Objek Pesona Wisata Ilmiah Penangkaran Rusa Kaltim

Penangkaran Rusa Kaltim

Objek Pesona Wisata Ilmiah Penangkaran Rusa Kaltim

Penangkaran Rusa di Kalimantan Timur
Penangkaran Rusa di Kalimantan Timur

Pesona Wisata. Penangkaran Rusa terletak di Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, sesuai SK Gubernur Kaltim No 14/BPN-16/UM-05/III-1990 dicadangkan lahan seluas 1.000 hektar untuk are penangkaran, namun hingga saat ini baru dimanfaatkan dan sudah dipagar seluas 50 Ha. Didirikan tahun 1996 tahun lalu. Lokasinya disisi ruas jalan Tanah Grogot Penajam ( kurang lebih 103 km dari Tanah lokasinya disisi ruas jalan Tanah Grogot Penajam ( kurang lebih 103 km dari Tanah Grogot). Di samping sebagai tempat obyek wisata, tempat ini juga digunakan sebagai tempat untu mengembangbiakan dan pelestarian berbagai jenis rusa.

Penangkaran ini menjadi obyek wisata ilmiah karena rusa memiliki kadar lemak rendah dan banyak manfaatnya untuk kesehatan dan digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional Cina mulai dari tanduk ,testis hingga ekornya yang berpotensi untuk pasar lokal maupun ekspor. Perkebunan Sawit letaknya sekitar 120 km dari Tanah Grogot dengan panorama alam dan hamparan kebun kelapa sawit yang luas dan tersusun rapi.

Perkebunan Kelapa Sawit Kaltim
Perkebunan Kelapa Sawit Kaltim

Wisata Agro di Perkebunan Kelapa Sawit Kaltim

Udara yang segar membuat perkebunan ini menjadi tujuan wisata agro yang menarik. Pabrik minyak kelapa sawit juga terdapat di Desa Semuntai sekitar 53 km dari Tanah Grogot. Di desa Sungai Iman, sekitar 76 km dari Tanah Grogot terdapat telaga air panas yang dapat di capai dengan kendaraan roda dua atau roda empat dilanjutkan dengan berjalan kaki. Ada juga Goa Jurong, sekitar 75 km dari Tanah Grogot. Daya tariknya adalah ada 13 goa yang saling bersambung dan didalamnya terdapat sekitar stalaktit yang indah.

Wisata Goa Tengkorak di Kabupaten Penajam

Wisata Goa Tengkorak
Wisata Goa Tengkorak

Di Kabupaten Penajam ini sejumlah objek pesona wisata alam lainnya tersebar di berbagai kecamatan. Goa Tengkorak misalnya terdapat di desa Jemparing sekitar 75 km dari Tanah Grogot. Di dalam Goa terdapat peninggalan pra sejarah. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan dilanjutkan dengan jalan kaki. Goa Tengkorak juga di temukann di desa Kasungai sekitar 55 km dari Tanah Grogot dengan daya tarik adanya 73 tengkorak manusia di dlaamnya yang berasal dari jaman Karahiangan dan juga merupakan situs peninggalan sejarah. Goa lainnya disebut Goa Loyang yang memiliki serambi gua yang lebar dihiasi stalagtit dan stalagmite yang indah. Dipuncak Goa ini dapat dilihat kegiatan eksplorasi tambang batu bara oleh PT. Kideco.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banjarmasin Kampung Sasirangan

Pesona Wisata Air Terjun Tiwesi

Pesona Wisata Air Terjun Tiwei
Pesona Wisata Air Terjun Tiwei

Air terjun Tiwesi di Desa Tiwei dengan panorama alam yang indah dan lokasinya sekitar 75 km dari Tanah Grogot. Air terjun lainnya adalah Batu Badinding di Desa Rangan Barat. Panoramanya juga indah dan alami. Obyek yang sama terletak di desa Modang yaitu Air Terjun Doyan di Desa Modang, sekitar 53 km dari Tanah Grogot. Sedangkan Riam Ingko di Desa Prayon dikenal dengan daya tarik arung jeramnya yang sangat menarik untuk mereka yang berjiwa petualangan.

Pasir Mayang merupakan desa dengan ciri khas perkampungan nelayan. Letaknya sekitar 45 km dari Tanah Grogot yang bisa dicapai dengan berbagai sarana transportasi. Lebih jauh lagi, sekitar 50 km dari Tanah Grogot terdapat Liang Mangkulangit, obyek wisata di Desa Muara Kuaro berupa aliran anak sungai dibawah liang mangkulangit. Disepanjang perjalanan menuju obyek ini dapat disaksikan monyet dan pohonan buah hutan serta suasana alam yang asli dan sejuk. Untuk mencapainya dapat ditempuh selama 45 menit dari Ibukota kecamataan dengan menggunakan perahu motor menyusuri anak aliran anak sungai.

Secara geografis Bulungan terletak berbatas di sebelah utara dengan Kabupaten Nunukan, sebelah Timur dengan Laut Sulawesi dan Kota Tarakan, sebelah selatan dengan Kabupaten Berau dan sebelah barat dengan Kabupaten Malinau. Kondisi kabupaten Bulungan memiliki beberapa pulau yanag dialiri puluhan sungai besar dan kecil serta topografi yang berbukit- bukit, gunung- gunung dengan tebing terjal dan kemiringan yang tajam. Dalam hal kekayaan pulau, kabupaten ini memiliki pulau yang terluas yaitu pulau Mandul di kecamatan Bunyu ( 31.575 Ha) dan sungai terpanjang Sungai Kayan ( 576 Km), sedangkan gunung tertinggi adalah gunung Kudas yang terletak di Kecamatan Peso dengan ketinggian 1.670m.

BACA JUGA :  Panorama Pesona Wisata Pantai Tanah Kuning Kaltim

Lokasi Wisata Istana Kerajaan Bulungan

Kabupaten Bulungan juga memiliki obyek wisata, baik wisata alam maupun wisata budaya yang sangat beraneka ragam, obyek wisata yang menjadi andalan adalah bekas istana Kerajaan Bulungan, terletak di tepi sungai Kayan di Tanjung Palas. Istana kerajaan Bulungan pada tahun 1965 sempat hancur. Namun sekarang telah dibangun duplikat istana tersebut. Dibelakang istana terdapat Masjid tua dan kuburan Datuk Djalaludin beserta keluarganya.

Untuk Obyek pantai ada pantai Tanah Kuning dan taman laut Karang Tigan, obyek wisata pantai kuning ini sangat terkenal sekali karena lokasinya berdekatan dengan Taman Laut Karang Tigan yang terhampar di dalam laut yang sangat luas. Pantai ini berpasir putih bersih dengan gelombang laut yang besar dan air yang bersih serta memiliki keaneka ragaman ikan laut yang berwarna warni.

Pesona Wisata Kaltim, Wisata Kaltim, Tempat Wisata di Kaltim, Penangkaran Rusa Kaltim, Kabupaten Bulungan, Laut Karang Tigan, Istana Kerajaan Bulungan, Pantai Tanah Kuning, Kuburan Datuk Djalaludin, Tanjung Palas.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.