Destinasi Wisata Jogja Di Pasar Modern PASTY

Destinasi Wisata Jogja PASTY

Destinasi Wisata Jogja Di Pasar Modern PASTY

Destinasi Wisata Jogja PASTY
Destinasi Wisata Jogja PASTY

Destinasi wisata Jogja. PASTY ini adalah pasar satwa dan tanaman hias terbesar di Yogyakarta. Di Pasar PASTY terletak di Jalan Bantul Km 1, Dongkelan, Mantrirejon, Yogyakarta. PASTY terbagi menjadi 2 zona yaitu zona satwa dan zona ikan hias yang terletak di sebelah timur jalan raya dan zona tanaman hias yang terletak di sebelah barat jalan raya. Masyarakat Jawa tak lepas dari tradisi dan kepercayaan.

Menurut pakar budaya Jawa, seorang pria tergolong berhasil apabila telah memiliki 5 hal utama, yaitu wisma (rumah), wanita (istri), turangga (kuda), curiga (keris), dan kukila (burung peliharaan). Kukila adalah alasan bagi seorang pria Jawa untuk memelihara burung sehingga pasar burung menjadi suatu tempat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jawa.

Destinasi Wisata Jogja PASTY
Destinasi Wisata Jogja PASTY

Asal Mula Pusat Jual Beli Satwa di Yogyakarta

Pada awalnya, pusat jual beli satwa dan tanaman hias di Yogyakarta adalah Pasar Ngasem yang terletak di Kawasan Benteng Keraton Yogyakarta, berdekatan dengan obyek wisata Taman Sari Yogyakarta. Berlokasi di pusat kota, Pasar Ngasem semakin ramai dikunjungi bukan hanya oleh warga Yogyakarta namun juga oleh wisatawan lokal dan mancanegara sehingga kondisinya kurang kondusif.

Relokasi Pasar Satwa dan Tanaman Hias Oleh Pemerintah Kota Yogyakarta

Destinasi wisata Jogja demi menjaga fungsi pasar sebagai pusat aktivitas jual beli satwa dan tanaman hias, Pemerintah Kotamadya Yogyakarta memutuskan untuk merelokasi Pasar Ngasem ke lokasi lain. Selain itu, relokasi perlu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga Taman Sari yang merupakan cagar budaya asli Yogyakarta. Relokasi pasar dilaksanakan pada 22 April 2014 dengan diiringi Kirab Budaya oleh 287 pedagang. Pemindahan pasar dilakukan sebagai upaya penataan kota oleh Pemerintah Kotamadya Yogyakarta. Sebelum dilakukan relokasi pasar satwa, lokasi telah dikenal sebagai Bursa Agro Jogja.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Semarang

Keistimewaan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Destinasi Wisata Jogja PASTY
Destinasi Wisata Jogja PASTY

PASTY merupakan pasar modern yang tertata rapi, berbeda dengan Pasar Ngasem yang terkesan becek dan gelap. Pengelolaan yang baik membuat PASTY lebih menyerupai kebun binatang daripada pasar satwa. PASTY tidak hanya berfungsi sebagai pusat jual beli satwa dan tanaman hias namun juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana edukasi oleh orangtua untuk mengenalkan berbagai jenis satwa dan tanaman hias kepada anaknya.

Destinasi PASTY Sebagai Salah Satu Tempat Favorit Para Pecinta Photografi

Destinasi wisata Jogja PASTY merupakan salah satu lokasi favorit para hobi fotografi karena terdapat berbagai jenis satwa dengan beragam warna dan tingkah polah yang unik, ikan hias, tanaman hias, dan aktivitas jual beli yang dapat dijadikan obyek foto yang menarik. Pada hari minggu, diselenggarakan lomba aduan suara oleh para pedagang burung yang membuat suasana pasar semakin meriah.

Destinasi Wisata Jogja PASTY
Destinasi Wisata Jogja PASTY

Pasar Satwa di Jl. Bantul

Pasar Satwa yang di jl. Bantul ini adalah relokasi dari pasar satwa yang ada di Ngasem, Pasar ini dikenal dengan nama Pasar Ngasem. Pasar Ngasem sangat legendaris dan namanya sudah terkenal hingga mancanegara. Destinasi Wisata Jogja relokasi ini berdampak positif pagi pedagang maupun pembeli karena lokasinya yang lebih luas dan tertata. Sepanjang jalan Dongkelan PASTY dibagi menjadi 2 lokasi, yaitu lokasi sebelah timur sebagai pasar burung dan pasar hewan, seperti ikan dan binatang mamalia.

Pasar PASTY Sebagai Sarana Edukasi Bagi Anak- anak

Sementara lokasi sebelah barat dipergunakan untuk tanaman hias. Pasar ini sangat meriah, karena begitu kita menjejakkan kaki ke dalam pasar yang sebelah timur, maka kita di sambut dengan riuh rendah kicauan burung yang saling bersahut-sahutan, ada kenari, prenjak, beo, kakatua, lovebird, nuri, cocakrowo, dll. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak serta sebagai tempat kunjungan wisata menarik bagi wisatawan. Suasananya cukup nyaman, bersih, tenang dan lebih lapang.

BACA JUGA :  Pemandangan Tempat Wisata di Yogyakarta Pantai Siung

PASTY Menjadi Salah Satu Tempat Yang Nyaman Untuk Anda Kunjungi

Bagi anda pasar satwa dan tanaman hias yogyakarta merupakan tempat yang nyaman untuk dikunjungi. ditempat ini menawarkan suasana berbeda dalam berwisata karena merupakan pusat pengembangan pertanian pola perkotaan serta pusat pengembangan pasar burung sebagai bagian dari relokasi Pasar Ngasem. Berbagai aktifitas seperti pameran bursa tanaman hias sering dilaksanakan ditempat ini. terdapat juga pusat burung dan ikan hias yang dapat dikunjungi serta juga terdapat paket edukasi namun dengan format harus memesan terlebih dahulu.

Suasana di PASTY cukup nyaman, bersih dan rapih, terang dan lapang. Kios-kios pedagang tertata dengan rapi dan terbagi menjadi beberapa komplek sesuai dengan jenis dagangannya. Jalan pemisah antar komplek kios cukup lebar sehingga pengunjung tidak perlu desak- desakan. Bahkan sepeda pun bisa melintas di jalan ini. Oeh karena itu setiap hari minggu akan tampak orang- orang bersepeda di kompleks PASTY ini. Di PASTY ini juga anda bisa menikmati pertunjukan yang sering digelar oleh para penjual burung. Misalnya pertunjukan burung dara yang kembali ke tempat kandangnya. Kemudian burung beo yang bisa berceloteh, biasanya dengan pertunjukan yang tadi para pengunjung maupun para pembeli akan tertarik sehingga mereka akan membeli burung itu walaupun harganya sangat mahal sekali. Yang pasti bukan hanya burung namun ada juga hewan satwa maupun Flora yang dapat anda beli di Pasar PASTY Kota Jogjakarta ini.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banten Kampung Baduy

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: [email protected]

================================================================================

Kamar Petruk di Hotel Omah Semar Rp. 460.000
Kamar Petruk di Hotel Omah Semar Rp. 460.000
  • Twin Bed Untuk 2 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Mari Kunjungi Tempat- tempat wisata Menarik Lainnya di :

Sumber : http://pariwisata.jogjakota.go.id/index/extra.detail/2217/pasar-satwa-dan-tanaman-hias-yogyakarta–pasty-.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Satwa_dan_Tanaman_Hias_Yogyakarta

Tempat Wisata di Jogjakarta, Tempat Wisata Yogyakarta, Destinasi Wisata Jogja, Tempat Wisata di Yogyakarta, Wisata Jogja Murah, PASTY, Wisata PASTY Jogja, Pesona Jogja, PASTY Jogja, Pasar Satwa Jogja.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.