Thursday , January 18 2018
Home / Wisata Jawa / Pesona Jawa Tengah / Keberadaan Wisata Jogjakarta Jembatan Gantung Selopamioro Bantul

Keberadaan Wisata Jogjakarta Jembatan Gantung Selopamioro Bantul

Keberadaan Wisata Jogjakarta Jembatan Gantung Selopamioro Bantul

Wisata Jogjakarta Jembatan Selopamioro
Wisata Jogjakarta Jembatan Selopamioro

Wisata Jogjakarta. Jembatan ini menghubungkan Desa Selopamioro dan Sriharjo Imogiri Bantul Yogyakarta. Jembatan ini melintang di atas sungai Oya dengan bukit hijau di kedua ujungnya. Masyarakat setempat sangat merasakan manfaat dari jembatan gantung ini sebagai jalur transportasi demi kelancaran roda perekonomian dan pendidikan. Jalur menuju jembatan ini merupakan persawahan hijau dan perbukitan yang berhawa sejuk, di sekitar jembatan juga terdapat beberapa air terjun yang mengalir dari atas bukit sehingga menambah keelokan alam di Jembatan Gantung Selopamioro ini.

Tujuan dibangunnya Jembatan Selopamioro Bantul

Jembatan dibuat untuk memperlancar perekonomian dua tempat yang terpisah oleh sungai. Wisata Jogjakarta keberadaan sebuah jembatan menjadi akses penting yang diandalkan, meski lebarnya hanya dilewati satu sepeda motor alias tidak lebih dari dua meter. Hal serupa juga juga bagi masyarakat dua desa, Selopamioro dengan Sriharjo. Sejak dibuatkan Jembatan Gantung Siluk tahun 2004, akses kedua desa semakin mudah. Jembatan ini juga lebih dikenal dengan Jembatan Gantung Selopamioro. Karena, membicarakan Jembatan Siluk ada dua, yakni Jembatan Gantung Siluk atau Selopamioro dan Jembatan Siluk, yang memudahkan perjalanan menuju Panggang, Gunung Kidul.

Terasering Sawah Sekitar Jembatan Selopamioro

Wisata Jogjakarta keberadaan Jembatan Selopamioro semakin menawan dengan adanya terasering sawah, selepas perkampungan warga. Terasiring bernama Sangupati yang bertingkat-tingkat, seolah mengukir batuan-batuan kapur. Warna hijaunya berpadu dengan kelegaman bebatuan yang harmonis dengan biru langit yang terang. Dibangun sejak tahun 2004, Jembatan Gantung Selopamioro memudahkan penduduk dalam hal perekonomian. Anak-anak yang berangkat ke sekolah juga tidak lagi menyeberangi Sungai Oya yang tidak bisa dilewati ketika musim hujan. Penduduk yang akan pergi ke ladang yang berada di seberang desa juga tidak lagi memutar jalan. Sehingga segala akses antar desa menjadi semakin cepat dengan adanya Jembatan Gantung Selopamioro.

Wisata Jogjakarta Jembatan Selopamioro
Wisata Jogjakarta Jembatan Selopamioro

Jembatan Gantung Selopamioro di Kawasan Perbukitan Kars

Jembatan Gantung Selopamioro berada di perbukitan karts. Sehingga menyajikan pemandangan yang sangat indah dan menawan jika dilihat dari jembatan. Wisata Jogjakarta waktu yang tepat untuk mengunjungi Jembatan Gantung ini adalah pada sore hari. Dimana ketika matahari mulai condong ke barat dan memancarkan sinar orange kekuningannya yang membuat suasana menjadi semakin damai dan indah.

Kondisi Alam di Sekitar Jembatan Gantung Selopamioro

Kondisi alam sekitar yang masih asri juga memberikan pengalaman yang tak akan bisa anda lupakan. Wisata Jogjakarta Jembatang Gantung Selopamioro dicat dengan warna kuning. Wisata Jogjakarta warna yang mencolok ini membuat jembatan gantung lebih cantik dan tidak biasa dari jembatan pada umumnya. Karena warnanya yang indah dan berwarna inilah Jembatan Gantung Selopamioro pernah digunakan untuk foto prewedding dan salah satu operator telekomunikasi pernah melakukan iklannya di jembatan ini. Jembatan Selopamioro juga dikenal karena sering digunakan untuk syuting beberapa FTV dan video klip.

Wisata Jogjakarta Sawah di sekitar Jembatan Selopamioro
Wisata Jogjakarta Sawah di sekitar Jembatan Selopamioro

Lokasi Jembatan Gantung Imogiri

Lokasi Jembatan Gantung Imogiri cukup jauh dari ibukota kecamatan Imogiri dan harus melewati jalan pedesaan yang sempit. Jalan yang kami lalui ini sudah diaspal baik meskipun ukurannya tidak lebar dan hanya cukup dilewati satu kendaraan roda empat tanpa simpangan. Wisata Jogjakarta disarankan untuk menuju ke Jembatan Gantung Imogiri ini menggunakan kendaraan roda dua saja. Memasuki Desa Wisata Kedung Miri, kami menyusuri tepian Sungai Oyo hingga berujung pada jalan yang dibuat dari semen.

Wisata Jogjakarta tidak berapa lama kami tiba ditepi jembatan gantung tersebut. Jembatan Gantung Imogiri yang bercat kuning ini merupakan jembatan umum, siapa saja boleh melintas secara bergantian dan tidak dipungut biaya. Dengan lebar sekitar satu meter, jembatan ini bisa dilalui warga dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua secara bergantian. Keberadaan jembatan ini cukup membantu warga antara kedua desa untuk mempersingkat waktu tempuh. Misalnya jembatan tersebut tidak ada, penduduk desa yang lokasinya berseberangan harus memutar lebih jauh melewati jembatan Siluk atau menyebrang sungai.

Tlogo Putri Kaliurang Jogjakarta

Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat juga beberapa wahana permainan disekitar embung seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat jungkit dan beberapa permainan lainnya. Terdapat banyak pilihan aktivitas wisata yang ditawarkan di Tlogo Putri. Wisata Jogjakarta mulai dengan jalan-jalan untuk mencari tempat duduk yang enak untuk melepas kepenatan, naik kano, becak air, bermain jungkat-jungkit dan ayunan, bermain fliying fox, naik bianglala atau hanya sekedar foto-foto saja untuk mencari obyek yang menarik.

Monyet, Hewan Penunggu Tlogo Kaliurang

Ditempat ini juga terdapat segerombolan monyet yang sering menampakkan diri dan tidak terganggu dengan kedatagan para wisatawan. Wisata Jogjakarta monyet tersebut tidak akan mengganggu kecuali diganggu lebih dahulu. Tlogo Putri terletak di kawasan lereng Selatan Merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat juga jalur tracking dengan berjalan kaki memasuki hutan dengan menyusuri jalan setapak sampai akhirnya sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau di Air terjun Tlogo Muncar. Jadi bagi anda yang tengah berkesempatan berlibur ke Kaliurang, maka tak ada salahnya jika anda bersama rombongan untuk mengunjungi Tlogo Kaliurang Jogjakarta ini. Disini anda beserta keluarga dapat merasakan suasana baru sekaligus panorama alam yang begitu menakjubkan. Dengan berkunjung ke Kaliurang anda akan serasa berada di kawasan Puncak karena hawanya yang sejuk dan dingin.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber :

Wisata Kuliner Jogja, Wisata Alam, Wisata Jogjakarta, Wisata Kuliner Yogyakarta, Kota Wisata, Jembatan Gantung Selopamioro, Wisata Jembatan di Bantul, Bantul, Selopamioro, Jembatan Selopamioro, Jembatan Gantung Jogja.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

2 comments

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, itt seems as though you relied on the vidso to make your point.
    Yoou cearly know what youre ttalking about, whyy throw
    away your intwlligence onn just posting videos too your webkog
    when yoou couuld bee giving us something enlightening to read?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *