Legenda Sangeh Pulau Bali Tempat Menarik Berpenghuni Monyet Liar

Monyet Liar di Pulau Bali Tempat Menarik

Wisata Pulau Bali Tempat Menarik Berpenghuni Monyet Liar

Pulau Bali Tempat Menarik Obyek Wisata Sangeh
Pulau Bali Tempat Menarik Obyek Wisata Sangeh

Pulau Bali Tempat Menarik. Sangeh adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di Desa Sangeh,Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung, Bali.

Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas dan di keramatkan oleh penduduk setempat di sebuah hutan. Di tengah hutan ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari. Pura ini dibangun oleh Kerajaan Mengwi dan sekarang diserahkan ke penduduk setempat. Monyet di sini memiliki raja dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.

Pura Bukit Sari di Sangeh

Pura Bukit Sari berada di tengah hutan pala Desa Sangeh, Badung bagian utara. Kawasan pura ini merupakan salah satu obyek wisata yang menggoda. Betapa tidak, pura yang tenang itu tampak seperti sebuah istana yang dikawal oleh ratusan pasukan kera.

Pulau Bali Tempat Menarik Pura Bukit Sari
Pulau Bali Tempat Menarik Pura Bukit Sari

Menurut kisah, Pura Bukit Sari dibangun oleh Anak Agung Anglurah Made Karang Asem Sakti, anak angkat dari Raja Mengwi saat itu, Cokorda Sakti Blambangan. Sejak belia Anak Agung Anglurah Made Karang Asem gemar menjalani laku spiritual. Pada suatu malam, saat menjalani pertapaan, ia memperoleh pawisik (ilham) agar mendirikan pura di tengah kawasan hutan pala Sangeh.

Menurut legenda Pulau Bali Tempat Menarik, adanya Pura Bukit Sari di hutan ini diceritakan secara mitologis dalam Lontar Babad Mengwi. Diceritakan putri Ida Batara di Gunung Agung berkeinginan untuk disungsung di Kerajaan Mengwi. Atas kehendak dia maka hutan pala yang ada di Gunung Agung tempat putri Ida Batara Gunung Agung bermukim pindah secara misterius pada waktu malam.

Ketika perjalanan baru sampai di Sangeh, telanjur ada penduduk yang melihat perjalanan tersebut. Hal ini konon yang menyebabkan hutan pala tersebut tidak bisa berjalan lagi menuju Mengwi dan berhenti di Desa Sangeh sekarang. Konon putra angkat Raja Mengwi yang pertama I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan menemukan bekas bangunan pelinggih. Pulau Bali Tempat Menarik.

Putra angkat Raja Mengwi tersebut bernama Anak Agung Ketut Karangasem. Atas penemuan tersebut Cokorda Sakti Blambangan memerintahkan untuk membangun kembali pura tersebut dan diberi nama Pura Bukit Sari. Yang dipuja di pura tersebut adalah Ida Batara Gunung Agung dan Batara Melanting. Pura Besakih di lereng Gunung Agung itu tergolong Pura Purusa atau sebagai jiwa dari Pulau Bali.

BACA JUGA :  Menikmati Wisata Bali Sunset di Pantai Dreamland

Wisata Sangeh, Menyapa Sang Kera

Pulau Bali Tempat Menarik Tempat Wisata Sangeh
Pulau Bali Tempat Menarik Tempat Wisata Sangeh

Bali memiliki banyak tempat wisata, akan tetapi kebanyakan yang terkenal adalah berupa pantai. Salah satunya yang paling terkenal adalah pantai kuta. Pantai kuta terletak dikecamatan kuta, kabupaten Badung. Pantai ini menjadi favorit para wisatawan, khusunya saat memasuki musim liburan. Pantai ini akan dipadati wisatawan baik lokal maupun asing. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan dipantai ini, anda bisa mencoba berselancar jika anda punya nyali. Atau sekedar menikmati hangatnya sinar matahari dengan berjemur ditepi pantai.

Namun Bali bukan hanya tentang pantai, Bali masih memiliki banyak objek wisata, salah satunya adalah tempat wisata sangeh. Sangeh merupakan sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Untuk menuju ke desa ini anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Denpasar.

Sejarah Sangeh

Sangeh, Pulau Bali Tempat Menarik  adalah nama sebuah desa yang dibagian utara desanya, ditumbuhi pohon pala setuas 14 hektar dan dihuni oleh ratusan kera. Pohon pala seperti itu tidak dijumpai di tempat lain di Bali dan keberadaannya di Sangeh ini merupakan misteri. Sebuah pura kecil diselimuti lumut hijau tersembunyi disela-sela hutan pala yang menjulang tinggi itu. Di punggung sebuah tugu pura tersebut di pahat patung Garuda, seekor burung mistik yang di dalam cerita Samudramantana dikisahkan sedang mencari tirta Amerta di dasar samudra, kemudian atas jasanya oleh Betara Wisnu, dihadiahkan seteguk kepadanya, akhirnya Garuda menjadi kendaraan setia Bathara Wisnu.

Pulau Bali Tempat Menarik Suasana Sangeh
Pulau Bali Tempat Menarik Suasana Sangeh

Legenda lain menceritakan bahwa penghuni hutan tersebut adalah prajurit kera yang kelelahan di dalam pertempuran membunuh Rahwana. Kera-kera itu jatuh bersamaan dengan bungkahan gunung dan hutan yang dipakai menghimpit tubuh Rahwana kemudian menetap di hutan itu. Cerita lain juga mengatakan bahwa seorang putri kerajaan Mengwi bernama Mayangsari yang sedang kasmaran, gagal bertunangan, akhirnya melarikan diri ke hutan terdekat dan menjadi seorang pertapa. Pulau Bali Tempat Menarik.

Di dalam pelariannya itu dia tidak memakai sehelai pakaian pun, sehingga harus memakai rambutnya yang panjang untuk menutupi bagian tubuhnya yang paling terlarang. Dia gagal mewujudkan impiannya dan meninggal secara gaib. Masyarakat setempat percaya, bahwa dewi itu kini menjadi Bethari Mayangsari.

BACA JUGA :  Pulau Burung Banten

Monyet Liar di Sangeh Bali

Monyet Liar di Pulau Bali Tempat Menarik
Monyet Liar di Pulau Bali Tempat Menarik

Monyet  yang tumbuh dan besar di Pulau Bali Tempat Menarik sangeh merupakan monyet yang relatif liar. Sering kali monyet-monyet disana berbuat nakal dengan mengambil barang-barang bawaan para turis atau wisatawan seperti kamera, topi, udeng, kacamata dan yang lainnya.

Pulau Bali Tempat Menraik. Disarankan untuk tidak membawa barang-barang yang mudah terambil oleh monyet, barang-barang yang bergantungan di leher misalnya, yang pemakaiannya di atas kepala. Sebaiknya anda memegang erat barang bawaan yang anda bawa. Karena kalau tidak, monyet sakenan akan terus memantau anda.

Pulau Bali Tempat Menarik. Namun tenang, ada caranya apabila barang bawaan anda terlanjur diambil oleh monyet di sakenan. Anda cukup membeli sebuah pisang atau kacang, kemudian dekati monyet itu dan jika anda beruntung ia akan mengambil pisang dan menjatuhkan barang yang ia ambil dari anda. Namun jika anda kurang beruntung monyet ini akan mengambil pisang sekaligus barang bawaan anda.

Akses Menuju Wisata Sangeh

Pulau Bali Tempat Menarik, jika ingin berwisata ke Sangeh. Melihat dan merasakan ketentraman Pura Sari Sangeh. Serta bercengkrama dengan kera liar. Maka anda harus mengunjungi Pulau Bali Tempat Menarik, Sangeh.

Objek wisata sangeh ini terletak di desa Blakiuh, kecamatan Abiansemal daerah Tingkat II Badung. Dari pusat kota Denpasar berjarak 21 km pada jurusan Denpasar-Plaha, yang dapat di tempuh kurang lebih sekitar 25 menit. Di sekitar objek ini fasilitas yang tersedia cukup seperti tempat parkir, kios sovenir, kios makanan, jalan setapak dan lain-lain. Transportasi ke objek wisata ini lumayan lancar karena kendaraan umum jurusan Denpasar-Blakiuh sudah merupakan jaringan transportasi umum. Objek wisata ini ramai dikunjungi baik oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara terutama pada hari-hari libur utamanya seppanjang pagi hingga sore hari.

BACA JUGA :  Loncat Indah, Atraksi Lumba-lumba di Pantai lovina

Berikut tempat yang mesti ada kunjungi di Pulau Bali Tempat Menarik:

Sumber: http://wikipedia.org, http://www.disparda.baliprov.go.id/, Buku “Info Pariwisata Nusantara”

Pulau Bali Tempat Menarik, Wisata Bali, Wisata di Bali, Objek Wisata di Bali, Liburan Ke Bali, Tempat Menarik di Bali, Tempat Indah di Bali, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Pantai, Uluwatu Bali

 

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *