Pariwisata Jogja Ke Kebun Gembira Loka

Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa di Gembira Loka Zoo

Pariwisata Jogja Ke Kebun Gembira Loka

Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa di Gembira Loka Zoo
Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa di Gembira Loka Zoo

Pariwisata Jogja. Kota Jogjakarta adalah kota yang unik. Dipimpin oleh seorang raja (sultan) yang turun temurun, kota ini menawarkan banyak peninggalan budaya dan sejarah. Di Jogjakarta terdapat banyak sekali destinasi wisata baik itu wisata alam, wisata sejarah, religi, wisata kuliner dan lain sebagainya. Di Kota inilah kita bisa menikmati panorama- panorama yang indah serta bisa menambah wawasan pengetahuan mengenai sejarah Indonesia khususnya Kota Jogjakarta.

Dalam (bahasa Jawa: Hanacaraka) adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap dicari para wisatawan.

Arti dari Penamaan Gembira Loka

Pariwisata Jogja loka artinya tempat, gembira ya gembira. Syahdan, hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebon binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka Zoo diatas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora.

Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa di Gembira Loka Zoo
Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa Zebra di Gembira Loka Zoo

Akses Menuju Destinasi Wisata Kebun Binatang Gembira Loka

Letaknya di daerah aliran sungai Gajah Wong. Akses menuju Gembira Loka Zoo sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas. Pariwisata Jogja Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bandung

Akhir-akhir ini, dikabarkan bahwa GLZ sedang mengadakan kesepakatan dengan Singapore Zoo untuk pertukaran hewan, yakni 6 ekor Pinguin Jackass. Gembira Loka Zoo selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung serta kelestarian alam. Beberapa kali didengar bahwa gajah melahirkan, burung kakatua menetaskan telurnya, serta kuda pacu melahirkan anaknya.

Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa di Gembira Loka Zoo
Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa Monyet di Gembira Loka Zoo

Koleksi Menarik Di Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

Selain menampilkan satwa langka (mamalia, Reptilia, Aves, Amfibia, Pisces) dalam display berupa kandang berjeruji besi atau berpagar tembok atau kayu. Pariwisata Jogja Gembira loka juga mempunyai koleksi menarik lainya yang berupa binatang kering yang sudah diawetkan. Binatang awetan tersebut ditempatkan dalam ruangan khusus yang menyerupi museum. Museum ini berada di tepi danau buatan di area kebun binatang Gembiraloka.

Selanjutnya seiring dengan perkembangan kebun binatang yang semakin banyak dikunjungi wisatawan, pada tahun 2007 dibangun sebuah loboratorium alam Flora dan Fauna sebagai sarana pembelajaran masysrakat terutama bagi pelajar dan anak-anak. Ditempat ini terdapat berbagai koleksi yang beragam seperti koleksi berbagai jenis serangga dan satwa vertebrata maupun avertebrata.

Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa di Gembira Loka Zoo
Pesona Pariwisata Jogja Koleksi Satwa Buaya  di Gembira Loka Zoo

Usia Dari Destinasi Wisata Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang yang sudah berusia lebih dari setengah abad ini dihiasi oleh rangkaian taman yang menghijau dengan warna-warni bunga yang menarik. Pariwisata Jogja terdapat beberapa pohon tua dan besar yang rindang menambah keindahan tempat ini. Gembiraloka juga mempunyai lahan yang berupa hutan yang dibiarkan tumbuh dan juga lahan untuk persemaiannya. Sebagian besar tanaman ini tidak ditata rapi dengan tujuan menyajikan suasana yang alami. Satu hal yang memprihatinkan adalah banyak kondisi satwa yang kurang terurus.

Fasilitas di Kebun Binatang Gembira Loka

Banyak fasilitas yang seakan seadanya saja. Hal itu karena pendapatan dari tiket masuk sangat kecil dari sedikitnya wisatawan yang berkunjung. Namun, sejak tahun 2010 Gembira Loka Zoo mulai merehabilitasi dan merekonstruksi kebun binatangnya. Bahkan, sampai tahun 2012 ini sedang dalam proses pembuatan untuk “Taman Burung” dan sedangkan untuk “Taman Reptil dan Amfibi” sudah dalam tahap sentuhan akhir. Beberapa pedagang asongan pun sudah mulai dibenahi, agar terkesan rapi dan bersih. Semenjak itu, GLZ mulai dikunjungi pengunjung dengan jumlah yang lebih banyak. Berikut fasilitas yang ada di Gembira Loka :
– Unta tunggang
– Gajah tunggang
– Perahu mesin
– Becak air
– Kereta mini
– Mushola
– Informasi
– Tempat istirahat
– Wartel
– Kantin
– Pusat oleh-oleh
– Toilet
– Tempat parkir

BACA JUGA :  Pesona Wisata Jawa Timur Pantai Pelang Trenggalek

Sirkuit di Kebun Binatang Gembira Loka Jogajakarta

Dengan bantuan Pemerintah Kota Yogyakarta tahun anggaran 2009 telah dibangun sirkuit BMX dengan lintasan sepanjang 330 meter yang berstandard internasional dengan tujuan untuk menggalakkan minat masyarakat khususnya penggemar sepeda BMX agar lebih berprestasi. Kedepan selain Sirkuit BMX kebun Binatang Gembira Loka juga akan dilengkapi dengan waterpark untuk anak dan remaja. Dengan jam buka, Hari Minggu atau Libur pukul 08.00 – 19.30 WIB, Hari Senin-Sabtu pukul 08.00 – 17.30 WIB. Dan Penggunaan Tiket masuk sebesar  Rp. 8.000,00/ orang.

Koleksi Binatang di Destinasi Wisata Gembira Loka Yang Cukup Lengkap

Kebun binatang Gembira loka kini memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Setiap tahunnya ada tambahan penghuni. Sudah beberapa kali binatang gajah melahirkan anaknya, juga binatang langka Komodo telah menetaskan telurnya. Di Gembira Loka orang dapat bersuka ria dengan santai menggunakan perahu boad yang disediakan di telaga tersebut. Disamping dapat menikmati bermacam-macam jenis pohon yang tumbuh melengkapi keberadaan kebun raya.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja Bagong

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Bagong di Hotel Omah Semar Rp. 517.000
Kamar Bagong di Hotel Omah Semar Rp. 517.000
  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request
BACA JUGA :  Suasana Wisata Jogja Terbaru di Taman Pelangi Monjali

Mari Kunjungi Tempat- tempat wisata Jogja Menarik Lainnya di :

Sumber : http://pariwisata.jogjakota.go.id/index/extra.detail/1989/kebun-binatang-gembira-loka.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Gembira_Loka

Objek Wisata, Objek Wisata Jogja, Wisata Jogja Terbaru, Tempat Wisata Alam di Jogja, Pariwisata Jogja, Gembira Loka Zoo, Kebun Binatang Gembira Loka, Kebun Raya Gembira Loka, Gembira Loka Jogja, Gembira Loka.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *