Pasar Terapung, Pesona Wisata Banjarmasin

Pesona Wisata Banjarmasin, Pasar Terapung

Pasar Terapung adalah Pasar Tradisional yang ada di atas muara sungai barito, lokasinya berada di kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin.

Pesona Wisata Banjarmasin Suasana Pasar Terapung
Pesona Wisata Banjarmasin Suasana Pasar Terapung

Pesona Wisata. Pasar ini diperkirakan sudah ada sekitar 400 tahun yang lalu dan masih dipertahankan hingga sekarang serta merupakan ikon obyek wisata di Kota Banjarmasin yang sudah dikenal diseluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. dulunya pasar ini hanya sebagai tempat pertukaran barang atau barter antar masyarakat dari hasil kebun dan pertanian, namun lambat laun seiring dengan kemajuan zaman maka sistem tersebut sudah berkurang dan sekarang sudah menggunakan sistem jual – beli dengan menggunakan mata uang rupiah.
Di Pasar Terapung ini selain menjual hasil perkebunan dan pertanian juga terdapat dagangan yang lainnya seperti, ikan, makanan khas banjar yaitu soto banjar, nasi sop banjar, jajanan / kue, pakaian, dan lain sebagainya. Para pedagang menjual dagangannya dengan menggunakan jukung (perahu kayu). Pesona Wisata. Salah satu keunikan pasar terapung ini adalah apabila anda ingin membeli jajanan kue maka cara mengambil kue tersebut harus menggunakan alat Bantu seperti tongkat yang diujungnya terdapat kawat untuk ditanjapkan pada jajanan yang kita inginkan.

Pesona Wisata Banjarmasin Keramaian Pasar Terapung
Pesona Wisata Banjarmasin Keramaian Pasar Terapung

Aktifitas pasar terapung dimulai sejak pukul 05.30 sampai pukul 7.30 wita. Pesona Wisata. Untuk menuju pasar terapung dari penginapan / hotel di Banjarmasin anda bisa berangkat pukul 04.30 wita dengan menggunakan jasa ojek ke dermaga pasar terapung dan jika menggunakan klotok (perahu bermesin) sekitar 1 – 2 jam.

Dalam rangka melestarikan Pasar Terapung, Pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan program Giat Pasar Terapung, yaitu dengan melaksanakan kegiatan Pasar Terapung di Siring Sungai Martapura di Jl. P. Tandean setiap hari Minggu pagi dari Jam 07.00 – 10.00 WITA. Pesona Wisata. Dengan pelaksanaan Pasar Terapung di Siring Tandean yang terletak di pusat kota diharapkan dapat lebih mendekatkan pasar terapung dengan masyarakat.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banjarmasin
Pesona Wisata Banjarmasin Pasar Terapung
Pesona Wisata Banjarmasin Pasar Terapung

Perkembangan Pasar Terapung di Siring Tandean sangat baik, karena pada setiap hari Minggu, masyarakat sangat antusias berkunjung baik untuk membeli atau hanya sekedar berfoto dengan latar Pasar Terapung.  Dengan adanya Pasar Terapung di Siring Tandean bisa menjadi alternatif bagi keluarga dan wisatawan untuk dapat menikmati eksotika pasar terapung di Kota Banjarmasin selain Pasar Terapung Kuin yang bisa dikunjungi setiap hari.Pesona Wisata.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *