Wednesday , September 20 2017
Home / Wisata Kalimantan / Pesona Banjarmasin / Mengunjungi Wisata Kota Banjarmasin

Mengunjungi Wisata Kota Banjarmasin

Mengunjungi Wisata Kota Banjarmasin

Pesona Wisata Banjarbaru

Pesona Wisata Museum Lambung Mangkurat
Pesona Wisata Museum Lambung Mangkurat

Pesona Wisata. Kota yang terletak di tenggara Banjarmasin ini memiliki sebuah museum yang berisi benda-benda peningggalan suku Banjar dan Dayak. Patung-patung yang berasal dari Candi Hindu yang ada di Kalimantan juga terdapat di museum ini.

Juga terdapat meriam, pedang dan benda-benda lain sisa-sisa perang melawan Belanda. Koleksi musem lainnya adalah peralatan sunat tradisional Banjar seperti pisau sunat dan daun yang digunakan sebagai antibiotic.

Koleksi paling menarik dari museum ini adalah benda-benda hasil penggalian dari candi-candi Hindu seperti Candi Laras dan Candi Agung di Kalimantan Timur antara lain patung sapi Nandi dan symbol alat kelamin Dewa Sywa yang disebut lingam. Pesona Wisata. Sisa-sisa Candi Laras terdapat di desa Margasari, di dekat Rantau, sedangkan sisa-sisa Candi Agung terdapat di dekat Amuntai yang berjarak 150 Km dari Banjarmasin.

Pesona Wisata. Museum Lambung Mangkurat terletak di Banjarbaru sekitar 35 km dari Banjarmasin menyimpan berbagai barang peningggalan sejarah dan budaya serta gambaran daripada wajah Kalimantan Selatan dalam berbagai aspek kehidupan dan potensi alamnya.

Barang koleksi museum terdiri dari peninggalan kesultana Banjar, benda purbakala dari Candi Agung dan Candi Laras , perkakas dari batu, ukiran kayu ulin, perkakas pertanian dan parabot rumah tangga, alat music tradisional dan sebagainya. Pesona Wisata. Bangunan museum ini perpaduan bentuk rumah tradisional yang bergaya modern diresmikan tahun 1978.

Martapura Wisata

Pesona Wisata Batu Permata
Pesona Wisata Batu Permata

Pesona Wisata. Daya tarik kota yang terletak di dekat Banjarbaru ini adalah suasana pasar tradisional yang hanya digelar setiap hari jumat. Pasar ini ramai dikunjungi para wanita banjar dengan pakaian tradisional mereka yang berwarna-warni. Dilokasi pasar ini terdapat sebuah bangunan pasar berbentuk tradisional Banjar dengan atapnya yang berwarna biru.

Di pasar yang luas ini, wanita Banjar menjual aneka barang termasuk berbagai jenis makanan. Jika anda penggemar batu permata, pasar ini adalah tempatnya. Pesona Wisata. Pedagang batu permata menyediakan berbagai macam bentik batu seperti intan dan batu permata lainnya, baik yang sudah diasah ataupun yang masih kasar. Berbagai bentuk manik-manik juga tersedia dan juga perhiasan perak. Anda juga dapat mengunjungi pabrik pengasahan intan Kayu Tangi di Jl. Sukaramai, yang berada di belakang pasar ini.

Dijantung kota Martapura banyak ditemukan rumah-rumah temp[at penggosokan intan tradisional Kayu Tangi Martapura. Disini intan dan batu-batuan dibawa dan digosok secara tradisional dengan berbagai macam bentuk.

Selain terdapat pengosokan batu aki, tidak kalah menariknya adalah kerajinan manik-manik atau air guci yang dikerjakan secara uinik dan berkelompok-kelompok oleh para perajin di DEsa Melayu, Kecamatan Martapura. Pesona Wisata. Pasarnya sampai ke Malaysia dan Brunai Darusalam.

Pesona Wisata Danau Riau Kanan
Pesona Wisata Danau Riau Kanan

Danau Riam Kanan merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Sultan Adam yang berlokasi di DEsa Aranio, Kecamatan Aranio. Berjarak sekitar 65 Km dari Banjarmasin. Pegunungan Meratus yang indah dan hijau mengelilingi danau Riam Kanan yang luasnya 8.000 hektar.

Pulau pinus yang terletak ditengah merupakan tempat-tempat ideal untuk rekreasi keluarga sambil menikmati kedamaian alam. Pesona Wisata. Air danau yang jernih dan tenang sangatlah idea;l pula untuk bertamasya air, berenang, maupun memancing.

Tidak jauh dati kota Maratapura terdapat objek wisata budaya yaitu Desa Kelampaian Kecamatan Astambul, sebuah makam ulama besar yaitu Syeh Muhammad Arsyad Al Banjari, penyebar agama islam di Kal;imantan. Makam ini banyak dikunjungi peziarah yang datang dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Pesona Wisata.

Pasar Terapung Lok Baintan berada di Sungai Martapura. Pesona Wisata. Kegiatannuya hamper sama dengan Pasar Terapung yang ada di Tepi Sungai Barito dan yang membedakannya hanya barang-barang yang diperjual belikan disana.

