Pantai Drini, Tempat Wisata Menarik Di Yogyakarta

Pantai Drini, Tempat Wisata Menarik Di Yogyakarta. Tak ada yang salah jika dikatakan Yogyakarta ini adalah tempat atau pun lokasi yang akan selalu menjadikan para wisatawannya ingin kembali ke sana lagi. Sebab memang sebagai daerah yang kaya akan kebudayaan, Yogyakarta ini ternyata juga mempunyai banyak sekali wisata pantai yang indah dan tersembunyi.

Gunungkidul merupakan salah satu tempat yang mampu menyimpan banyaknya wisata pantai tersembunyi yang sangat indah nan eksotis. Hingga sekarang ini, Gunungkidul merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang paling di favoritkan bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya untuk menghabuskan liburan di pantai bersama keluarga, kerabat, sahabat, rekan kerja, atau kekasih. Salah satu pantai yang paling menarik yang ada di daerah Gunungkidul ini adalah pantai drini.

Objek wisata pantai drini tersebut bertempat di sebuah desa Banjarejo, tepatnya di kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi pantai tersebut ada di bagian sisi timur dari pantai baron. Bila dari kota Yogyakarta sendiri, jarak yang Anda tempuh untuk bisa sampai ke pantai ini adalah sekitar 60 km dengan lama waktu perjalanannya 2 hingga 3 jam.

Pantai Drini, Destinasi Wisata Pantai Berkepribadian Ganda

Pantai drini merupakan salah satu pantai yang paling istimewa di kalangan pantai yang ada di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, sebab pantai tersebut mempunyai sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah pantai. Adanya pulau tersebut membagi pantai ini jadi dua bagian, yakni sisi timur pantai yang jauh lebih tenang dan sisi barat pantainya yang jauh lebih garang, hal inilah yang menjadikan pantai drini seolah-olah memiliki kepribadian ganda.

Di sisi timur dari pantai drini tersebut, Anda bisa melihat barisan tebing yang telah berdiri kokoh bak sebuah benteng yang sedang menghadang ombak yang berpadu dengan indahnya pulau karang yang telah membentuk bagaikan laguna alami yang sangat indah. Kokohnya batu karang yang menjulang, menjadikan perairan di bagian sisi timur pantai drini jauh lebih terang, sehingga memungkinkan buat Anda untuk berenang dan juga mandi di lautan yang indah tersebut.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Yogyakarta

Sedangkan di sisi barat dari pantai drini ini Anda akan dapat menyaksikan jajaran perahu yang sedang pulang dari berlayar mencari ikan. Perahu tersebut merupakan perahu para nelayan yang semalaman sudah berlayar dalam mencari ikan di laut. Di sisi barat inilah, ombak pantai drini jauh lebih ebsar dan jadi jalur utama bagi para nelayan untuk melaut. Ketika siang harinya, Anda bisa menikmati sebuah pemandangan nelayan yang lagi menebarkan jaringa ke lautan.

Tumbuhan Drini Yang Indah Di Pantai Drini

Pada bagian tengah dari pantai drini ini adalah jalur menuju ke Pulau Drini yang memiliki kumpulan pasir berwarna hitam yang sangat halus dan perpadu dengan putihnya pasir pantai. Pasir hitam ini adalah pasir yang berasal dari sungai bawah tanah yang telah bermuara di pantai drini.

Hal unik yang ada di Pulau Drini ini adalah pulau tersebut yang banyak ditumbuhi oleh santigi atau pun pemphis acidula, warga setempat umumnya menyebut tumbuhan tersebut dengan nama drini. Alhasil pantai ini diberi nama sebagai pantai drini. Pada saat air lautnya surutm, Anda dapat berjalan dengan menyusuri pantai ke arah pulau lalu menaiki tangga untuk bisa sampai di atas tebing pulau. Dari ketinggian tebing inilah Anda bisa menyaksikan sebuah pemandangan keseluruhan dari pantai drini.

Menyaksikan Akuarium Laut Di Pantai Drini

Berlibur ke tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini Anda juga bisa berjalan dan menyusuri sisi timur pantai untuk dapat menyaksikan akuarium laut dengan berbagai macam koleksi biota laut yang sangat indah. Beberapa spesies ikan yang dapat Anda temukan di sini adalah jambrong, goby pasir, dan juga sergeant major yang saling berkejaran serta bersembunyi di sela terumbu karang.

BACA JUGA :  Wisata Alam Maribaya

Dikarenakan ombak pantai drini ini yang relative sangat tenang sekali, di sini bagian timur ini Anda juga dapat menikmati mandi air laut hangat atau pun berenang bersama dengan teman, keluarga, atau kerabat. Tentunya akan sangat mengasyikkan sekali berennag di laut sembari menatap langit biru yang sangat luas.

Salah satu pemandangan yang sangat menakjubkan dan sayang sekali dilewatkan begitu saja dari pantai drini ini adalah matahari terbit atau sunrise. Di pantai drini inilah juga disediakan gardu khusus bagi para wisatawan yang ingin nikmati matahari terbit. Dan untuk bisa menyaksikan pemandangan langkah ini Anda disarankan sekali untuk bermalam di pantai drini. Ada beberapa pilihan penginapan yang  bisa Anda gunakan untuk tempat bermalam di pantai ini.

Demikianlah informasi tentang tempat wisata di Yogyakarta, pantai drini yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.