Wednesday , January 17 2018
Home / Wisata Jawa / Pesona Jawa Tengah / Pantai Drini Salah Satu Wisata Pantai Jogja Yang Unik

Pantai Drini Salah Satu Wisata Pantai Jogja Yang Unik

Pantai Drini Salah Satu Wisata Pantai Jogja Yang Unik

Pesona Wisata Pantai Jogja Pantai Drini
Pesona Wisata Pantai Jogja Pantai Drini

Wisata Pantai Jogja. Pantai Drini adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang. Namun jarak sebenarnya yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini sejauh 60 km atau sekitar 2-3 jam dari kota Yogyakarta.

Aroma laut akan mulai tercium ketika Anda sudah mulai menyusuri jalanan yang mulus di pinggiran kawasan Gunungkidul, itu merupakan sebuah pertanda jika Anda sudah semakin dekat dengan pantai. Wisata pantai Jogja berjarak waktu sekitar dua jam jika berkendara dari Jogja akan terbayar lunas sewaktu Anda sudah sampai di Pantai Drini. Ketika sinar matahari masih memancarkan kecerahannya, dan masih berbaik hati untuk melukis langit biru semakin menambah keindahan lukisan alam, juga akan menjadi latar untuk hamparan pasir putih yang bersih. Sementara itu terdapat sebuah pulau karang yang mengapung kesepian di tengah-tengah samudera.

Pesona Keindahan Alam Pada Sisi Bagian Barat Pantai

Pada sisi bagian Barat pantai juga memiliki keindahan pesona alam yang tidak kalah eksotisnya, deretan dari perahu yang bercadik tertambat, sedang beristirahat sejenak setelah semalaman telah bergelut dengan kerasnya ombak laut Selatan. Wisata pantai Jogja disini Anda juga dapat melihat beberapa nelayan yang menebarkan jala ke dalam air laut, dan berharap akan ada ikan yang mau mendatangi jala yang mereka tebarkan, menyerahkan diri untuk menyambung hidup dari keluarga para nelayan tersebut. Pantai Drini juga menjadi kampung nelayan tradisional. Karakter dari ombak yang lebih kuat serta langsung menuju ke samudera tanpa adanya karang yang menghalangi, menjadi sebuah tempat yang tepat untuk para nelayan dan juga untuk jalur berangkat dan pulang melaut.

Infrastruktur Menuju Pantai Drini

Infrastruktur menuju ke Pantai Drini cukup mulus, walaupun jalan masuk untuk sampai ke pantai ini cukup terjal dan berkelok-kelok. Pantai drini merupakan pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Pantai ini memiliki lereng pantai yang cukup curam sekitar 10 derajat dan merupakan bagian dari Wonosari yang didominasi oleh batuan karst dari Gunungsewu. Wisata Pantai Jogja pantai ini belum banyak terjamah oleh wisatawan lokal maupun asing, karena letaknya yang berada di daerah terpencil. Sehingga, Pantai Drini ini dikenal dengan nama Pantai Perawan.

Pesona Wisata Pantai Jogja Pantai Drini
Pesona Wisata Pantai Jogja Pantai Drini

Sebutan ini digunakan oleh masyarakat setempat karena kondisi pantai drini yang masih bersih, udara yang sejuk, air yang terasa dingin ditambah dengan hamparan pasir putih yang mempesona dan aliran airnya yang tidak seganas Pantai Parangtritis Pantai ini memiliki sebuah tebing besar yang berada di tengah-tengah pantai dan membagi pantai ini menjadi dua sisi, yaitu sisi barat dan sisi timur.

Tebing Yang Elok Kawasan Pantai Drini

Tebing ini terlihat begitu indah sehingga membuatnya seolah-olah seperti pulau kecil yang terapung di tengah pantai. Wisata pantai Jogja di atas karang ini dibangun mercusuar dimana dari menaranya mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Wisata Pantai Jogja di pantai ini pengunjung juga dapat melihat dengan jelas rumput-rumput laut di antara karang-karang laut dan biota laut lainnya. Nama drini ini dikabarkan berasal dari tumbuhan Pemphis acidula atau masyarakat di sini biasa menyebutnya drini. Dulu, di tempat in ditumbuhi banyak pepohonan drini yang konon kayunya dapat dimanfaatkan sebagai penangkal racun ular berbisa. Itulah mengapa pantai dan pulau ini diberi nama Drini Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama bermain di pantai ini.

Pesona Wisata Pantai Jogja Pantai Drini
Pesona Wisata Pantai Jogja Pantai Drini

Kegiatan Yang Bisa dilakukan di Pantai Drini

Wisata pantai Jogja diantaranya menangkap ikan-ikan kecil, mandi, bermain pasir dan sebagainya. Wisata pantai Jogja tiket masuk yang dikenakan bagi setiap pengunjung adalah Rp.10.000 dengan harga tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati pantai lain selain drini karena harga tiket ini sudah mencakup semua pantai wisata yang ada di daerah Gunungkidul. Pantai Drini menyimpan keindahan alam yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lain di sepanjang pantai di wonosari yang Anda singgahi.

Kapal Nelayan Yang Berjajar Indah di Pantai Drini

Di pantai drini ini Anda dapat menemui sejumlah kapal nelayan yang berjajar dan siap berlayar untuk mencari ikan. Para nelayan beserta warga yang ada di sekitar pantai drini ini sangat ramah dan baik. Berbicara tentang pantai tentu akan ada yang dicari yakni wisata kulinernya selain keindahan pemandangannya. Wisata pantai Jogja di antara beberapa deretan warung seafood di pantai drini yang menyediakan berbagai sajian masakan terdapat warung pak Sarwo yang langsung berbatasan dengan pantai. Di warung makan pak Sarwo ini Anda bisa mendapatkan pelayanan 24 jam untuk makanan dan minuman.

Pantai ini sebenarnya terletak diantara Pantai Kukup dan Krakal, karena tempatnya tidak berada disisi jalan maka tidak banyak para wisatawan yang berkunjung di pantai ini. Dari Jalan raya, anda harus masuk sekitar 400 meter dan sampailah di Pantai Drini. Pantai Drini dapat dicapai berjarak 3 km dari pantai Kukup. Wisata pantai Jogja dari Yogyakarta berjarak sekitar 65 km dapat ditempuh dengan waktu 3 jam. Sedangkan bila dari Wonosari hanya berjarak 21 km.

Fasilitas umum ditempat ini sudah cukup memadai, mulai dari tempat parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, rumah makan serta penjual souvenir ditambah lagi ada gazebo yang berbaris di sepanjang bibir pantai Drini. Wisata Pantai Jogja juga terdapat rumah makan dimana anda dapat mengolah seafood anda sendiri dan ada menu ikan asin yang khas yang hanya diproduksi di daerah ini.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Drini

 

 

 

 

Tempat Wisata Jogja, Wisata Di Jogja, Objek Wisata di Jogja, Wisata Pantai Jogja, Tempat Rekreasi, Wisata Pantai Jogja Unik, Wisata Pantai Drini, Wisata Pantai Drini Jogja, Wisata Jogja, Pantai jogja.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *