Wednesday , September 20 2017
Home / Wisata Lombok / Pesona Kupang / Objek Wisata Alam Kupang yang Menarik

Objek Wisata Alam Kupang yang Menarik

Objek Wisata Alam Kupang yang Menarik

Wisata Alam Kupang Gua burung layang-layang di Bolok Kecamatan Kupang Barat. Berjarak 18 Km dari kota Kupang. Gua ini dengan spesifikasi daya tarik adalah burung laying-layang dan sarangnya. Dapat dijangkau dengan transportasi uum dan pribadi.

Wisata Alam Kupang Air Terjun Tesbatan
Wisata Alam Kupang Air Terjun Tesbatan

Benteng Pahlawan Sonbai III di Kauniki Kecamatan Takari juga merupakan gu apertahanan perang dengan hutan lindung. Hutan wisata, penangkaran rusa dan gua alam terdapat di Camplong Kecamatan Fatuleu. Hutan wisata sering digunakan untuk kegiatan berkemah. Wisata Alam Kupang Menelusuri hutan terdapat beberapa jenis pohon yang berumur ratusan tahun dan sejumlah burung/satwa liar. Di hutan ini pula tempat penangkaran rusa timor dan disekitar kolam renang terdapat gua yang dikelilingi dengan pohon-pohon besar beumur ratusan tahun.

Air terjun Tesbatan di Kecamatan Amarasi mempunyai lima tingkat serta berhawa dingin. Disamping tempat rekreasi, daerah ini juga penghasil sayur-sayuran untuk kebutuhan Kota Kupang. Wisata Alam Kupang Air terjun lainnya terdapat di Kecamatan Kupang Barat yaitu Air Teerjun Oenesu yang memiki 4 tingkat. Pulau Manifon seluas 2.449,50 ha di enoraen kecamatan Amarasi yang berjarak 65 km dari kota Kupang mempunyai spesifikasi daya tarik sebagai daerah perlindungan satwa seperti buaya, penyu sisik, rusa dan burung. Pantainya memilki panorama alam dan pasir putih.

Danau Nefona seluas & ha di Silu Kecamatan Fatuleu

Wisata Alam Kupang Danau Nefona
Wisata Alam Kupang Danau Nefona

Untuk wisata alam, banyak kegiatan yang dapat dilakukan antara lain adalah berwisata ke Gunung Timau, di Timau Kecamatan amfoang Utara. Berjarak 165 Km dari kota Kupang. Wisata Alam Kupang Daya tarik utamanya adalah panorama alam dan kegiatan hiking atau mendaki gunung. Berwisata ke gunung juga bisa menjadi pilihan, seperti ke Danau Nefona seluas & ha di Silu Kecamatan Fatuleu. Berjarak 80 Km dari kota Kupang, dapat dicapai dengan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Danau ini memiliki panorama alam yang indh. Begitu pula halnya dengan danau Tuadale seluas 10 ha.

Di Silu kecamatan Kupang barat berjarak atau sekitar 25 km dari Kota Kupang. Kegiatan rekreasi, mancing dan hutan bakau. Di Daiekeo Kecamatan sabu Barat juga memiliki panorama yang asli dan indah. Disini wisatawan sering menikmati keindahan hutan bakau dengan berlayar memakai perahu kecil dan membeli ikan segar dari penduduk setempat. Wisata Alam Kupang juga memilki sejumlah sumber mata air seperti di pemandian Air Panas Oh’aem di Kecamatan Amfoang Selatan jaraknya sekitar 18 km dari ibukota Kupang dan memiliki sumber air panas belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit dengan panorama alam yang indah.

keanekaragaman hayati yang unik

Di Lokomaimada, kecamatan Sabu Timur juga teerdapat sumber mata air dan menjadi tempat pemandian. Hal yang sama juga dapat dilakukan di Eimade be’ibu di Kecamatan sabu Barat yang memiliki sumber mata airdan tempat rekreasi untuk berenang. Wisata Alam Kupang Sedangkan di kecamatan sabu Timur juga ada tempat pemandian yaiutu di Lokowadu Wae yang mudah dijangkau dengan transportasi umum maupun pribadi. Cagar Alam Murtis juga menjadi potensi wisata Kupang yang memiliki luas keseluruhan 12.000 ha.

Wisata Alam Kupang Pemandangan di Puncak Sabana Mutis
Wisata Alam Kupang Pemandangan di Puncak Sabana Mutis

Berdasarkan wilayah kabupaten, kawasan masuk dalam Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Timur Tengah Utara. Sebagai salah satu pusat keanekaragaman hayati yang khas di propinsi NTT, lokasinya berada diatas ketinggian 1500-2500 diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 12-19 derajat merupakan daerah terdingin diantara daerah panas di Pulau Timor. Wisata Alam Kupang Menurut cerita masyarakat, puncak Mutis yang tingginya 2450 diatas permukaan laut merpakan pertama turunyya raja di Pulau Timor dan Timur Timor sehingga kawasan ini sangat diagungkan.

Kekhasan lainnya adalah keanekaragaman hayati yang unik berupa tegakan homogeny ampupu (eucalyptus urophylla) dan beberapa fauna khas endemic yang dilindungi. Wisata Alam Kupang Soe yang terletak di timur laut Kupang merupakan kawasan yang berada pada ketinggian 800m dari permukaan laut. Pada malam hari udara di Soecukup dingin namun panas pada siang hari. Perjalanan darat dari Kupang ke soe akan melalui kawasan perbukitan yang indah dan menyenangkan.

Soe merupakan kota yang cukup berkembang dimana penduduknya tinggal di rumah-rumah modern namun masyarakat disekitar kota ini masih banyak yang tinggal di rumah tradisional yang disebut Lopo atau Ume kebubu dengan atapnya berbentuk sarang lebah, tidak memiliki jendela dengan pintu masuk yang rendah kurang dari satu meter. Karena tidak memiliki jendela maka asap dari dapur terkadang memenuhi ruangan rumah. Wisata Alam Kupang Wilayah di sekitar Soe memilki sejumlah lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Informasi wisata dapat diperoleh dari Pusat Informasi Wisata di JL Diponegoro. Tempat ini juga menyediakan pemandu yang akan menemani wisatawan yang berminat mengeksplorasi wilayah di sekitar Soe.

Ume kebubu Wisata Alam Kupang
Ume kebubu Wisata Alam Kupang

Wilayah sekitar Soe memiliki beberapa lokasi menarik untuk dikunjungi antara lain oinlasi yang berda sekitar 51 Km dari Soe. Wisata Alam Kupang Daya tarik Oinlasi adalah pasar tradisional yang besar yang digelar setiap hari selasa. Pasar di tempat ini adalah yang terbesar dan terbaik di Timor Barat. penduduk yang berasal dari berbagai desa di wilayah ini berdatangan ke pasar ini dengan mengenakan pakaian khas tradisional mereka. Di tempat ini pedagang menjual antara lain kain tenun ikat, berbagai ukiran, topeng dll. Trsedia angkutan umum bus langsung dari Kupang (empat jam)

Boti terletak sekitar 12 km dari Oinlasi pada suatu lembah pegunungan yang agak terisolir. Perjalanan ke tempat ini harus melalui jalan yang berliku-liku naik turun perbukitan. Boti merupakan salah satu desa yang tersisa di Timor Barat dimana masyarakatnya masih teguh menjalankan tradisi adat mereka. Karenanya tempat ini sangat menarik bagi wisatawan mancanegara untuk  berkunjung. Wisata Alam Kupang Warga desa Boti yang berjumlah sekitar 220 orang itu dipimpin oleh seorang pemimpin atau raja yang berusia lebih dari 80 tahun dan hanya dapat berbicara dalam bahasa setempat. Masyarakat Boti tidak menerima pengaruh agama manapun dan mereka taat menjalankan aturan adat mereka. Penduduk disini hanya mengenakan pakaian yang ditenun dari kapas yang mereka tanam sendiri.

Kefamenanu atau Kefa yang berda di timur laut pada jarak sekitar 217 Km dari Kupang adalah kota yang tenang dengan udaranya yang dingin. Dari tempat ini pengunjung dapat berjalan kaki menelusuri kawasan perbukitan yang indah di sekitar kota. Kota ini memiliki suasana Katholik yang kuat karena memiliki sejumlah gereja dengan bentuk bangunan yang mengesankan. Kefa merupakan kota dengan wilayah yang tersebar. Lokasi Pasar lama berada beberapa kilometer di utara terminal bis yang juga merupakan pusat kota Kefa. Kantor Dinas Pariwisata terletak I JL Sudirman di depan sebuah lapangan.Wisata Alam Kupang

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Kupang, Wisata Kupang, Wisata Alam kupang.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Taman Nasional Manupeu

Pesona Wisata Alam Sumba Keindahan Alam yang Mempesona

Pesona Wisata Alam Sumba Keindahan Alam yang Mempesona Pesona wisata Potensi wisata alam lainya adalah ...

2 comments

  1. Air Terjun Tesbatan menyajikan pemandangan yang bikin para wisatawan terkesima dengan keindahannya. jadi gak sabar pengen kesana nih min. btw thanks buat infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *