Home / Wisata Kalimantan / Pesona Palangkaraya / Obyek Wisata Kalimantan Tengah

Obyek Wisata Kalimantan Tengah

Obyek Wisata Kalimantan Tengah

Pesona Wisata Kalimantan Tengah
Pesona Wisata Kalimantan Tengah

Pesona Wisata. Propinsi Kalimantan Tengah secara geografis berbatas dengan Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan di sebelah Timur, di sebelah Barat berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Barat , dan disebelah Utara berbatasan dengan propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur, sedangkan di bagian Selatan berbatas dengan Laut Jawa.

Ibu Koyta propinsi Kalimantan Tengah bernama Palangkaraya dengan luas wilayah 157.983 Km2 mencakup 13 kabupaten dan 1 kota dengan 85 kecamatan terdiri dari 1.340 desa dan 101 kelurahan.

Pemekaran daerah otonom Kabupaten dan Kota terjadi dalam masa propinsi Kalimantan Tengah menjadi daerah otonom. Kabupaten Barito dimekarkan menjadi Kabupaten Barito Utara dan Barito Selatan, sedangkan Kabupaten Kotawaringin dimekarkan menjadi Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Pesona Wisata.

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan provinsi dengan penduduk paling sedikit di Kaimantan namun memiliki populasi masyarakat Dayak paling banyak dibandingkan dengan provinsi lainya di Pulau Kalimantan. Pesona Wisata.

Pesona Wisata Dayak
Pesona Wisata Dayak

Masyarakat Dayak yang terdapat di Kalimantan Tengah terdiri dari, antara lain yang terbesar, yaitu: Orang Dayak Ngaju, Ot Danum dan Ma’anyam. Pesona Wisata. Bahasa Ngaju merupakan bahasa yang paling luas digunakan di Kalimantan Tengah. Bahasa ini digunakan di daerah Kapuas, Palangkarayadan Barito selatan.

Secara geografis, bagian utara Kalimantan Tengah merupakan wilayah perbukitan sedangkan wilayah lainnya merupakan wilayah dataran rendah yang datar. Pesona Wisata. Kegiatan penebangan hutan selama bertahun-tahun menyebabkan sebagian wilayah utan di daerah ini mengalami kerusakan atau penggundulan.

Pesona Wisata. Agama utama di Kalimantan Tengah adalah Islam tetapi kepercayaan Kaharingan masih tetap dijalankan secara luas. Secara bahasa Kaharingan berarti hidup atau kehidupan. Kepercayaan ini sebenarnya adalah tradisi asli yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut, upacara adat dan kegiatan kesenian.

Obyek Wisata Palangkaraya Ibukotanya Kalimantan Tengah

Pesona Wisata Museum Balanga
Pesona Wisata Museum Balanga

Kota yang dilalui Sungai Kahayan ini merupakan ibukota Kalimantan Tengah. Pada masa Orde Lama, Palangkaraya pernah diusulkan Presiden Soekarno sebagai ibukota Kalimantan. Saat ini, Palangkaraya merupakan kota modern yang cukup bersih dikelilingi oleh kawasan hutan yang cukup luas dan kawasan pemukiman transmigrasi. Pesona Wisata.

Palangkaraya menjadi kota persinggahan bagi wisatawan sebelum menuju ke tempat lain, khususnya mereka yang berminat mengeksplorasi pedalaman Kalimantan.

Kegiatan wisata bisa dimulai dari Museum Balanga di Jl Cilik Riwut, Km 2.5. Memperagakan berbagai benda terkait dengan kebudayaan masyarakat Dayak Ngaju termasuk upacara adat untuk menyambut kelahiran, perkwinan dan upacara kematian. Di Jl Panjaitan terdapat pusat kesenian Mandala Wisata dengan model bangunan seperti rumah tradisional Dayak yaitu rumah panjang. Pada malamharu wisatawan dapat berjalan-jalan ke pasar malam di sudut Jl Rawa dan Jl Halmahera.

Pesona Wisata Bukit Tangkiling
Pesona Wisata Bukit Tangkiling

Pesona Wisata. Objek wisata di Kota Palangkaraya yang dianggap berpotensi untuk dipasarkan yaitu diantaranya kawasan wisata Tangkiling berupa : Taman Wisata Tangkiling, Batu Banama, dan Kawasan Wisata Nyaru Menteng, Museum Balanga, Sandung NGabe Sukah, Danau Kereng Bangkirai, Taman Pantai Sabaru.

Objek wisata Danau Tahai t6erletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar 29 Km dari pusat Kota Palangkaraya. Untuk mencapai ke lokasi sangat mudah hanya memakan waktu 30 menit baik dengan menggunakan kendaraan Roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan aspal yang cukup bagus.

Wisata Andalan Batu Banama

Pesona Wisata Batu Banama
Pesona Wisata Batu Banama

Batu Banama menjadi objek wisata andalan karena selain menawarkan panorama alam yang indah juga bisa dikategorikan sebagai wisata budaya, karena pada lokasi areal wisata ini terdapat situs Kaharingan,

Pura Agung Sali Paseban/Satya Dharma. Pesona Wisata. Legenda mengenai cerita terjadinya batu banama itu sendiri yang bila dilihat dari samping bentuknya mirip seperti buah bahtera yang terdampar.

Danau Tahai terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar29 Km dari pusat Kota Palangkaraya.

Untuk mencapau ke lokasi sangat mudah, yaitu hanya memakan waktu 30 menit baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan aspal yang cukup bagus. Pesona Wisata.

Keindahan Kotawaringin Barat

Pesona Wisata Pantai Kubu
Pesona Wisata Pantai Kubu

Pesona Wisata. Kabupaten Kotawaringin Barat dengan ibu kota Pangkalanbun adalah Daerah Otonom dan Kabupaten ini mempunyai hampir semua keindahan tanah tropis.

Terdapat banyak tempat keindahan alam yang natural antara lain juga menjadi tempat tinggal orang utan, kera besar Asia yang tinggal di hutan perawan bersama-sama dengan berbagai flora dan fauna lainnya dan membentuk ekosistem hutan hujan tropis sejati.

Batu Kecubung dan beberapa jenis batu berharga lainnya hanya dapat ditemukan di wilayah ini. Bebatuan ini menjadi bahan industry kerajinan di Pulau Jawa dengan harga yang tinggi. Kecubung yang berwarna ungu harganya biasanya mahal. Pesona Wisata.

Pantai Kubu merupakan pantai yang amat indah yang berdekatan dengan Teluk Kumai, teluk ini berdasarkan studi Japan International Cooperation Agency (JICA) Tahun 1999, merupakan kawasan pembangunan pelabuhan samudera yang amat ideal di Kalimantan.

Orang utan ditemukan paling dominan di Kalimantan dan Bagian Utara Sumatera. Orang utan mempunyai kedekatan dengan bangsa manusia primitive berdasarkan bentuk tubuh dan pola tingkahnya. Pesona Wisata. Taman Nasional Tanjung Puting di Kabupaten Kowararingin Barat menjadi habitat asli orang-hutan yang menjadi perhatian dan penanganan internasional.

Berpetualang di Muara Teweh

Pesona Wisata Muara Teweh
Pesona Wisata Muara Teweh

Bagi yang menyukai wisata petualangan dapat mengunjungi Muara Teweh yang cocok bagi wisatawan dengan stamina kuat dan menyukai jenis wisata petualangan karena Muara Teweh merupakan titik awal sebelum memulai perjalanan menyusuri hutan dan pegunungan Kalimantan Tengah.

Muara Teweh termasuk wilayah pedalaman yang berada di Hulu Sungai Barito dan merupakan salah satu kawasan penebangan hutan (loging). Pesona Wisata.

Muara Teweh adalah tempat perberhentian terakhir bagi perahu motor di Sungai Barito, perjalanan lebih jauh ke hulu hingga ke Purukcahu hanya dapat dilakukan jika kondisi air sungai memungkinkan sehingga masih dapat dilalui perahu motor.

Dari Purukcahu perjalanan dapat dilanjutkan lebih jauh ke utara dengan menggunakan perahu motor dan dengan ditemani pemandu setempat wisatawan dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki (treking) menyusuri hutan dan pegunungan Kalimantan. Di dekat Gunung Pacungapung, di perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, terdapat tonggak yang menjadi symbol geografis bahwa tempat tersebut adalah titik pusat (central) Pulau Kalimantan. Pesona Wisata.

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Beautifull Indonesia, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Wisata Alam, Kotawaringin Barat, Gunung Pacungapung, Treking

About PesonaWisata

Check Also

Indonesia Beautiful Masjid Raya Darussalam Samarinda

Samarinda Pesona Indonesia Beautiful

Samarinda Pesona Indonesia Beautiful Indonesia Beautiful. Samarinda merupakan pusat indrusti perkayuan di Kalimantan Timur dan juga kota ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *