Wednesday , May 24 2017
Home / Wisata Kalimantan / Pesona Banjarmasin / Mengelilingi Wisata Banjarmasin

Mengelilingi Wisata Banjarmasin

Mengelilingi Wisata Banjarmasin

Pesona Wisata Vihara Banjarmasin
Pesona Wisata Vihara Banjarmasin

Pesona Wisata. Perjalanan dimulai dengan melewati Masjid Raya menuju ke Pasar Kuin dimana air Sungai Kuin mengalir menuju Sungai Barito. Wisatawan dapat juga singgah di Pulau Kembang dan kemudian melanjutkan perjalanan melalui pabrik penggergajian kayu di Sungai Alalak dan kembali ke kota melalui Sungai Andai.

Pulau Kembang ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu motor selama 20 menit dari pusat Kota Banjarmasin. Pesona Wisata. Di pulau ini terdapat sebuah vihara cina yang sudah sangat tua dan banyak dikunjungi keluarga Cina untuk beribadah.

Umumnya para pengunjung datang pada hari minggu dan vihara ini dijaga oleh sekumpulan kera berekor yang banyak mendapatkan makanan dari pengunjung seperti telur, kacang dan pisang.

Belanja di Pasar Terapung

Pesona Wisata Pasar Terapung Muara Kuin
Pesona Wisata Pasar Terapung Muara Kuin

Pesona Wisata. Pasar terapung adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak dulu dan merupakan refleksi budaya sungai orang banjar. Pasar yang khas lagi unik ini tempat melakukan transaksi diatas air dengan menggunakan perahu besar maupun kecil yang berdatangan dari berbagai pelosok. Pasar terapung hanya berlangsung pada pagi hari sekitar jam 06.00 hingga jam 09.00 setiap hari. Dan dengan perahu kelotok dari Banjarmasin dapat dicapai sekitar 30 menit. Pesona Wisata.

Wisatawan harus datang pagi-pagi untuk dapat melihat kesibukan pasar terapung ini. Salah satu pasar terapung di Banjarmasin adalah Pasar Kuin yang terletak di persimpangan antara Sungai Kuin dan Sungai Barito.

Sejak dahulu Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan terkenal dengan hasil kayu dan rotan. Pesona wisata. Pada masa lalu kayu-kayu yang ditebang langsung dikirim keluar Kalimantan, tetapi saat ini sebelum keluar diolah terlebuh dahulu menjadi bahan setengah jadi, demikian juga untuk industri rotan.

Berburu Sasiringan Batiknya Kalimantan

Pesona Wisata. Sasirangan adalah batik khas Kalimantan Selatan yang pada jaman dahulu digunakan untuk mengusir roh jahat dan hanya dipakai oleh kalangan orang-orang terdahulu seperti keturunan raja dan bangsawan. Proses pembuatan masih dikerjakan secara tradisional. Lokasi penjualannya di Kecamatan Banjar Timur, 20 menit datri pusat kota Banjarmasin.

Salah satu landmark Kota Banjarmasin adalah Masjid Raya terdapat kebun binatang yang memiliki koleksi hewan seperti orang utan, menyet berbelalai,. Pesona Wisata. Beruang, berbagai macam burung, ular piton dan komodo.

Kemegahan Masjid Raya Muhtadin Sabilal

Pesona Wisata Mesjid Raya Muhtadin Sabilal
Pesona Wisata Mesjid Raya Muhtadin Sabilal

Mesjid Raya Sabilal Muhtadin ini di-bangun di atas tanah yang luasnya 100.000 M2, letaknya di tengah-tengah kota Banjarmasin, yang sebelumnya adalah Kompiek Asrama Tentara Tatas. Pada waktu zaman kolonialisme Belanda tempat ini dikenal dengan Fort Tatas atau Benteng Tatas. Bangunan Mesjid terbagi atas Bangunan Utama dan Menara; bangunan utama luasnya 5250 M2, yaitu ruang tempat ibadah 3250 M2, ruang bagian dalam yang sebagian berlantai dua, luasnya 2000 M2. Pesona Wisata.

Menara mesjid terdiri atas 1 menara-besar yang tingginya 45 M, dan 4 menara-kecil, yang tingginya masing-masing 21 M. Pesona Wisata. Pada bagian atas bangunan-utama terdapat kubah-besar dengan garis tengah 38 M, terbuat dari bahan aluminium sheet Kalcolour ber-warna emas yang ditopang oleh su-sunan kerangka baja. Dan kubah menara-kecil garis-tengahnya 5 dan 6 M.

Kemudian seperti biasanya yang ter dapat pada setiap mesjid-raya, maka pada Mesjid Raya Sabilal Muhtadin ini juga, kita dapati hiasan Kaligrafi bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an dan As-maul Husna, yaitu 99 nama untuk Ke-agungan Tuhan serta nama-nama 4 Khalifah Utama dalam Islam.

Pesona Wisata. Kaligrafi itu seturuhnya dibentuk dari bahan tembaga yang dihitamkan dengan pe-milihan bentuk tulisan-arab (kaligrafi) yang ditangani secara cermat dan tepat, maksudnya tentu tiada lain adalah upaya menampilkan bobot ataupun makna yang tersirat dari ayat-ayat suci itu sendiri. Demikian juga pada pintu, krawang dan railing, keseluruh annya dibuat dari bahan tembaga de ngan bentuk relief berdasarkan seni ragam hias yang banyak terdapat di daerah Kalimantan.

Pesona Wisata Masjid Raya Muhtadin Sabilal Banjarmasin
Pesona Wisata Masjid Raya Muhtadin Sabilal Banjarmasin

Dinding serta lantai bangunan, menara dan turap plaza, juga sebagian dari kolam, keseluruhannya berlapiskan marmer; ruang tempat mengambil air wudhu, dinding dan lantainya dilapis de-ngan porselein, sedang untuk plaza keseluruhannya dilapis dengan keramik. Seluruh bangunan Mesjid Raya ini, dengan luas seperti disebut di atas, pada bagian dalam dan halaman bangunan, dapat menampung jemaah sebanyak 15.000 orang, yaitu 7.500 pada bagian dalam dan 7.500 pada bagian halaman bangunan.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin berdiri megah di jantung kota Banjarmasin menghadap Sungai Martapura. Pesona Wisata. Bangunan mesjid arsitektur modern dengan dikelilingi lima menara yang menjulang tinggi serta taman mesjid yang luas dan indah. Mesjid Raya Sabilal Muhtadin berlantai dua yang mempunyai kapasitas tempat solat untuk 15.000 jamaah dan merupakan mesjid kebanggaan masyarakat kalsel dan pusat pengkajian agama islam.

Kawasan pendulangan intan tradisional berada di Kecamatan Cempaka. BAgi penduduk desa cempaka, mendulang intan merupakan mata pencaharian turun temurun. Para pendulang biasannya berkelompok-kelompok menggali lobang pada kedalaman sekitar 10 meter dengan menggunkan perkakas tradisional dan metode lama. Pesona Wisata. Mereka bekerja keras mengadu nasib. Bahan galian tersebut selanjutnya dicuci untuk mencari sebutir intan terkadang pedulangan menemukan pula batu akik dan pasir emas.

Cempaka Tempat Pencarian Intan dan Emas

Pesona Wisata. Cempaka adalah kawasan penembangan intan dan emas yang terletak tidak jauh dari Banjarmasin. Di tempat ini pengunjung dapat melihat langsung bagaimana para pekerja mencari intan atau emas di lubang-lubang penggalian yang penuh lumpur. Dari catatan sejarah di tambang ini pernah ditemukan intan terbesar seberat 20 karat pada tahun 1846, rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 1850 dengan ditemukanhya intan yang lebih besar seberat 167,5 karat.

Berkunjung Ke Taman Hutan Raya Sultan Adam

Taman Hutan Raya Sultan Adam terletak di Desa Mandiangin kecamatan Karang Intan, sekitar 55 km dari Banjarmasin yang mempunyai luas 106.400 ha. Selain itu terdapat dua peninggalan zaman Belanda yang terletak 2 km dari Tahura. Pesona Wisata. Disana ada gajah kampung, rusa dan buaya yang dilindungi. Pengunjung datang setiap hari libur untuk meniukmati alam yang indah dan sejuk juga tempat penelitian dan perkemahan bagi mahasiswa.

Pesona Wisata, Wisata Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Beautifull Indonesia, Cempaka, Pasar Terapung, Taman Hutan Raya Sultan Adam, Masjid Raya Muhtadin Sabilal, Pasar Kuin, Sungai Barito

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Wisata Banjarmasin Menara Pandang

Pesona Wisata Banjarmasin Taman Siring

Pesona Wisata Banjarmasin Taman Siring Pesona Wisata Banjarmasin. Siring sungai Martapura adalah objek wisata baru ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *