Museum Bank Indonesia, Gedung Antik, Koleksi Kuno, Fasilitas Modern

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953. Disini kita bisa melihat aneka jenis uang Indonesia dari jaman Belanda, masa perang hingga sekarang.

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) Sebagai Bank Sentra

Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral merupakan lembaga yang sangat vital dalam kehidupan perekonomian nasional. Telah lebih dari setengah abad BI melayani kepentingan bangsa, namun masih banyak masyarakat yang tidak mengenal BI. Dan Museum Bank Indonesia mengambil perannya dalam mengenalkan peran dan sejarah BI dalam kehidupan perekonomian nasional. Museum BI terdapat di dalam bangunan tua peninggalan De Javasche Bank yang merupakan cikal bakal BI. Gedung Museum BI terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat.

Museum Bank Indonesia Jakarta Kota
Museum Bank Indonesia Jakarta

Museum Bank Indonesia Menyimpan Sejarah Numistik

Dari Stasiun Jakartakota, anda dapat menmpuhnya dengan berjalan kaki beberapa ratus meter saja. Awalnya, gedung yang dibangun pada 24 Januari 1828 ini digunakan sebagai rumah sakit. (Binnen Hospitaal). Tapi tidak lama, karena pada 8 April 1828, DJB mulai menempati bangunan 2 lantai ini. Setelah 10 tahun menempat bangunan tersebut, DJB kemudian merenovasinya pada tahun 1910, dan direnovasi kembali pada tahun 1935. Peresmian gedung yang ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya ini sebagai Museum BI dilakukan melalui 2 tahap.

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Peresmian tahap 1 dan mulai dibuka untuk masyarakat umum (soft opening) dilakukan pada tanggal 15 Desember 2006 oleh Gubernur BI saat itu, Burhanuddin Abdullah. Sedangkan persemian tahap 2 (grand opening) dilakukan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 Juli 2009.

Berbeda dengan museum lain, penyajian informasi perbankan yang bisa membuat orang berkerut ini dikemas sedemikian menariknya dengan paduan teknologi modern. Misalnya saja di ruang peralihan, di mana ada serangkaian mata uang melayang yang ditembakkan dari proyektor. Jika pengunjung menangkap salah satu mata uangnya, otomatis akan muncul informasi dari mata uang tersebut. Di ruang teater, pengunjung dapat menonton film sejarah Bank Indonesia dari sebuah tv plasma lebar.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bandung
Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Di Ruang Numistik, ruangan dibagi dalam 9 kelompok. Untuk memudahkan, uang juga ditampilkan perperiode, di samping ada koleksi uang perkebunan, uang kerajaan serta beberapa jenis uang unik. Tumpukan emas yang dipamerkan di Ruang Emas Moneter memberikan gambaran peran emas dalam sejarah perkembangan sistem moneter dari waktu ke waktu. Selain itu, beberapa diorama juga memudahkan penyampaian informasi kepada para pengunjung.

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Museum yang pernah menjadi kantor BI ini dapat anda kunjungi setiap hari, kecuali Senin dan hari libur nasional. Untuk lebih mengenalkan apa yang dipamerkan, museum tanpa pengenaan tiket masuk alias gratis ini juga memiliki beberapa program yang dapat diikuti. Di antaranya adalah Jelajah Museum yang akan mengajak pengunjungnya menyusuri bangunan antik ini sambil diberi penjelasan mengenai fungsi dan peran BI. Untuk mengikuti program ini, masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Forum Diskusi juga rutin digelar pengelola museum. Dalam program ini, pengunjung dapat bertukar pikiran seputar kebijakan terkini BI. Program ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum.

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Museum Lain Di Kawasan Kota Tua Jakarta Selain Museum Bank Indonesia

Museum Wayang

Museum-wayang-Jakarta Kota
Museum-wayang-Jakarta Kota

 

Ragam rupa boneka wayang (dari bahan kayu, kulit, dll) Indonesia dan mancanegara bisa disaksikan di museum yang berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No.27, Jakarta Barat. Buka tiap hari, kecuali Senin, pukul 09.00 – 17.00. WIB. Tiket Rp2.000.

Sejak tahun lalu, tiap hari Minggu, pukul 10.00 – 12.00, dipertunjukkan seni wayang dari berbagai daerah. Gratis.

 

Museum Bahari

Museum-Bahari-Jakarta Kota
Museum-Bahari-Jakarta Kota

 

 

Bentuk-bentuk perahu tradisional Indonesia bisa disaksikan di lokasi yang bertempat di Jl. Pasar Ikan No.1 Jakarta Utara ini. Juga catatan awal dari sejarah dunia maritim Indonesia.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jakarta

Buka tiap hari, kecuali Senin, 09.00 – 17.00 WIB. Tiket masuknya hanya Rp. 2.000.

 

Museum Fatahillah

Museum-Fatahillah-Jakarta Kota
Museum-Fatahillah-Jakarta Kota

 

Terletak Jl. Fatahillah 1 Jakarta Barat, museum ini akan mengajak anda mengenali bagaimana tentara Kompeni menyiksa tahanan tempo doeloe.

Ruangruang tahanan itu bisa Anda berdua saksikan di sini. Juga Si Jagur, meriam tua asal Portugis. Buka tiap hari, kecuali Senin, pukul 09.00 – 17.00, dengan tiket masuk hanya Rp. 500/orang.

 

 

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta Kota
Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta Kota

Ingin tahu karya-karya masa lalu dari khasanah seni rupa (lukisan, patung) dan keramik Indonesia? Museum yang terletak di sebelah timur Museum Fatahillah ini juga menampilkan karya seniman Indonesia modern.

Terletak di Jl. Pos Kota No.2 Jakarta barat, buka setiap hari kecuali Senin, pukul 09.00 – 15.00. Tiket masuknya hanya Rp2.000/orang.

 

Museum Bank Mandiri

Museum-Bank-Mandiri-Jakarta Kota
Museum-Bank-Mandiri-Jakarta Kota

Museum ini memiliki berbagai koleksi yang berkaitan dengan perbankan mulai dari brankas bank, slip deposito dari zaman ke zaman, mesin tik kuno, sepeda ontel, dan lain-lain. Letaknya di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat, atau tepat di depan Stasiun Jakarta Kota. Masuk museum ini gratis untuk pelajar, mahasiswa, dan nasabah Bank Mandiri, sedangkan untuk pengunjung umum dikenakan biaya Rp 2.000,00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.