Menikmati Panorama di Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal

Menikmati Panorama di Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal

Pesona Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal
Pesona Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal

Tempat wisata. Pantai Pok Tunggal merupakan suatu kawasan lokasi pantai yang masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sangat indah sekali, ditambah pasir putih yang memanjang di sekitar pesisir pantai Pok Tunggal ini. Lokasi Pantai Pok Tunggal ini tepatnya berada di sebuah desa yang bernama Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Kota Yogyakarta. Lokasinya berada diantara Pantai Pulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung. Jadi jika anda berkunjung ke Lokasi Pantai Pok Tunggal, anda juga bisa menikmati panorama pantai yang indah lainnya di Kota Yogyakarta yaitu Pantai Indriyanti maupun Pantai Siung.

Panorama Pantai Pok

Pantai Pok Tunggal ini memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Pada sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang. Pantai Pok Tunggal sendiri tergolong pantai baru. Pantai ini mulai diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei 2012. Oleh karena itu kebersihan pantai ini masih sangat dijaga. Bahkan untuk menjaga kebersihan pantai ini akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 jika Anda membuang sampah sembarangan. Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena di lokasi pantai ini terdapat pohon langka dan masih kokoh berdiri yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal). Satu lagi yang unik dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Air ini pula yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat.

Pesona  Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal
Pesona Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal

Pemandangan Pantai Pok dari Atas Bukit

Pemandangan pantai akan jauh lebih indah jika dinikmati dari bukit sebelah barat pantai. Selain itu dari balik bukit tebing di sebelah timur, Anda juga akan menjumpai beberapa primata liar yang sedang melompat kesana- kemari. Anda dapat sekedar menikmati pemandangan maupun berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Tempat wisata Pasir di sini cukup landai, sehingga tempat ini cukup aman untuk berenang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Semarang

Pengembangan Fasilitas Pantai Pok berupa gazebo dan Warung Sekitar Pantai Pok Tunggal

Ramainya wisatawan domestik maupun mancanegara membuat pengelola pantai mengembangkan kawasan ini. Bisa dilihat dari banyaknya warung makan maupun tempat beristirahat mirip dengan gazebo. Biaya untuk menyewa gazebo maupun payung dengan kapasitas dua sampai tiga orang sekitar Rp 20.000. Jika Anda ingin bermalam di pantai ini Anda bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat dengan biaya sekitar Rp 60.000. Beberapa penginapan juga tersedia di sini. Di kawasan pantai juga sudah terdapat toilet umum dengan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi pantai berjarak sekitar 70 km.

Pesona Wisata Pantai Pok Tunggal Saat Sore
Pesona Wisata Pantai Pok Tunggal Saat Sore

Perjalanan Menuju Pantai Pok Tunggal

Perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dengan lama perjalanan sekitar dua jam perjalanan. Akses jalan menuju tempat wisata Pok tunggal sudah beraspal namun sekitar satu setengah kilometer sebelum pantai, jalanan masih berupa jalan tanah berbatu. Untuk itu sebaiknya lebih berhati-hati. Dengan kendaraan pribadi rutenya bisa melalui: Yogyakarta – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng –Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal. Atau bisa juga dari Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron.

Pesona Wisata Pantai Pok Tunggal
Pesona Wisata Pantai Pok Tunggal

Perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal dari Pantai Indriyanti

Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi. Beberapa meter dari pos tersebut akan nampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Kemudian tinggal ikuti saja petunjuknya hingga tiba di jalan cor kecil atau jalan batu. Maka Pantai Pok Tunggal sudah terlihat. Sejauh ini belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke Pantai Pok Tunggal. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Ada hanya akan sampai di Terminal Wonosari. Dengan bus, keberangkatannya bisa dari Terminal Giwangan Yogyakarta (biayanya sekitar Rp 6.000) dan perjalanan dengan menggunakan ojek biayanya sekitar Rp 20.000 atau tergantung kesepakatan dengan pengemudi.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banten

Bermalam di Pesisir Pantai Pok Tunggal

Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal tidak akan lengkap bila anda tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa disana sangat cocok untuk memasang tenda. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa orang yang membawa ransel besar yang didalamnya adalah tenda untuk bermalam dipinggir pantai. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, namun harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali. Jdi tips jika anda berkesempatan untuk berkunjung ke wisata Pantai Pok Tunggal Ini anda bisa bermalam jika anda membawa tenda, maupun menyewa tenda dari masyarakat sekitar Pantai Pok Tunggal Yogyakarta.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: [email protected]

================================================================================

Kamar semar di Omah Semar Jogja
Kamar semar di Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Yang ada di Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request
BACA JUGA :  Pulau Burung Banten

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pok_Tunggal

Tempat wisata, Tempat Wisata di Jogja, Wisata, Wisata Yogyakarta, Tempat Wisata di Yogyakarta, Wisata Alam Jogja, Tempat Wisata Alam di Jogja, Tempat Wisata Pok Tunggal, Pok Tunggal, Pantai Pok Tunggal.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.