Taman Hutan Pinus letaknya sekitar 35 Km dari Kota Banjarmasin. Rekreasi dibawah huta pinus yang rindang, sehingga sangat baik duduk dibawah pohon sambil menikmati hidangan yang telah disiapkan. Pesona Wisata. Taman Hutan Pinus merupakan penghijauan kota dan kebun pembinaan.

Wisata Kandangan, Kotanya Transit

Pesona Wisata Mandau
Pesona Wisata Mandau

Pesona Wiata. Kandangan merupakan kota transit bagi kendaraan dari Banjarmasin yang akan menuju ke Negara atau sebaliknya. Kota kecil ini memiliki terminal yang cukup sibuk dan sebuah bangunan pasar tua dengan bentuk arsitektur yang mengesankan peninggalan era kolonial.

Jika anda singgah di kota ini, cobalah makanan khas kandangan yang lezat yaitu ketupat yang dimakan dengan gulai ikan harawan yang diberi perasan jeruk nipis.

Negara merupakan kota kecil yang hampir selalu tergenang air karena letaknya di tepi sungai Negara (cabang Sungai Barito) dan sering meluap. Karena itu, rumah penduduk di tempat ini umumnya adalah rumah-rumah yang dibangun diatas tiang-tiang tinggi. Pesona Wisata. Pada saat musim hujan, hampir seluruh bagian kota tertutup air kecuali jalan yang sengaja dibuat tinggi, namun pada puncak musim hujan, permukaan jalan juga tertutup air sehingga Negara berubah menjadi semacam “kota air”.

Pesona wisata. Menurut catatan sejarah, negara yang terletak tidak jauh dari kandangan, merupakan ibu kota dari kerajaan pertama di Kalimantan Selatan bernama Negara Dipa sebelum dipindahkan oleh Pangeran Samudera ke Bandar Asih yang kemudian berkembang menjadi Banjarmasin saat ini. Negara juga menjadi pusat kerajinan senjata tajam seperti pedang, golok dan keris. Para pengrajin di tempat ini mampu menghasilkan berbagai jenis senjata tajam seperti Mandau dengan bentuk yang indah dilengkapi dengan sarungnya.

Pesona Wisata Gerabah
Pesona Wisata Gerabah

Mandau adalah pedang tradisional Suku Dayak yang dibuat di Desa Habirau dan Tumbukan Banyu. Pembuatannya menggunakan peralatan sederhana dan diselesaikan sekelompok pengrajin dan Mandau hanya dibuat untuk hiasan. Pesona Wisata. Tapi ada pula Mandau yang khas dibuat sendiri oleh ahlinya dan pedang ini dipercayai memilki kekuatan magis yang diisi melalui upacara ritual.

Pembuatan gerabah terletak di Desa Bayanan tidak jauh dari Pasar Negara, pengunjung bisa menyaksikan setiap langkah-langkah pembuatan dengan peralatan sederhana atau bahkan pengunjung bisa coba untuk ikut untuk membuatnya. Pengrajin biasanya membuat bermacam-macam bentuk tembikar dan yang terkenal adalah Dap[ur Negara atau Anglo. Pesona Wisata.

Kerbau Kalang menjadi daya tarik wisata tersendiri di provinsi ini. Kerbau yang diternakan masyarakat ini sehari-hari makan dirawa-rawa dan pandai berenang. Pesona Wisata. Objek wisata ini dapat ditemui disebuah danau kecil di Desa Pandak Daun.

Pesona Wisata Danau Pandak Daun
Pesona Wisata Danau Pandak Daun

Pesona Wisata. Kawasan tersebut juga merupakan tempat pemancingan tradisional, lahan terbuka dan tempat sunyi yang bisa membangkitkan inspirasi. Untuk mencapai tempat tersebut sangatlah mudah dengan menumpang Klotok hanya membutuhkan waktu kuranglebih 20 menit.

Waktu yang tepat untuk pergi kesana kira-kira jam 6 sore. Keistimewaan dari perngembangbiakan Kerbau Rawa Kalang ini kandangnya dibangun diatas tumpukan batang-batang yang tersusun menyilang mencapai ketinggian 2-3 meter. Pesona Wisata. Disana penginjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam seiring dengan pulangnya kerbau-kerbau kekandangnya.

Sungai Negara menjadi tempat lomba perahu tradisional yang diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus yang diikuti oleh masyarakat local maupun luar negeri. Peserta lomba ini secara beregu beranggotakan 8 orang pendayung dan seorang juru mudi. Pesona wisata.

Pesona Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Beautifull Indonesia, Wisata Indonesia, Martapura, Kandangan, Tabalong, Tanah Laut, Batu Akik, Intan, Kalimantan Selatan.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Banjarmasin Menara Pandang

Pesona Wisata Banjarmasin Taman Siring

Pesona Wisata Banjarmasin Taman Siring Pesona Wisata Banjarmasin. Siring sungai Martapura adalah objek wisata baru ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *