Kebun Raya Bedugul Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Bedugul
Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Bedugul

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi. Kebun Raya Eka Karya Bali adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di wilayah Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia.

Kebun ini merupakan kebun raya pertama yang didirikan oleh putra bangsa Indonesia. Pengelolaannya dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan secara struktur organisasi berada di bawah pembinaan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Kebun ini didirikan pada 15 Juli 1959. Pada awalnya Kebun Raya Eka Karya Bali hanya diperuntukkan bagi tetumbuhan runjung. Seiring dengan perkembangan dan perubahan status serta luas kawasannya, kebun yang berada pada ketinggian 1.250–1.450 m dpl ini kini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Luas kawasan Kebun Raya semula hanya 50 ha, tetapi saat ini luas kebun raya menjadi 157,5 ha.

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Eka Karya Bali
Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Eka Karya Bali

Kebun Raya Eka Karya Bali memiliki beberapa koleksi tanaman yang dikelompokkan berdasarkan kekerabatannya. Selain dikoleksi, jenis–jenis tanaman tersebut juga diupayakan penelitian dan pengembangannya. Beberapa koleksi yang ada di antaranya mencakup anggrek, kaktus, paku/pakis, bambu,Koleksi Lumut,Begonia,Bambu,Tanaman Upacara Adat,Tanaman Obat,Bambu,Tanaman Air dan palma.

Kebun Raya Eka Karya Bali Tempat Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi. Untuk menuju Kebun Raya Bali dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama satu setengah jam dari Denpasar, atau sekitar 80 km ke arah utara Denpasar menuju Singaraja. Jika dari Singaraja maka jarak yang ditempuh sekitar 40 km ke arah selatan menuju Denpasar atau menempuh waktu kira-kira setengah jam perjalanan darat.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bali Pantai Kuta

Sejarah Kebun Raya Bedugul

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Karya Eka Bali 1Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Karya Eka Bali
Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Karya Eka Bali

Tempat Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Bedugul atau juga disebut Kebun Raya Eka Karya Bali ini adalah sebuah kebun botani atau taman botani tropis yang luas dan besar di pulau dewata, berlokasi di kawasan wisata Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, yang berada di bagian tengah pulau Bali kira-kira 56 km dari kota Denpasar. Kebun raya Bedugul terletak pada ketinggian diantara 1250-1450 diatas permukaan laut, dengan luas kebun sekitar 157.5 hektar, temperatur pada siang hari antara 17-25° C dan pada malam hari antara 10-15° C dengan kelembaban dari 70-90%.

Dikarenakan cuaca yang ada di kawasan kebun raya atau kawasan Bedugul pada umumnya sulit diprediksi maka dianjurkan bagi pengunjung untuk menyiapkan baju hangat, payung ataupun jas hujan sebelum mengunjungi objek wisata kebun raya Bedugul ini. Untuk mencapai lokasi kebun raya Eka Karya Bedugul dianjurkan menggunakan mobil, sepeda motor, taksi ataupun bus wisata karena untuk mencapai kebun raya bedugul dengan transportasi umum seperti angkot agak sulit karena jadwal yang sering berubah, selain kebun raya juga terdapat tempat wisata menarik lainnya yang masih dalam kawasan wisata Bedugul seperti objek wisata pura Ulun Danu Beratan, Danau Beratan dan pasar buah dan sayur-sayuran tradisional Bedugul. Tempat Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi.

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Bedugul
Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Kebun Raya Bedugul

Sejarah kebun raya Bedugul Bali dimulai dari ide dari Prof.Ir. Kusnoto Setyodiwiryo sebagai (Presiden dari Badan Pusat Penelitian Lingkungan) dan sekaligus sebagai kepala dari kebun-kebun raya di Indonesia, dan I Made Taman (Kepala Badan Konservasi Lingkungan dan Pelestarian) untuk membuat sebuah kebun raya di luar pulau Jawa, dalam hal ini adalah pulau Bali. Pendekatan kepada Pemerintah Provinsi Bali dimulai pada tahun 1955, sampai akhirnya pada tahun 1958 pihak berwenang di Bali secara resmi menawarkan kepada Dewan Pusat Penelitian Lingkungan untuk membangun Kebun Raya di Bali. Berdasarkan perjanjian tersebut, lokasi yang ditentukan dari Kebun Raya meliputi area seluas 50 hektar hutan dan reboisasi Candikuning berbatasan langsung dengan Cagar Alam Batukau. Tepat pada tanggal 15 Juli 1959 kebun raya “Eka Karya” Bali diresmikan oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo, sebagai realisasi dari keputusan Kepala Daerah Tingkat 1 Bali 19 Januari 1959 Nomor 19/E.3/2/4. Tempat Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi.

Berikut tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi Wisata ke Bali Melihat Panorama Gunung Batur, Kebun Raya Bedugul Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi, Pariwisata Bali Keunikan Danau Batur KintamaniLiburan Bali Bersama di Pulau Penyu, Danau Bratan Bedugul Tempat Liburan yang Asyik.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banda Aceh Pantai Lampuuk
Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Unik, Wisata Indah, Liburan Murah Ke Bali, Pariwisata Bali, Wisata Pantai, Wisata Ke Bali, Tempat Pariwisata, Wisata Pantai Kuta Bali.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *