Masjid Raya Baiturrahman, Pesona Wisata Aceh

Pesona Wisata Aceh Menara Masjid Raya Baiturrahman

Pesona Wisata Aceh, Masjid Raya Baiturrahman

Pesona Wisata Aceh. Masjid yang terletak di tengah kota Banda Aceh ini tidak hanya dikenal di Aceh tetapi juga dikenal masyarakat manca negara. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang termegah di Asia Tenggara. Masjid Baiturrahman dibangun pada masa kejayaan pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636) yang sangat giat mengembangkan ajaran agama Islam dalam wilayah kerajaan Aceh.

Pesona Wisata Aceh Masjid Raya Baiturrahman
Pesona Wisata Aceh Masjid Raya Baiturrahman

Dalam sejarahnya Masjid Raya Baiturrahman pernah digunakan sebagai markas dan tempat pertahanan ketika pasukan perang Aceh melawan pemerintah kolonial Belanda. Pesona Wisata Aceh. Bahkan pasukan Aceh yang bermarkas di masjid raya ini berhasil menewaskan seorang Jenderal Belanda bernama JHR Kohler dalam suatu pertempuran pada 14 April 1873. Tewasnya sang Jenderal menyebabkan serdadu Belanda ditarik kembali ke Batavia. Setahun kemudian, tepatnya pada 6 Januari 1874, Belanda kembali menyerang pasukan Aceh dan berhasil merebut Masjid Baiturrahman.

Pasukan Belanda yang tengah kalap saat itu membakar masjid Baiturrahman karena dianggap sebagai markas pertahanan pejuang Aceh. Pesona Wisata Aceh Belanda kemudian menyadari kekeliruannya membakar Masjid Raya Baiturrahman dan untuk menarik hati rakyat Aceh, maka pada tanggal 9 Oktober 1879 pemerintah Belanda membangun kembali Masjid Baiturrahman tepat di tempat masjid yang dibakar sebelumnya. Pembangunan masjid ini selesai pada 27 Desember 1881, dan pada waktu itu Masjid Baiturrahman hanya memiliki satu kubah.

Pesona-Wisata-Aceh-Kemegahan-Masjid-Raya-Baiturrahman
Pesona-Wisata-Aceh-Kemegahan-Masjid-Raya-Baiturrahman

Pada tahun 1936, oleh Residen Y. Jongejans, Pesona Wisata Aceh kubah masjid ini ditambah lagi dua buah kubah, yaitu di bagian kanan dan kiri masjid, sehingga menjadi tiga kubah. Biaya perluasan ini adalah 35.000 gulden dengan arsiteknya Ir. Mohammad Thaher (seorang putra Aceh) dan dikerjakan oleh Jawatan Pekerjaan Umum (BOW).  Tahun 1967 Pemerintah daerah NAD kemudian melakukan pemugaran terhadap masjid Baiturrahman dan menambah dua kubah baru sehingga menjadi lima buah.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Penyusuk

Dari tahun 1992 – 1995 masjid kembali dipugar dan diperluas sehingga memiliki tujuh buah kubah dan lima menara yang mampu menampung 7000 jema’ah. Saat ini, selain masjid raya, tepat di depan masjid ini terdapat Menara Tugu Modal. Pesona Wisata Aceh  Menara/Tugu modal merupakan sebuah menara sebagai monument bahwa Aceh pernah dinyatakan sebagai Daerah Modal di dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Menara terdiri dari enam lantai yang dapat dicapai melalui lift maupun tangga biasa.

Pesona Wisata Aceh Menara Masjid Raya Baiturrahman
Pesona Wisata Aceh Menara Masjid Raya Baiturrahman

Apabila masyarakat akan memakai fasilitas tersebut dikenakan biaya masuk sebesar Rp 1.500 untuk orang dewasa dan anak-anak sebesar Rp 1.000. Dari menara ini dapat dilihat pemandangan Pesona Wisata Aceh dan sekitarnya, yang dikelilingi oleh Pegunungan Bukit Barisan, dengan salah satu puncaknya dinamakan gunung Seulawah Agam. Selain itu, tampak juga laut menghampar luas, yang dikenal dengan nama Selat Malaka. Ketika gempa dan tsunami melanda Aceh Tugu Modal mengalami kerusakan walaupun tidak menyebabkan tugu ini runtuh.Pesona Wisata.

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Aceh.

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *