Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran
Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Tempat wisata Yogyakarta. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di gugusan laut pantai selatan tepatnya di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 2 km dari pantai Ngrenehan.

Pantai Ngobaran Sebagai Obyek Pantai Gunungkidul

Pantai Ngobaran juga merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berada di daerah Gunungkidul yang menawarkan pesona keindahan alam seperti gulungan ombak, hamparan pasir putih, barisan batu karang, rumput laut / alga dan deretan pohon pandan laut. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat.

Hamparan Alga di Pantai Ngobaran Jogja

Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Tempat wisata Yogyakarta puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan. Tapi yang tak terdapat di pantai lain adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan.

Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran
Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Sebagai Tempat Ritual Penganut Agama Tertentu

Pantai Ngobaran dikenal sebagai tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu. Di kawasan ini anda dapat melihat tempat peribadatan seperti masjid yang berdiri berdampingan dengan pura yang menghadap ke laut, juga terdapat tempat ibadah aliran kepercayaan seperti kejawen dan kejawan. Tempat wisata Yogyakarta kejawan merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V. Terdapat pula beberapa arca yang sering digunakan untuk tempat upacara keagamaan tertentu.

Upacara Galungan di Pantai Ngobaran

Selain itu penganut agama Hindu sering melakukan upacara Galungan setiap bulan purnama dan upacara Melastri yang merupakan rangakaian upacara Nyepi. Begitu juga dengan penganut aliran kejawen yang setiap malam selasa dan jumat mengadakan ritual ditempat ini. Oleh karenaitu saat memasuki kawasana pantai ini, anda akan disambut oleh suasana mistis yang berpadu dengan suara ombak yang menerpa tebing-tebing batu karang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jawa Timur Pantai Pelang Trenggalek
Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran
Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Waktu Yang Cocok Untuk Berkunjung Ke Pantai Ngobaran

Sejenak kita tinggalkan dulu cerita-cerita mitos dan mistis diatas karena anda melanjutkan penelusuran di kawasan pantai ini. Jika anda berkunjung ke pantai ini saat air laut sedang surut yaitu sekitar pukul 06.00 – 11.00 pagi, anda akan dapat melihat sejumlah masyarakat mencari karangan atau rumput laut yang selanjutnya dijual kepada tengkulak yang kebanyakan berasal dari Surabaya dan Jawa Timur.

Tempat wisata Yogyakarta pantai ini sangat indah jika air surut maka tampaklah kolam kolam kecil yang terbentuk dari karang karang yang tertutp oleh alga (rumput laut yang hijau sebagai bahan baku kosmetik) dan terdapat banyak biota laut lainnya yang mungkin terjebak di kolam karang tersebut.

Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran
Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran

Hal inilah yang menopang kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yang tidak memerlukan kapal atau perahu untuk mendapatkan hasil laut cukup beraktifitas dipinggir pantai. Biota laut yang sering di dapat adalah Lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang laut dan rumput laut itu sendiri tentunya.

Kotak Batu di Puncak Bukit Karang Pantai Ngobaran

Tempat wisata Yogyakarta di puncak bukit karang yang berada di sekitar pantai terletak sebuah kotak batu yang berada di depan rumah joglo dikelilingi pagar kayu abu-abu. Konon menurut cerita kotak batu tersebut merupakan tempat Prabu Brawijaya V membakar diri. Menurut cerita masyarakat setempat, Prabu Brawijaya V merupakan keturunan terakhir kerajaan Majapahit. Prabu Brawijaya V melarikan diri dari istana bersama 2 orang istrinya yaitu Bondang Surati (istri pertama) dan Dewi Lowati (istri kedua) karena enggan di-Islamkan oleh puteranya Raden Fatah, raja Demak I.

Keunikan Pesona Budaya di Pantai Ngobaran

Keunikannya selain keindahan pantainya juga pesona budayanya. Melihat pesona budaya di pantai Ngobaran ini terdapat nilai-nilai luhur tentang kebhineka-an. Di pantai Ngobaran dapat di temui bangunan Joglo tempat peribadatan aliran Kejawan (bukan Kejawen), masjid tempat peribadatan umat Muslim, dan pura tempat peribadatan pemeluk agama Hindu yang terletak di atas bukit sebelah barat. Mesjidnya pun terlihat berbeda dengan mesjid-mesjid lainnya karena mengarah ke arah selatan (Laut). Namun walaupun arah masjidnya ke selatan, warga sekitar yang melakukan sholat disana tetap mendirikan sholat dengan menghadap arah kiblat yakni ke arah Kabah (ada tulisannya di Mesjidnya).

BACA JUGA :  Pemandangan Tempat Wisata di Yogyakarta Pantai Siung

Jalur Menuju Pantai Ngobaran

Untuk menuju Pantai ini dari kota Jogja cukup mudah anda bisa memacu kendaraan melewati jalan Wonosari, melewati Peristirahatan Hutan Bunder , Saat melewati lampu lalu lintas kedua (pertigaan lapangan terbang) anda bisa mengambil arah ke kanan.  Ikuti jalan tersebut anda akan melewati Suaka Marga Satwa Paliyan, lalu melewati Telaga Namberan (sebelah kanan jalan) Sampai dipertigaan mentok (ada Alfamart) anda bisa ambil arah kiri mulai dari sana anda tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Komplek Pantai Ngrenehan-Ngobaran-Nguyahan. Selain itu rute tersebut anda bisa melalui jalur Imogiri-Panggang. Jika tidak yakin dengan jalan yang anda tempuh, jangan malu bertanya pada penduduk sekitar. Oleh Karena itu, bagi anda yang yang berkesempatan berlibur ke Kota Jogja tidak akan pernah bosan karena Pantai Ngobaran ini mampu membuat para pengunjung untuk kembali berkunjung menikmati panorama Pantai ini.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja Bagong

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: [email protected]

================================================================================

Kamar Bagong di Hotel Omah Semar Rp. 517.000
Kamar Bagong di Hotel Omah Semar Rp. 517.5rr00
  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Mari Kunjungi Tempat- tempat wisata Jogja Menarik Lainnya di :

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jakarta Gereja Katedral

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Ngobaran

 

 

 

Tempat Wisata di Jogjakarta, Tempat Wisata Yogyakarta, Destinasi Wisata Jogja, Tempat Wisata di Yogyakarta, Wisata Jogja Murah, Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Ngobaran, Prabu Brawijaya, Pantai Ngrenehan, Dewi Lowati.

Similar Posts:

    None Found

One thought on “Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Ngobaran”

  1. Pingback: Hotel Omah Semar Kamar Bagong | destinasi jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.