Pemandangan Tempat Wisata di Yogyakarta Pantai Siung

Tempat Wisata Di Yogyakarta Pantai Siung

Tempat wisata di Yogyakarta. Pantai Siung adalah suatu objek wisata pantai yang terletak di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 77 km dari kota Yogya dan memiliki lokasi wisata petualangan panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional.

Pemandangan Bukit Kapur Di Sepanjang Panta Siung

Tempat wisata di Yogyakarta di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, Anda akan disuguhi pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Jalan yang berkelok-kelok dan menaik, merupakan tantangan yang harus Anda lewati sebelum mencapai Pantai Siung. Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika Anda sudah berada di kawasan Pantai Siung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak, akan membuat suasana hati dan pikiran Anda tenang dan damai.

Tempat Wisata DI Yogyakarta Pantai Siung

Fasilitas di Pantai Siung

Karena pantai ini sangat terpencil, fasilitas yang tersedia masih sangat minim, hanya tersedia tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk akomodasi hotel tidak tersedia di sini, tetapi jika Anda ingin bermalam di Pantai Siung, Anda bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya mirip rumah panggung dengan kapasitas kurang lebih sekitar 20 orang. Jika Anda ingin bermalam dengan suasana alam, Anda bisa membawa tenda sendiri yang bisa Anda gunakan di sekitar tebing-tebing.

Jalur Yang Harus Ditempuh Jika Akan Berkunjung Ke Pantai Siung

Tempat wisata di Yogyakarta jika Anda dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menggunakan jalur Yogyakarta-Wonosari-Tepus-Purwodadi-Pantai Siung. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat menggunakan bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan menggunakan bus jurusan Jogja-Wonosari. Sampai di terminal Wonosari, Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari-Tepus. Sesampai terminal Tepus, Anda bisa menggunakan jasa ojek, karena hanya itu transportasi umum yang bisa digunakan sampai ke Pantai Siung.

BACA JUGA :  Menikmati Panorama di Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal

Jalur umum dari kota Jogja dari arah jalan Piyungan menuju ke kota Wonosari kemudian ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km ada pertigaan  di Desa Mulo (50m setelah kolam renang), jika lurus ke arah Baron. Ambil yang ke kiri Jurusan Mentel –  Bintaos – Tepus- Pertigaan Winangun/Nangun {depan Klinik), belok kanan langsung menuju pantai Siung.Total perjalanan dari Wonosari ke lokasi Pantai Siung kurang lebih 40 km, namun waktu tempuh bisa agak lama sedikit karena kondisi jalan di beberapa tempat yang  agak sempit, berliku dan naik turun. Tapi ada juga jalur alternatifnya yakni dari Wonosari menuju Mulo, dari pertigaan Mulo ini lurus saja ke arah Baron, 1km sebelum Pantai Baron ada pertigaan ambil ke kiri –  arah Pantai Kukup – Pantai sepanjang – Pulau Drini- Pantai Krakal – Pantai Sundak – Pantai Indrayanti – terus menuju Desa Tepus – Pertigaan Winangun/Nangun ke kanan arah Pantai Siung.(jarak lebih jauh dan waktu tempuh lebih lama-keuntungannya anda bisa menyusuri pantai lainnya di wisatapantai Gunung kidul)

Rute Arah Menuju Pantai Siung dari Jalur Klaten dan Solo

Sedangkan untuk rute dari Klaten bisa dengan arah  Semanu-Giripanggung-Sumberwungu, Klayu, Gude, Blekonang-Winangun-Pantai Siung. Atau dari Giripanggung-Cuelo ke selatan – Winangun/nangun-pantai Siung. Kemudian untuk arahnya yang dari Solo anda bisa masuk jalur dari Praci – ke arah Kecamatan Rongkop/Baran –  ke selatan arah Nglindur – Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok ke kanan – pasar Jepitu –lurus terus ke arah pertigaan  Winangun –belok kiri Pantai Siung.

Tempat Wisata di Yogyakarta Pantai Siung

Suasana Tenang Dan Damai di Pantai Siung Jogja

Suasana terlihat tenang dan damai, maklum pantai ini bukan merupakan daya tarik utama kabupaten Gunungkidul seperti pantai Baron dan pantai Kukup. Dengan intensitas kunjungan wisatawan yang masih sedikit, pantai ini memang cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati deburan ombak khas pantai selatan pulau Jawa. Beberapa saat kami duduk di rerimbunan pohon yang cukup banyak tersebar di tepian pantai sambil menikmati kesegaran angin laut.

BACA JUGA :  Museum Batik Salah Satu Tempat Wisata di Jogjakarta

Berjelajah Ke Puncak Bukit di Tepian Pantai Siung

Tempat wisata di Yogyakarta puas menikmati keindahan pantai, disana anda dapat mencoba menjelajahi tepian pantai Siung untuk menaiki sebuah bukit yang terletak dibagian timur. Perjalanan menaiki bukit cukup singkat karena jalur mendaki sudah diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan wisatawan naik sampai puncak. Walaupun tetap saja adrenalin anda dapat memuncak saat mendaki di tebing yang disebelahnya berupa jurang yang curam dan terjal.

Tempat Wisata Di Yogyakarta Pantai Siung

Sekilas Cerita Tentang Pantai Siung dari Sesepuh Setempat

Menurut cerita, sesepuh setempat yang bernama Wastoyo, Wilayah Siung pada masa wali menjadi salah satu pusat perdagangan di Gunung Kidul, tidak jauh dari pantai lebih tepatnya di wilayah Winangun. Tempat wisata di Yogyakarta sekitar tahun 1989, karang-karang di pantai Siung memiliki peranan penting karena pada tahun 1989 ada komunitas pecinta alam dari Jepang memanfaatkan tebing-tebing karang Pantai Siung sebagai area panjat tebing, kemudian di dekade 90-an berlangsung kompetisi Asian Climbing Gathering.

Kini sebanyak 250 jalur pemanjatan dengan grade (tingkat kesulitan) dan karakteristik bervariasi yang terdapat di Pantai Siung dan tidak menutup kemungkinan jalur pemanjatan ini dapat di tambah. Selain fasilitas jalur pemanjatan, di sini juga ada fasilitas lain yang mendukung kegiatan panjat tebing seperti ground camp dimana para pecinta alam yang sedang melakukan kegiatan pendakian dapat mendirikan tenda-tenda dengan menyalakan api unggun namun dengan syarat tidak menganggu habitat penyu ataupun merusak lingkugan.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banten

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: [email protected]

Kamar Petruk di Hotel Omah Semar Rp. 460.000
  • Twin Bed Untuk 2 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • City Tour *on request

Mari Kunjungi Tempat- tempat wisata Menarik Lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Siung

Tempat Wisata di Jogjakarta, Tempat Wisata Yogyakarta, Destinasi Wisata Jogja, Tempat Wisata di Yogyakarta, Wisata Jogja Murah, Climbing Gathering, Pantai Siung, Wisata Pantai Siung, Siung, Habitat Penyu di Pantai Siung.

Similar Posts:

None Found

One thought on “Pemandangan Tempat Wisata di Yogyakarta Pantai Siung”