Home / Wisata Kalimantan / Pesona Samarinda / Pesona Indonesia Desa Budaya Pampang

Pesona Indonesia Desa Budaya Pampang

Pesona Indonesia Desa Pampang adalah sebuah desa budaya yang berlokasi di Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur dan merupakan objek wisata andalan kota Samarinda.

Desa Budaya Pampang, Pesona Indonesia
Desa Budaya Pampang, Pesona Indonesia

Sekitar tahun 1960-an, Suku Dayak Apokayan dan Kenyah yang saat itu berdomisili di wilayah Kutai Barat dan Malinau, hijrah lantaran tak mau bergabung atau tak ingin ikut ke wilayah Malaysia dengan motif dan harapan taraf pendapatan atau ekonomi yang menjanjikan. Pesona Indonesia Rasa nasionalisme mereka inilah yang membuat mereka memilih tetap bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mereka menempuh perjalanan dan berpindah-pindah selama bertahun-tahun, hanya dengan berjalan kaki. Untuk menyambung hidup, mereka singgah di tempat-tempat yang dilaluinya dan berladang. Kehidupan mereka terus berpindah-pindah untuk berladang. Sehingga akhirnya mereka sampai di kawasan Pampang. Pesona Indonesia Akhirnya mereka hidup di Desa Pampang dan melakukan berbagai kegiatan masyarakat, seperti bergotong-royong, merayakan natal, dan panen raya.

Desa Pampang sebagai Desa Budaya. Pesona Indonesia
Desa Pampang sebagai Desa Budaya. Pesona Indonesia

Lalu, di bulan Juni 1991, Gubernur Kaltim HM Ardans mencanangkan dan meresmikan Desa Pampang sebagai Desa Budaya. Pesona Indonesia Pemerintah merasa antusias bahwa desa budaya ini memiliki kegiatan positif yang bisa menjadi aset wisata unggulan baik di tingkat lokal bahkan hingga mancanegara. Setiap tahunnya, digelar acara memperingati ulang tahun Desa Pampang, yang disebut dengan nama Pelas Tahun.

Melalui desa ini, pemerintah berharap desa ini bisa terus memelihara dan melestarikan adat istiadat dan budaya masyarakat Dayak. Desa Budaya Pampang, kini kerapkali dikunjungi oleh tamu-tamu VIP yang datang di Kaltim dan para turis lokal dan mancanegara. Pesona Indonesia Turis dan para pengunjung merasa penasaran ingin melihat langsung eksotisme budaya, adat istiadat dan sosok masyarakat Dayak, yang memang sudah dikenal dunia. Selain itu, pemerintah mendukung agar warga Dayak yang menghuni Desa Pampang untuk bisa mengembangkan potensi lain, misalnya saja membuat cindera mata seperti manik-manik dan sejenisnya.

Secara harafiah, kata “Dayak” berarti orang yang berasal dari pedalaman atau gunung
Secara harafiah, kata “Dayak” berarti orang yang berasal dari pedalaman atau gunung

Secara harafiah, kata “Dayak” berarti orang yang berasal dari pedalaman atau gunung. Oleh karena itu, orang Dayak berarti orang gunung atau orang pedalaman. Pesona Indonesia Menurut kepercayaan Dayak, terutama yang dipedalaman Kalimantan yang disampaikan dari mulut ke mulut, dari nenek kepada bapak, dari bapak kepada anak, hingga saat ini yang tidak tertulis mengakibatkan menjadi lebih atau kurang dari yang sebenar-benarnya.

bahwa asal-usul nenek moyang suku Dayak pulau kalimantan itu diturunkan dari langit yang ke tujuh ke dunia ini dengan “Palangka Bulau” ( Palangka artinya suci, bersih, merupakan ancak, sebagai tandu yang suci, gandar yang suci dari emas diturunkan dari langit, sering juga disebutkan “Ancak atau Kalangkang” ). Pesona Indonesia Namun, berdasarkan catatan sejarah, semua suku yang berada di Indonesia berasal dari ras austronesia yang berasal dari dataran Cina sekitar 3500-1500 SM.

Pembagian lama Suku Dayak terdiri atas enam Stanmenras atau rumpun yakni:

rumpun Klemantan alias Kalimantan
rumpun Iban
rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan, Kenyah dan Bahau
rumpun Murut
rumpun Ot Danum-Ngaju
rumpun Punan
Keenam rumpun itu terbagi lagi dalam kurang lebih 405 sub-etnis. Suku Dayak memiliki berbagai budaya yang menarik bila digali lebih dalam, seperti upacara penguburan dan tari-tarian.Pesona Indonesia

Pesona Indonesia, Pesona Wisata, Indonesia Beautyfull, Wisata Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Indonesia Pesona.

About PesonaWisata

Check Also

Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting

Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting Pesona Wisata. Dari Muara teweh perjalanan dapat dilanjutkan berjalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *