Loncat Indah, Atraksi Lumba-lumba di Pantai lovina

Tempat Wisata Bali Lumba-Lumba ddi Pantai Lovina

Loncat Indah, Atraksi Lumba-lumba di Pantai lovina

Tempat Wisata Bali. Salah satu pantai yang terkenal di Bali adalah Pantai Lovina yang populer, khususnya di kalangan wisatawan asing yang memiliki anggaran terbatas. Banyak wisatawan yang datang dari Jawa akan langsung menuju ke pantai utara Bali ini dari pelabuhan penyeberangan Gilimanuk.

Tempat Wisata Bali Pantai Lovina
Tempat Wisata Bali Pantai Lovina

Lovina adalah tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan bertemu dengan wisatawan lainnya. Banyak turis menjadikan tempat ini sebagai ‘pangkalan’ untuk menjelajahi berbagai obyek wisata di pantai utara Bali. Pantai ini juga memiliki kehidupan malam namun tidak semeriah Kuta.

Pantai Lovina merupakan pantai yang sempit dengan pasir yang berwarna hitam dan laut yang tenang, namun secara umum pantai ini cukup bersih sehingga berjalan-jalan di sepanjang pantai ini cukup nyaman. Kegiatan air yang dapat dilakukan di sekitar pantai ini antara lain snorkeling dan menyelam, dan karena pantainya tenang maka tidak ada ombak untuk melakukan olah raga selancar. Tempat wisata Bali.

Salah satu atraksi wisata di Lovina adalah menyaksikan ikan lumba-lumba langsung di tengah laut yang diorganisir oleh beberapa operator dengan menggunakan perahu bermotor. Pantai Lovina juga tempat yang bagus untuk melakukan snorkeling karena airnya jernih, ombaknya tenang dan karang-karang lautnya cukup bagus . Tempat wisata Bali. Kawasan ini merupakan tempat yang bagus bagi penyelam pemula untuk belajar menyelam. Beberapa operator penyelaman menawarkan beberapa paket perjalanan untuk menyelam ke luar kawasan pantai Lovina.

Destinasi Wisata di Bali Utara

Tempat Wisata Bali Keindahan Pantai Habitat Lumba-lumba
Tempat Wisata Bali Keindahan Pantai Habitat Lumba-lumba

Tempat wisata Bali. Dunia pariwisata telah mengenal Lovina sejak lama sebagai sebuah destinasi di Bali Utara. Permintaan dari pebisnis dan agen perjalanan pun menuntut agar Lovina dihadirkan kembali. Usaha untuk mengangkat Bali Utara sebagai destinasi wisata antara lain adalah dengan kembali dengan cara mempopulerkan Lovina. Nama “Lovina” sudah pernah memakai nama Pondok Wisata Permata (Permata Cottages), kembali memakai nama “Lovina” ( Lovina Beach Hotel).

BACA JUGA :  Bercengkrama Bersama Burung-burung di Tempat Pariwisata Bali Bird Park

Akhirnya, Lovina “menguasai” tidak kurang dari 6 pantai desa asli. Deretan Pantai tersebut berada di 2 (dua) wilayah kecamatan bersebelahan, yaitu Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar. Yang ada di Kecamatan Buleleng, yaitu Pantai Binaria di desa Kalibukbuk, pantai Banyualit didesa Banyualit, Pantai Kubu Gembong di desa Anturan/Tukadmungga, Panta Hepi di desa Tukadmungga, Pantai Penimbangan di desa Pemaron.

Sedangkan di Kecamatan Banjar, adalah Pantai Tukad Cebol di Kampung Baru (Kaliasem), pantai Temukus didesa Temukus. Semua pantai tersebut bergabung dalam pemakaian nama Pantai Lovina. Sedangkan, nama kawasan resmi adalah “Kawasan Wisata Kalibukbuk”. Tempat Wisata Bali.

Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja, ini merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Bali Utara. Wisatawan baik asing maupun lokal banyak yang berkunjung ke sana, selain untuk melihat pantainya yang masih alami, juga untuk melihat ikan lumba-lumba yang banyak terdapat di pantai ini. Dengan menyewa perahu nelayan setempat, kita dapat mendekati lumba-lumba. Berbagai penginapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Tempat wisata Bali.

Sejarah Pantai Lovina

Tempat Wisata Bali Atraksi Lumba-lumba di Pantai Lovina
Tempat Wisata Bali Atraksi Lumba-lumba di Pantai Lovina

Tempat Wisata Bali. Menyinggung sejarah Lovina, tentunya tidak bisa lepas dengan sosok Anak Agung Panji Tisna. Nama Panji Tisna sering ditulis Pandji Tisna. Sekitar 1950-an, Anak Agung Panji Tisna, pernah melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa dan Asia. Apa yang menarik perhatian dia terutama adalah kehidupan masyarakat di India. Dia tinggal beberapa minggu di Bombay. Cara hidup dan kondisi penduduk di sana, serta merta mempengaruhi cara pikir dan wawasan dia ke depan untuk Bali, terutama pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buleleng. Tempat Wisata Bali.

Sementara itu, Panji Tisna juga melihat suatu tempat yang ditata indah untuk orang-orang berlibur di pantai. Tanah tersebut memiliki kesamaan dengan tanah miliknya di Pantai Tukad Cebol, Buleleng yang juga terletak di antara dua buah aliran sungai. Inspirasi Panji Tisna muncul untuk membangun sebuah peristirahatan seperti itu. Tempat wisata Bali.

Menyaksikan Ratusan Ekor Lumba-lumba Liar

Di kawasan Lovina terdapat ratusan ekor lumba-lumba maka dari itu kawasan Lovina sangat terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan pertunjukkan lumba-lumba liar. Anda dapat menyaksikan langsung tingkah laku yang lucu dan bersahabat dari lumba-lumba di tengah laut. Tentu ini akan menjadi pengalaman liburan yang menarik untuk Anda. Tempat Wisata Bali.

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba liar yang ada di Lovina, Anda harus berangkat pagi – pagi sekali saat matahari akan terbit. Mengapa? Karena lumba-lumba di kawasan ini hanya muncul antara pukul 6 pagi hingga 8 pagi. Pada jam itu lah, puluhan lumba-lumba akan beratraksi secara alami menunjukkan kegiatan mereka. Ada yang sekadar berenang di permukaan air, ada juga yang melompat-lompat. Tentu hal ini akan membuat takjub akan keindahan binatang laut berwarna hitam tersebut. Tempat Wisata Bali.

Tempat Wisata Bali Lumba-Lumba ddi Pantai Lovina
Tempat Wisata Bali Lumba-Lumba ddi Pantai Lovina

Biasanya para wisatawan sudah berkumpul di pantai sekitar pukul 5.30 WITA untuk berangkat ke tengah laut. Anda bisa menyewa perahu nelayan yang memang disediakan untuk perjalanan tersebut. Tempat wisata Bali. Harga dari menyewa perahu itu sendiri pun seharga Rp 60.000,- / orang yang dimana Perjalanan dimulai dengan menggunakan perahu kecil yang hanya bisa mengangkut maksimal 4 orang selain sang nelayan. Perahu akan membawa Anda sekitar satu hingga dua kilometer ke arah tengah laut ke tempat biasanya lumba-lumba akan muncul.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Aceh Pantai Lhok Nga

Selama perjalanan, Anda bisa melihat-lihat pemandangan laut yang luas dan seraya perahu menjauhi daratan, Anda bisa melihat daratan Lovina dari kejauhan seperti gambar siluet. Setelah sampai di tengah laut, sang nelayan akan menyusuri ke tempat biasanya lumba-lumba akan muncul. Dan apabila ada sekelompok lumba-lumba yang melompat, sang nelayan akan memberitahu perahu-perahu lain di sekitarnya sehingga perahu-perahu tersebut akan menambah kecepatan untuk mengejar sekelompok lumba-lumba itu.

Jenis lumba – lumba yang ada disana itu sebanyak 5 jenis namun yang hanya bisa sering dilihat oleh wisatawan adalah jenis lumba – lumba yang warnanya hitam kebirubiruan dan lumba – lumba yang berukuran agak besar pada saat terakhir pencarian. Biasanya kalau kita beruntung pada hari itu maka kita akan bertemu lumba – lumba yang sangat langka yaitu warnanya kehijauan yang begitu mempesona. Tempat wisata Bali.

Transportasi dan Akomodasi di Lovina

Di kawasan Lovina terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau. Ada juga penginapan yang menyediakan atraksi lumba-lumba yang terlatih maupun kebun binatang mini di dalam penginapan tersebut. Anda bisa memilih berbagai penginapan dari penginapan sederhana hingga cottage. Tempat Wisata Bali.

Dari Denpasar ke Lovina, Anda bisa melewati Bedugul lalu ke Singaraja dan menuju Lovina. Anda juga bisa melewati rute Bedugul lalu Seririt dan ke Lovina. Anda bisa menempuh perjalanan melewati kedua rute tadi sekitar 2 jam perjalanan. Tempat wisata Bali. Namun, rutenya melewati jalur yang naik-turun dan berkelok-kelok. Rute lain adalah melewati Gilimanuk lalu ke Lovina yang bisa ditempuh dalam waktu hampir 4 jam. Jalur ini relatif lurus dan nyaman meski membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama.

Tempat wisata di Bali yang populer dikunjungi wisatawan:

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bandung, Gunung Tangkuban Perahu

Sumber: http://wikipedia.org, Buku “Info Pariwisata Nusantara”,

Tempat Wisata di Bali, Tempat Wisata Bali, Bali Tempat Menarik, Tempat Menarik di Bali, Tempat Rekreasi di Bali, Pantai Lovina, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Pantai, Wisata Bali, Bali, Pantai Lovina, Lumba-lumba, Atraksi Lomba-lomba,

Similar Posts:

    None Found

2 thoughts on “Loncat Indah, Atraksi Lumba-lumba di Pantai lovina

  1. Pingback: Sunrise Beach Tempat Indah di Bali | tempatmenarikdibali
  2. Pingback: Tempat Liburan di Bali Goa Gajah | tempatmenarikdibali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.