Tuesday , October 17 2017
Home / Wisata Kalimantan / Pesona Pontianak / Masjid Jami, Pesona Wisata Pontianak

Masjid Jami, Pesona Wisata Pontianak

Masjid Jami, Pesona Wisata Pontianak

Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami Pontianak berdiri dilahan seluas 6.755 m2, dengan luas masjid 1.250 m2. Terletak di sebelah Timur Sungai Kapuas Besar. Tepatnya di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Masjid Jami’ dapat dijangkau dengan menggunakan sampan dari Parit Besar, Pelabuhan Seng Hie atau dengan Mobil melewati Jembatan Kapuas.
Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami
Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami

Atap Masjid Jami terdiri dari empat tingkat yang makin ke atas semakin kecil. Setiap tingkat dibatasi oleh jendela berukuran kecil, atap yang paling atas berbentuk kubah. Masjid Jami’ ini dibangun dengan sejumlah tiang -tiang sebagai penyangga. Pesona Wisata Pontianak Tiang – tiangnya terdiri atas enam tiang utama atau soko guru berbentuk bulat, garis tengah 60 cm, 14 buah tiang pembantu berbentuk segi empat dan sejumlah tiang pinggir yang berfungsi sebagai penyangga atap dan sebagai kusen – kusen pintu dan tempat menempel dinding papan belian, di luar ruangan terdapat tiang yang menyangga atap, serambi, pintu dan jendela dari kaca kristal berwarna merah, biru, hijau dan merah muda.

Sejarah Masjid Jami Pontianak

Di dalam Masjid sendiri terdapat  mimbar di atasnya.Pendiri masjid sekaligus pendiri Kota Pontianak adalah Syarif Abdurrahman Alkadrie. Ia seorang keturunan Arab, anak Al Habib Husein, seorang penyebar agama Islam dari Jawa. Pesona Wisata Pontianak  Al Habib Husein datang ke Kerajaan Matan pada 1733 Masehi. Al Habib Husein menikah dengan putri Raja Matan (kini Kabupaten Ketapang) Sultan Kamaludin, bernama Nyai Tua. Dari pernikahan itu lahirlah Syarif Abdurrahman Alkadrie, yang meneruskan jejak ayahnya menyiarkan agama Islam.

Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami, masjid tertua di Pontianak
Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami, masjid tertua di Pontianak

Syarif Abdurrahman melakukan perjalanan dari Mempawah dengan menyusuri sungai Kapuas. Ikut dalam rombongannya sejumlah orang yang menumpang 14 perahu. Rombongan Abdurrahman sampai di muara persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak pada 23 Oktober 1771. Pesona Wisata Pontianak Kemudian mereka membuka dan menebas hutan di dekat muara itu untuk dijadikan daerah permukiman baru. Abdurrahman mendirikan sebuah kerajaan baru Pontianak. Ia pun membangun masjid dan istana untuk sultan.

Masjid yang dibangun aslinya beratap rumbia dan konstruksinya dari kayu. Syarif Abdurrahman meninggal pada 1808 Masehi. Ia memiliki putera bernama Syarif Usman. Saat ayahnya meninggal, Syarif Usman masih berusia kanak-kanak, sehingga belum bisa meneruskan pemerintahan almarhum ayahnya. Pesona Wisata Pontianak Maka pemerintahan sementara dipegang adik Syarif Abdurrahman, bernama Syarif Kasim. Setelah Syarif Usman dewasa, dia menggantikan pamannya sebagai Sultan Pontianak, pada 1822 sampai dengan 1855 Masehi.

Pembangunan masjid kemudian dilanjutkan Syarif Usman, dan dinamakan sebagai Masjid Abdurrahman, sebagai penghormatan dan untuk mengenang jasa-jasa ayahnya. Pesona Wisata Pontianak Beberapa ulama terkenal pernah mengajarkan agama Islam di masjid Jami’ Sultan Abdurrahman. Mereka di antaranya Muhammad al-Kadri, Habib Abdullah Zawawi, Syekh Zawawi, Syekh Madani, H. Ismail Jabbar, dan H. Ismail Kelantan.

Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami Pontianak
Pesona Wisata Pontianak Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami’ Pontianak dapat menampung sekitar 1.500 jamaah salat. Masjid akan penuh terisi jamaah salat, saat waktu salat Jumat dan tarawih Ramadan. Pada sisi kiri pintu masuk masjid, terdapat pasar ikan tradisional. Di belakangnya merupakan permukiman padat penduduk Kampung Beting, kelurahan Dalam Bugis dan di bagian depan masjid, yang juga menghadap ke barat, terbentang Sungai Kapuas. Pesona Wisata Pontianak.

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Pontianak.

About PesonaWisata

Check Also

Indonesia Beautiful Masjid Raya Darussalam Samarinda

Samarinda Pesona Indonesia Beautiful

Samarinda Pesona Indonesia Beautiful Indonesia Beautiful. Samarinda merupakan pusat indrusti perkayuan di Kalimantan Timur dan juga kota ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *