Misteri Si Cantik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Wisata Pesona Tangkuban Perahu

Misteri Si Cantik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Tempat Wisata. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 kilometer di sebelah utara kota Bandung. Secara administratif kawasan Gunung Tangkuban Perahu sebelah selatan berada di bawah wilayah Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sebelah Utara kecamatan Sagalaherang, dan sebelah timur laut kecamatan Jalancagak kabupaten Subang.

Pesona Wisata Tangkuban Perahu
Pesona Wisata Tangkuban Perahu

Puncak gunung tertinggi di kawasan Tangkuban Perahu berada pada ketinggian 2.084 meter di atas permukaan air laut. Kawasan ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Menurut cerita rakyat setempat nama Tangkuban Perahu berkaitan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Tempat Wisata Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat, salah satunya Sangkuriang harus membuat perahu dalam semalam. Saat menyadari usahanya untuk memenuhi syarat itu gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Pesona Wisata Pesona Tangkuban Perahu
Pesona Wisata Pesona Tangkuban Perahu

Tempat Wisata, Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa. Gunung ini termasuk dalam kategori jenis Strato dengan kawah ganda. Berdasarkan data yang ada sejak abad ke XIX, gunung api ini tidak pernah menunjukkan erupsi magmatik besar selain hanya berupa erupsi kecil yang melontarkan abu tanpa diikuti oleh leleran lava, awan panas ataupun lontaran batu pijar. Selama ini belum pernah ada catatan mengenai adanya banjir lahar yang menyertai letusannya. Letusan Gunung Tangkuban Perahu dapat digolongkan sebagai letusan kecil. Material vulkanik yang dilontarkan umumnya abu yang sebarannya terbatas di sekitar daerah puncak hingga beberapa kilometer. Semburan lumpur panas tercatat hanya terbatas di daerah sekitar kawah.

Letusan besar Gunung Tangkuban Perahu terakhir terjadi pada tahun 1910. Saat itu kolom asap membubung setinggi 2 km di atas dinding kawah, erupsi berasal dari kawah Ratu. Tempat Wisata Banyaknya letusan yang terjadi selama kurun waktu 1.5 abad terakhir menyebabkan banyaknya kawah di kawasan ini. Tangkuban Perahu memiliki 9 kawah yang masih aktif hingga sekarang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Semarang

Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Jarian dan Pangguyangan Badak. Di antara kawah-kawah tersebut, Kawah Ratu merupakan kawah yang terbesar, dikuti dengan Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan Kawah Ratu. Beberapa kawah mengeluarkan bau asap belerang, bahkan ada kawah yang dilarang untuk dituruni, karena kepulan asapnya mengandung racun.

Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu kawah Ratu
Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di kawasan Tangkuban Perahu. Tempat Wisata  Kawah kedua terbesar adalah Kawah Upas yang terletak bersebelahan dengan Kawah Ratu, kawah ini bisa dicapai dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit, berjarak sekitar +/- 1,5 kilometer dari pos pengamatan, dengan mengitari tepian bibir Kawah Ratu secara berlawanan arah jarum jam.

Kawah lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Kawah Domas yang berada sekitar 1,2 kilometer di sebelah timur Kawah Ratu. Kawah ini dapat dicapai melalui jalur jalan setapak menurun melewati hutan dengan pepohonan yang rindang, beberapa bagian terdapat jalan yang curam. Tempat Wisata  Berbeda dengan Kawah Ratu yang menawarkan pemandangan spektakuler berupa kawah luas, di Kawah Domas tampak terlihat hamparan bebatuan dan tebing putih kekuningan dengan celah-celah berongga yang mengeluarkan asap belerang.

Pesona Wisata kawah Domas
Pesona Wisata kawah Domas

Di lokasi ini pengunjung juga dapat menjumpai beberapa sumber air panas mendidih dengan aroma asap belerang. Pada sumber air panas tertentu digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menyembuhkan penyakit kulit dan di sumber air panas lainnya digunakan untuk merebus telur. Tempat Wisata Dari Kawah Domas pengunjung dapat berjalan kembali mendaki menuju pelataran parkir Kawah Ratu atau dapat meniti jalan setapak mendatar menuju pelataran parkir bawah.

BACA JUGA :  Pasar Terapung, Pesona Wisata Banjarmasin

Menuju Tangkuban Perahu, Misteri Gunung Tangkuban Perahu

Kawasan Gunung Tangkuban Perahu dapat dicapai dari kota Bandung menuju arah Utara melewati terminal bus/ angkot Ledeng, Kota Lembang dan kemudian menuju pintu gerbang atau loket masuk. Jalur lain melalui Kota Subang melalui tempat rekreasi dan perkebunan teh Ciater.

Pesona Wisata Alam
Pesona Wisata Alam

Bagi pengunjung yang suka berjalan kaki ataupun mungkin bersepeda terdapat jalan pintas melalui jalur setapak diantaranya melalui Desa Jayagiri, Lembang. Bila memilih jalur ini jangan lupa untuk singgah ke taman Cagar Alam Junghuhn. Tempat Wisata Di lokasi ini terdapat monument dan makam botanikus dan geolog Franz Wilhelm Junghuhn, yang dahulu terkenal sebagai penjelajah gunung-gunung di Jawa dan perintis pembudidayaan perkebunan tanaman kina di kawasan priangan Jawa Barat. Menjelang perang dunia ke-2, produksi dunia kina (de Cinchona Calisaya), sebagai bahan baku obat penyakit malaria, terbesar, sekitar 91% berasal dari Nederlands-Indie (Indonesia).

Pengunjung dengan angkutan umum dapat naik bis jurusan Bandung-Subang hingga ke pertigaan jalan menuju Tangkuban Perahu. Atau naik minibus jurusan Lembang-Tangkuban Perahu.Tempat Wisata

Akomodasi

Peta Akses Menuju Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Peta Akses Menuju Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Tidak terdapat hotel atau tempat menginap didalam kompleks Tempat wisata gunung Tangkuban Perahu . tapi anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dan hotel yang tidak jauh dari lokasi Tangkuban Perahu . Anda bisa mencari penginapan di daerah Lembang yang terletak dekat dengan lokasi. Jangan khawatir jika merasa lapar atau haus, banyak pedagang dan kantin tempat istirahat yang menyediakan makanan dan minuman.

Kelengkapan lain seperti Masjid dan kamar kecil tersedia cukup banyak dan bersih . Sarana parkir juga tersedia cukup luas. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa langsung parkir di dekat kawah tangkuban perahu sehingga tidak perlu berjalan jauh untuk menuju Tempat wisata lokasi.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya

Rutel Perjalanan Dengan Kendaraan

Rute jalan untuk dapat sampai di kawasan Tempat wisata Gunung Tangkuban perahu dapat melewati pintu tol Pasteur, lali dilanjutkan menuju ke Jl. Dr. Djunjunan – lanjut lagi dengan berjalan ke Pasirkaliki – kemudian melewati Sukajadi – Setiabudi – Lembang lalu Anda akan sampai ke lokasi Wisata Gunung Tangkuban parahu (Gerbang bagian Atas).

Pengunjung di Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu
Pengunjung di Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Bila Anda keluar dari pintu tol Padalarang (lewat Cipularang), bisa mengambil arah menuju ke Cimahi kemudian belok ke arah kiri dan melalui Jl. Kolonel Masturi, lalu teruskan saja mengikuti jalan Kolonel Masturi sampai pada ujungnya (melalui kawasan kecamatan Tempat wisata Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), kemudian pada waktu Anda sudah bertemu dengan pertigaan Jl. Raya Lembang, lanjutkan dengan memilih jalan belok kiri dan terus saja mengikuti jalan dan melewati markas Brimob dll.

Pada waktu Anda sudah melewati plang Tahu Tauhid yang berada di sebelah kiri maka sekitar 200 meter lagi Anda akan sampai di Gerbang akses menuju ke wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu (berada di kiri jalan). Alamat Lengkap Gunung Tangkuban Perahu adalah Gunung Tangkuban Parahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.Tempat wisata

=> Baca Artikel Menarik Lainnya <=

1. Pesona Wisata Bandung Taman Bunga Cihideung

2. Wisata Alam Maribaya

3. Kawah Putih Tempat Wisata Bandung

4. Wisata di Jalan Legendaris, Jalan Braga Bandung

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Bandung, Pesona Wisata Jawa Barat, Pesona Wisata, Wisata Indonesia, Pesona Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu, Pariwisata, Pesona Wisata Kawah, Jasa Pariwisata, Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata, Tempat Wisata di Bandung.

 

Similar Posts:

    None Found

3 thoughts on “Misteri Si Cantik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

  1. I see your website needs some unique articles.

    Writing manually is time consuming, there is tool for this task.
    Just search in gogle for; marihhus content tool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.