesia Maluku adalah salah satu dari 32 propinsi yang ada di Kepulauan Indonesia, terletak di sebelah timur dengan ibukotanya Ambon. Luas lautnya menapai 658.294,69 km persegi dan daratannya 54.185 km persegi. Di bagian Utara berbatasan dengan Propinsi Maluku utara, di Selatan dengan Timor Leste dan Australia, di bagian Barat dengan Sulawesi Tenggara dan Tengah dan di bagian Timur dengan propinsi Papua.

Propinsi Maluku terdiri dari empat kabupaten dan satu kota yaitu Pulau Buru dengan ibukota Namlea, Maluku Tengah dengan ibukota Masoni, Maluku Tenggara dengan ibukota Tual, Maluku Tenggara Barat dengan ibukotanya Saumlaki dan kota Ambon. Pesona Indoensia Pada masa lalu wilayah Maluku dikenal sebagai penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala sehingga menarik kedatangan pedagang dari Eropa. Saat ini masyarakat Maluku tetap menanam cengkeh dan pala namun dengan produksi yang tidak sebanyak masa lalu.

pesona indonesia laut maluku
pesona indonesia laut maluku

Wilayah ini juga menghasilkan Kakao, kopi dan buah-buahan seperti nanas yang sebagian besar diekspor. Laut Maluku merupakan sumber ikan yang sangat besar khususnya di wilayah perairan Pulau Seram dan kepulauan di wilayah selatan Maluku. Produksi ikan di wilayah ini sebagian besar juga diekspor sedangkan kawasan hutan di Pulau Seram juga dikenal sebagai kawasan penghasil kayu besi (ironwood).

Maluku menjadi perhatian dunia bukan hanya hasil rempah-rempahnya tetapi juga potensi pariwisatanya terutama wisata bahari dengan objek wisata andalan antara lain meliputi wilayah pantai yang indah dengan lokasi untuk menyelam, Pesona Indoensia snorkeling dan juga kawasan pegunungan untuk kegiatan hiking. Beberapa pulau memiliki lokasi peninggalan sejarah seperti reruntuhan benteng tua, benda-benda peninggalan perang dunia ke-2 dan juga kebudayaan tradisional masyarakat Maluku yang menarik.

Daratan kepulauan Maluku pada umumnya meropakan kawsan pegunungan vulkanis yang ditutupi hutan kecil Pulau Aru dan Tanimbar yang merupakan kawsan rawa-rawa. Gunung tertinggi di wilayah Maluku adalah Gunung Binaya (3.027 m) yang berada di Pulau Seram. Sebagai wilayah vulkanis, gempa bumi kerap terjadi di kepulauan Maluku. Pesona Indoensia Seluruh wilayah kepulauan Maluku pada awalnya berada dalam satu propinsi yaitu Propinsi Maluku. Namun saat ini, secara administrative kepulauan Maluku dimekarkan menjadi dua propinsi yaitu propinsi Maaluku dan Propinsi Maluku Utara yang sebelumnya merupakan Kabupaten Maluku Utara namun kini menjadi propinsi baru yang terpisah dan berdiri sendiri.

Sejarah Pesona Indoensia Maluku

pesona indonesia pulau aru
pesona indonesia pulau aru

Ketika orang Portugis pertama kali datang ke Maluku mereka menyebut wilayah ini Jazirat-al-Mulku (tanah para raja). Kata ‘mulku’ inilah yang diperkirakan menjadi asala nama Maluku. Ketika Portugis datang sebagian wilayah kepulauan Maluku berada di bawah control Kesultanan Ternate yang bersaing dengan Kesultanan Tidore. Pesona Indoensia Kedua kesultanan ini saling merebut pengaruh di wilayah yang kaya dengan tanaman rempah-rempah khususnya cengkeh dan pala ini.

Portugis memihak kepada Ternate dalam persaingannya dengan Tidore dan pada awal abad ke-16 kesultanan Ternate memberikan hak monopoli kepada Portugis dalam perdagangan rempah-rempah. Hubungna Portugis dan Ternate mulai tegang ketika Portugis membangun benteng pertamanya di Ternate. Hubungan portugis dengan ternate mulai tegang ketika porutgis membangun benteng pertamanya di Ternate. Pesona Indoensia Hubungan yang tidak harmonis ini berbuah pertempuran antara kedua belah pihakyang berakhir dengan kekalahan Portugis sehingga harus keluar dari Ternate pada tahun 1575. Portugis kemudian berhubungan baik kembali dengan kesultanan Tidore dan berhasil membangun benteng di wilayah itu.

pesona indonesia tanah tertinggi di maluku, gunung binaiya
pesona indonesia tanah tertinggi di maluku, gunung binaiya

Kapal dagang belanda datang pertama kali ke Maluku pada tahun 1599 dan kembali ke Eropa membawa rempah-rempah untuk dijual kembali dengan keuntungan besar. Sejak saat itu lebih banyak kapal dagang belanda berdatanag ke Maluku. Kapal dagang belanda itu memiliki ukuran yang lebih besar yang dilengkapai persenjataan yang lebih baik dibandingkan kapal dagang Portugis. Pesona Indoensia Kedatangan belanda ke wilayah ini tidak disukai kesultanan Ternate. Pertempuran antara Belanda dan Ternate berakhir dengan kemenangan Belanda dan selanjutnya belanda menaklukan ambon. Pada tahun 1630 belanda berhasil membangun kedudukan di ambon. Kehadiran belanda terus mendapat perlawanan masyarakat setempat namun semua perlawanan berahsil dipadamkan pada sekitar tahun 1660.

Pada tahun 1800-an perlawanan masyarakat terhadap belanda kembali muncul. Salah satu perlawanan itu dipimpin oleh Pattimura (Thomas Matulessy) pada tahun 1817. Pesona Indoensia Perlawanan pattimura hanya bertahan beberapa bulan sebelum ia ditangkap dan dieksekusi belanda. Pattimura adalah salah seorang pahlawan nasional , namanya diabadikan sebagai nama Bandar udara dan universitas di Ambon.

pesona indonesia suasana pulau seram maluku
pesona indonesia suasana pulau seram maluku

Pada masa kemerdekaan, Maluku pernah menjadi bagian dari Negara Indonesia Timur yang merupakan bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Ketika RIS kembali menjadi Negara kesatuan, masyarakat Kristen Maluku yang tergabung falam Republik Maluku Selatan (RMS) menolaknya. Pada tahun 1950, di Pulau Ambon, Pesona Indoensia RMS memproklamirkan diri sebagai Negara merdeka. Gerakan ini didukung oleh sekitar 2000 orang Ambon bekas tentara Belanda (KNIL).

Pada bulan September 1950, tentara RI mendarat di Ambon dan berhasil menumpas gerakan RMS itu. Para pemimpin dan juga sebagaian anggota pasukan RMS melarikan diri dan bersembunyi di hutan-hutan Pulau Seram dan sebagian lagi mencari perlindungan ke Belanda. Saat ini sekitar 40 ribu orang Maluku menetap di Belanda dan masih bercita-cita mendirikan Negara RMS merdeka.Pesona Indoensia

Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia, Wisata Indoensia, Beautiful Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia

About PesonaWisata

Check Also

wonderful indonesia kepulauan raja ampat

Wonderful Indonesia Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat Wonderfulnya Indonesia Wonderful Indonesia Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau ...

2 comments

  1. You’ve really helped me unradstend the issues. Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *