Menikmati Hawa Sejuk Pegunungan di Pesona Wisata Kota Bajawa

Pesona Wisata Kota Bajawa

Menikmati Hawa Sejuk Pegunungan di Pesona Wisata Kota Bajawa

Pesona Wisata Kota Bajawa
Pesona Wisata Kota Bajawa

Pesona wisata Bajawa adalah kota kecil yang bersih dengan hawa pegunungan yang sejuk. Di tempat ini tersedia fasilitas akomodasi dan restaurant yang cukup lengkap. Pesona wisata Bajawa dikenal sebagai salah satu kota wisata yang popular dimana wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam dan tradisi masyarakat yang ada disekitar kota ini.

Kantor wisata Bajawa terdapat di Jl. Soekarno Hatta ( Telp 21554 ) dimana wisatawan bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi wisata sekitar daerah Bajawa. Tujuan utama wisatawan datang ke Bajawa adalah untuk melihat beberapa daerah maupun desa tradisional suku Ngada yang benyak terdapat disekitar Bajawa. Kehidupan tradisional Suku Ngada selama ini sangat menarik perhatian wisatawan asing yang berkunjung ke wilayah ini.

Desa Bena di Bagian Selatan Kota Bajawa

Pesona Wisata Bajawa Mbaru gendrang
Pesona Wisata Bajawa Mbaru gendrang

Wisatawan dapat datang langsung ke desa-desa itu dengan atau tanpa pemandu. Seorang pemandu biasanya akan memberikan penjelasan mengenai adat istiadat dan kebiasaan suku Ngada. Dengan demikian masyarakat setempat bisa memberikan apresiasinya terhadap kebudayaan masyarakat setempat. Pesona wisata Bena dan Wogo merupakan dua desa suku Ngada yang dianggap paling tradisional diwilayah ini. Selain itu desa Bena memiliki pemandangan yang indah.

Desa Bena terletak 19 Km di selatan Bajawa, di kaki gunung Inere ( 2230m ). Tempat ini terdapat beberapa monument batu peninggalan masa lalu yang dilindungi. Pesona wisata rumah tradisional di desa ini memiliki atap tinggi yang terbuat dari daun ilalang. Rumah- rumah ini berjejer dua baris diatas suatu gundukan dimana diantara keduanya terdapat ngadhu dan bhaga dan sebuah bangunan berbentuk kuburan megalistik dari jaman prasejerah. Nghadu memiliki bentuk seperti paying setinggi tiga meter yang di topang oleh tiang kayu berukir, sedangkan bhaga memiliki bentuk seperti miniature rumah beratap ilalang.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pantai Waiterang
Pesona Wisata Riung Flores
Pesona Wisata Riung Flores

Wogo Sebagai Salah Satu Desa Tradisional Suku Ngada

Pesona wisata Wogo merupakan salah satu desa tradisional suku Ngada yang terbesar diwilayah ini. Rumah- rumah tradisional mengelilingi desa sementara ditengahnya terdapat delapan atau Sembilan ngadhu dan bhagha. Sekitar 1 Km dari Wogo terdapat Wogo lama dimana terdapat batu- batu besar megalit yang mencuat dari tanah dan kerap digunakan pada setiap acara adat yang penting.

Kawasan Wogo lama ini dulu pernah dihuni penduduk namun sekarang sudah ditinggalkan. Penduduk Wogo Lama pindah ke tempat baru dekat jalan raya agar bisa menikmati aliran listrik. Wogo berada di sekitar 1,5 Km dari Mataloko atau 18 Km dari Bajawa, dijalan raya yang menuju Ended an dicapai dengan menumpang angkutan umum.

Pusat Pemukiman Orang Nagekeo di Sekitar KakiĀ  Gunung Ebulobo

Pesona Wisata Gunung Ebulobo
Pesona Wisata Gunung Ebulobo

Boawe terletak sekitar 41 Km dari Bajawa, di jalan raya yang menuju Ende. Wilayah yang berada di kaki gunung Ebulobo ini merupakan pusat pemukiman orang Nagekeo. Pesona wisata Boawe juga dikenal dengan pusat kerajinan tenun ikat. Pengunjung dapat mendaki gunung Ebulobo dengan ditemani pemandu yang dapat ditemui di Boawe. Gunung Ebulobo adalah gunung yang masih aktif mengeluarkan asap dari puncak kawahnya. Kegiatan pendakian di gunung ini termasuk menginap di lerengnya dan dilanjutkan dengan perjalanan ke puncak pada keesokan harinya.

Salah satu desa nelayan di daerah ini adalah Riung yaitu salah satu dari sedikit tempat di Flores yang memiliki akses ke pulau- pulau kecil yang terdapat dilepas pantai. Sebagian penduduk Riung adalah orang Bugis yang tinggal dirumah- rumah yang dibangun di atas tonggak. Pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar Riung merupakan kawasan yang dilindungi. Pesona wisata pulau- pulau ini memiliki pantai yang indah dengan pasirnya yang berwarna putih.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur

Perairan Riung Yang Sangat Cocok di Gunakan Untuk Snorkeling

Pesona wisata perairan di kawasan ini sangat bagus untuk snorkeling. Namun wisatawan harus mencarter perahu motor untuk mendatangi pulau- pulau yang tidak berpenghuni ini. Atraksi menarik lainnya adalah melihat hewan iguana raksasa yang dapat ditemui di sepanjang kawasan Pantai Riung. Iguana di tempat ini pernah dilaporkan memiliki panjang tiga meter. Dari puncak bukit Watujupi yang terletak sekitar 3 Km dari Riung wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah ke arah pulau- pulau yang terdapat disekitar Riung.

Pesona Wisata Kota Ruteng

Pesona Wisata Kota Ruteng
Pesona Wisata Kota Ruteng

Ibukota Kabupaten Manggarai ini adalah sebuah kota pasar ( market town ) yang merupakan tempat pertemuan masyarakat yang datang dari berbagai desa di wilayah perbukitan di daerah ini untuk berjual beli. Ruteng adalah kota yang dikelilingi persawahan yang membentang dilereng landai kawasan gunung vulkanis yang terdapat diwilayah ini. Sebagian besar penduduk Ruteng umumnya adalah orang Manggarai yang dikenal pemalu namun ramah tamah dengan cirri khas antara lain kain sarung hitam yang sering mereka kenakan. Bahasa Manggarai tidak dimengerti oleh suku linnya di Flores kecuali orang Manggari sendiri.

Desa Tradisional Compang Ruteng di Kota Ruteng

Sekitar 3 Km dari Ruteng terdapat sebuah desa tradisional Compang Ruteng yang cukup banyak menerima kedatangan wisatawan. Salah satu daya tarik tempat ini adalah suatu tempat yang disebut compang yaitu suatu komplek yang terdiri dari altar pemujaan arwah leluhur yang dikelilingi dinding batu dan dua rumah adatyang menghadap ke altar. Salah satu rumah adat itu dinamakan Mbaru Gendrang yang merupakan tempat pertemuan para tetua desa dan tempat dimulainya berbagai upacara adat. Rumah ini juga banyak menyimpan berbagai pusaka adat yang dianggap suci, salah satunya adalah penutup kepala berbentuk tanduk kerbau terbuat dari emas atau perak yang disebut panggal yang digunakan saat pertarungan caci.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Ende Keindahan Kelimutu
Bajawa, Kota Bajawa, Ruteng, Compang Ruteng, Mbaru Gendrang, Gunung Ebulobo, Bukit Watujupi, Riung, Kota Flores, Pesona Wisata Flores.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.