Kesultanan Siak Sri Indrapura, Wisata Riau

Pesona Wisata Riau Balai Kerapatan Tinggi Siak

Wisata Riau Kesultanan Siak Sri Indrapura

Wisata Riau. Sejak berdirinya Kerajaan Siak tahun 1723 oleh Raja Kecil bergelar Sultan Abdul Jalil Rakhmad Syah, pusat kerajinan Siak berpindah-pindah dari kota Buatan ke Mempura, ke Senapelan Pekan Baru lalu kembali lagi ke Mempura dan akhirnya menetap di kota Siak Sri Indrapura.

 

Pesona Wisata Riau Istana Siak Sri Inderapura
Pesona Wisata Riau Istana Siak Sri Inderapura

Terletak di tepi sungai Siak yang dulu bernama sungai Jantan, sekitar 125 km dari Pekanbaru ke timur arah Selat Malaka. Wisata Riau di Siak Sri Inderapura ini banyak dikunjungi wisatawan dan di tempat ini terdapat sebuah istana yang cantik bernama Asserayah ei Hasyimah yang dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Siak ke-11 yaitu Sultan Abdul Jalil Syafuddin.
Menurut sejarahnya, Siak dipimpin oleh 12 orang Sultan yang memerintah sejak tahun 1725 hingga 1945. Disini juga terdapat sebuah masjid berwarna putih dengan kubahnya terbuat dari perak yang berkilau. Wisata Riau Istana Asserayah memiliki bentuk seperti istana di Mogul, India dengan pintu-pintu yang melengkung mirip pintu bangunan bangsa Moor dengan halaman rumput yang luas dan terawat dengan baik.

 

Pesona Wisata Riau Sultan Syarif Hasyim (duduk di singgasana)
Pesona Wisata Riau Sultan Syarif Hasyim (duduk di singgasana)

Satu abad sejak pembangunannya. Istana diperbaiki pada tahun 1989 dan dijadikan museum pada tahun 1995. Wisata Riau Hampir seluruh perabot dan perlengkapan istana masih berada di tempatnya kecuali mahkota emas dan keris pusaka yang lelah dibawa ke museum nasional di Jakarta. Di ruang tamu istana ini dibuat patung sultan dan para pembantunya dalam ukuran sebenarnya seolah sedang mengadakan pertemuan.
Disini juga terdapat foto besar sultan terakhir yang menghiasi dinding ruangan. Bagian dalam istana ini kebanyakan ditata dengan gaya Eropa. Salah satu hal yang paling menarik dari istana ini adalah sebuah pemutar (player) musik ukuran besar buatan Jerman yang disebut-sebut sebagai salah satu dari dua yang masih tersisa di dunia. Wisata Riau Alat ini dapat mengeluarkan bunyi berdenting yang mengalunkan komposisi musik karya Beethoven, Mozart dan Strauss yang lerdengar lembut ke seluruh ruangan di istana ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bangka Belitung Pantai Pasir Padi

 

Pesona Wisata Riau Balai Kerapatan Tinggi Siak
Pesona Wisata Riau Balai Kerapatan Tinggi Siak

Selain dapat menikmati istana, pengunjung juga dapat menyinggahi mesjid kerajaan, balai kerapatan tinggi tempat bermusyawarah, makam Kota Tinggi i empat Sultan dan keluarganya dimakamkan dan melihat mahkota kerajaan Siak yang bertaburkan pemata.Wisata Riau

Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, jasa pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Riau, Wisata Riau

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *