Kawah Putih Tempat Wisata Bandung

Wisata Bandung Kawah Putih

Kawah Putih Tempat Wisata Bandung

Wisata Bandung Kawah Putih
Wisata Bandung Kawah Putih

Tempat Wisata Bandung Di ketinggian Gunung Patuha, tersembunyi keindahan bekas kawah tua yang unik. Bau belerang akan menyambut Anda begitu tiba di tebing kawah, menjadi sajian yang tidak terpisahan ketika mengagumi kawah berwarna hijau muda yang dikelilingi oleh pasir putih serta riak air dalam kawah yang bertabur asap tipis serta sesekali letupan lumpur hidup, menjadikannya sebuah atraksi alam yang tiada duanya. Sebagai tambahan, warna air Kawah Putih selalu berubah-ubah bila terkena sinar matahari.

Pertama kali terungkap pada tahun 1837 oleh seorang ilmuwan asal Belanda yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghun, danau di ketinggian 2194 m dpl dengan suhu sekitar 15-22 derajat Celcius ini sangat memesona. Karena keunikannya itu, Kawah Putih menjadi objek wisata bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, serta latar belakang favorit bagi para fotografer dan sineas film. Secara geologis, Kawah Putih terbentuk dari aktifitas letusan Gunung Patuha yang terjadi di abad ke-XII. Nama Patuha sendiri berasal dari nama awal gunung ini, Gunung Sepuh (Bahasa Sunda untuk ‘tua’).

Tempat Wisata Kawah Putih
Tempat Wisata Kawah Putih

Bentuk Kawah Putih mirip sebuah danau yang dikelilingi dinding bukit yang sangat terjal namun di bagian lain agak landai menyerupai pantai sehingga pengunjung dapat berjalan ke tepinya dan menyentuh air kawah yang mengandung belerang.

Warna air kawah berubah-ubah tergantung pada kandungan mineralnya saat itu, kadang-kadang danau ini memutih seperti ditutupi salju namun kadang- kadang berwarna hijau kebiru-biruan. Suasana di kawah ini sangat tenang dengan panorama yang sangat mengesankan. Tempat Wisata Bandung Transportasi menuju ke Kawah Putih tidak dilayani oleh angkutan umum, untuk mencapai tempat ini anda harus membawa kendaraan sendiri atau mencarter ojek yang banyak terdapat di Alam Endah.

Sejarah Kawah Putih

Keindahan Tempat Wisata Bandung Kawah Putih
Keindahan Tempat Wisata Bandung Kawah Putih

Letusan hebat oleh Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Tempat Wisata Bandung Karena kepercayaan tersebut, tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan. Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari sana ia melihat ada sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyegat.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Surabaya, Jembatan Suramadu

Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata. Tempat Wisata Bandung Cerita dan misteri tentang Kawah Putih terus berkembang dari satu generasi masyarakat ke generasi masyarakat berikutnya. Hingga kini mereka masih percaya bahwa Kawah Putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur. Bahkan menurut kuncen Abah Karna yang sekarang berumur ± 105 tahun dan bertempat tinggal di Kampung Pasir Hoe, Desa Sugih Mukti; di Kawah putih terdapat makam para leluhur, diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong.

Puncak Gunung Patuha Tempat Wisata Bandung
Puncak Gunung Patuha Tempat Wisata Bandung

Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Tempat Wisata Bandung Di tempat ini masyarakat sesekali melihat (secara gaib) sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur. Franz Wilhem Junghuhn kini sudah lama tiada, namun penemunya yang dikenal dengan nama Kawah Putih masih tetap anggun mempesona sampai saat ini

Akses Menuju Kawah Putih

Juga di kawasan selatan Bandung terdapat Situ Cileunca, sebuah danau buatan yang digunakan untuk keperluan pembangkit tenaga listrik. Danau ini terletak tak jauh dari kota Pangalengan. Tempat Wisata Bandung Kawasan Perkebunan Teh Malabar di dekat Pangalengan merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, Di sini pengunjung dapat berjalan-jalan mengelilingi areal perkebunan teh dan menginap di guesthouse milik perkebunan dengan arsitekturnya yang menarik bergaya kolonial Belanda.Tempat Wisata Bandung

Tempat Wisata Jawabarat Situ Patenggan
Tempat Wisata Jawabarat Situ Patenggan

Lokasi Tempat Wisata Bandung Kawah Putih Bandung terletak di Jl. Raya Soreang Ciwidey Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat – Indonesia 4097. Berada pada Kilo Meter 25 dengan titik koordinat GPS -7.165833, 107.401944. Alamat ini merupakan lokasi dimana pintu gerbang kawah putih berada. Sedangkan keberadaan kawahnya yang menjadi obyek wisata utama yaitu di Jalan Kawah Putih Ciwidey. Perbedaan jarak antara pintu masuk sampai kawah sekitar 5 KM.

BACA JUGA :  Wisata Alam Maribaya

Akses menuju Tempat Wisata Bandung ini sangat mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan umum apalagi kendaraan pribadi roda dua dan empat. Agar anda tidak tersesat saat melakukan perjalanan wisata menuju obyek wisata ini. Berikut akan dijelaskan cara ke kawah putih.

Menggunakan Kendaraan Umum

Banyak sekali Bus antar kota maupun bus antar Provinsi yang menuju kota Tempat Wisata Bandung. Dari mana saja Anda berasal, rute yang pertama harus anda tempuh adalah menuju terminal Leuwi Panjang Bandung. Kemudian setelah sampai di terminal leuwi panjang dapat dilanjutkan menuju lokasi Kawah Putih menggunakan kendaraan umum sebagai berikut :

  1. Dari Terminal lewi Panjang naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey.
  2. Dari Terminal Ciwidey Naik Angkutan Umum (angkot) jurusan Ciwidey – Situ Patengang, Ciri mencolok dari angkot tersebut berwarna kuning, dan minta turun di pintu Gerbang Kawah Putih
  3. Dari Pintu Gerbang Menuju Lokasi Kawah menggunakan angkutan yang disediakan pengelola Obyek Wisata yaitu mobil shuttle

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Akses Menuju Tempat Wisata Bandung Kawah Putih
Akses Menuju Tempat Wisata Bandung Kawah Putih

Ke Kawah putih melalui Tol Purbaleunyi (pintu tol Kopo) – Dari Jakarta atau kota lainnya menggunakan tol Purnaleunyi dan keluar di Pintu Gerbang tol Kopo, kemudian belok kanan dilanjutkan ke arah soreang, terus ke Cieidey dan sampai di lokasi Tujuan Tempat Wisata Bandung Kawah Putih. Jalur inilah yang dianggap paling dekat walaupun terkadang harus bersabar melewati kemacetan di daerah Kopo Sayati. Jalan alternatif melalui Pintu Tol Buah Batu

Dari terminal Leuwi Panjang di Bandung wisatawan dapat menumpang bus ke Ciwidey (1.5 jam). Dari Ciwidey dapat menumpang angkot ke Situ Patengan yang merupakan sebuah danau indah yang dikelilingi kawasan pepohonan dan juga perkebunan teh. Tempat Wisata Bandung Lokasi ini ramai dikunjungi orang pada hari libur dimana pengunjung dapat bermain sepeda air mengelilingi danau.

BACA JUGA :  Masjid Raya Baiturrahman, Pesona Wisata Aceh

Harga tiket masuk dan Fasilitas di  kawah putih

Tempat Wisata Bandung Tangga Kawah Putih
Tempat Wisata Bandung Tangga Kawah Putih

Kawah putih adalah Tempat Wisata Bandung terbuka untuk umum setiap hari, yaitu dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tarif atau biaya tiket sebesar Rp. 15.000,- / orang. Harga tiket ini hanya berlaku untuk wisatawan domestik / lokal. Sedangkan harga tiket untuk wisatawan manca negara adalah sebesar Rp. 30.000,- / orang. Perjalanan dari pintu gerbang kawah putih menuju lokasi puncak berjarak sekitar 5 Km, dengan jalan yang menanjak naik ke atas. Untuk menuju puncak di sediakan alat transportasi yang dinamakan ontang anting dengan tarif Rp. 10.000,- / orang pulang pergi sebagai sarana pendukung wisata kawah putih Ciwidey. Nama ontang anting di ambil dari bahasa Sunda yang berarti mondar mandir.

Untuk fasilitas tersedia mushola, tempat parkir, dan kendaraan menuju kawah. Selain itu di sekitarnya banyak warung – warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional. Salah satu minuman favorit adalah seduhan kopi hitam dan bandrek. Minuman ini dapat menghangatkan badan karena rasa jahenya.Tempat Wisata Bandung

Sumber : http://www.disparbud.jabarprov.go.id/  || http://bandung.go.id/ || http://www.bandungkab.go.id/ || http://www.kawah-putih.com/

=> Artikel Menarik Lainnya <=

1. Pesona Wisata Bandung Taman Bunga Cihideung

2. Misteri Si Cantik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

3. Wisata Alam Maribaya

4. Wisata di Jalan Legendaris, Jalan Braga Bandung

Wisata Bandung, Tempat Wisata, Wisata di Bandung, Tempat Wisata Bandung, Wisata, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata Bandung, Kawah Putih, Pesona Wisata Kawah Putih.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *