Wednesday , January 17 2018
Home / Wisata Jawa / Pesona Jawa Tengah / Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Jogja, Kota Wisata Kaliurang
Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Kota Wisata. Kawasan puncak yang merupakan daerah berhawa sejuk dan dingin di Yogyakarta tak lain adalah Kaliurang. Kawasan ini terkenal dengan tempat peristirahatan yang menyediakan banyak tempat penginapan dan hotel yang siap menampung tamu wisatawan lokal mauipun luar negeri. Beragam kegiatan wisata yang terdapat di kawasan ini menawarkan keindahan yang bervariasi seperti gardu pandang dan pos pengamatan Merapi, Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Wisma Kaliurang, Taman bermain anak, Gua Jepang dan Tlogo Putri.

Dari sekian banyak tempat wisata yang merupakan bagian dari kawasan wisata Kaliurang adalah Tlogo Putri yankg terletak di bukit Plawangan. Kaliurang yang secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti “Sungai Udang”, adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Yogyakarta, persisnya di Kabupaten Sleman, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Kota wisata Akses menuju ke Kaliurang sangat mudah. Setidaknya dengan jalan kaki atau menumpang angkutan bus, kol (Colt), taksi, ojek atau becak (jarang yang mau), melewati Jalan Kaliurang.

Jarak Kaliurang Ke Yogyakarta

Jarak Kaliurang ke Yogyakarta kurang dari 1 jam perjalanan, dan ke Surakarta kurang dari 3 jam perjalanan. Kaliurang terletak didaerah dataran tinggi banyak resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Kota wisata maka di sini terdapat banyak vila-vila penginapan, kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Tlaga Putri. Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Wisma Kaliurang.

Jogja, Kota Wisata Kaliurang
Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Kaliurang Sebagai Tempat Perundingn Khusus Antara RI dengan Komisi Tiga Negara

Di sana pernah terjadi Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang ini melahirkan Notulen Kaliurang. Kota wisata Republik Indonesia diwakili oleh Presiden Soekarno , Wapres Moh Hatta , PM Syahrir dan Jendral Soedirman. Sedangkan Delegasi Belanda diwakili oleh Paul Van Zeeland (Belgia), Richard Kirby (Australia), dan Dr. Frank Graham (AS).

Di dalam perundingan, Frank Graham mengucapkan ungkapan populer, yaitu “You are what you are from bullets to the ballots.” Selain itu terdapat bangunan Villa Van Rezink yang berada di utara Taman Rekreasi Anak. Kota wisata Kaliurang adalah ujung paling utara kota Jogja, dan terletak di kaki Gunung Merapi bagian barat daya. Kota wisata tempat wisata ini pada jaman dahulunya dikenal sebagai tempat peristirahatan Belanda pada masa penjajahan. Seiring perjalanan waktu, Kaliurang menjadi tempat peristirahatan orang-orang kondang kota Jogja.

Jogja, Kota Wisata Kaliurang
Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Kaliurang Sebagai Wisata Baru Setelah Gunung Merapi

Berubahnya Kaliurang menjadi lokasi wisata tidak lantas diikuti dengan terkenalnya Gunung Merapi sebagai salah satu objek wisata. Baru setelah tahun 1983 Gunung Merapi diperkenalkan kepada masyarakat umum. Kota wisata kawasan ini cukup aman dan selain itu dilengkapinya kawasan ini dengan sirine peringatan letusan merapi yang akan berbunyi beberapa jam sebelum letusan terjadi membuat warga mampu bersiap-siap dan tenang ketika akan mengungsi.

Hawanya yang sejuk mampu mengembalikan kesegaran badan dan pikiran. Kota wisata namun, tak jarang pula Kaliurang dijadikan lokasi untuk mengadakan rapat atau pertemuan penting. Kota wisata selain tempat beristirahat, Kaliurang juga menyediakan tempat untuk berkemah dan jalur-jalur yang dapat dilalui untuk trekking. Tercatat 262 hotel telah tergabung dalam Asosiasi Perhotelan Kaliurang (Aspek) dengan rata-rata pertumbuhan 8 hotel per tahun sejak tahun 1979. Masih di wilayah jalan kaliurang juga terdapat sebuah kebun anggerk yang sangat luas.

Jogja, Kota Wisata Kaliurang
Jogja, Kota Wisata Kaliurang

Kebun Anggrek Mekar Lestari di Kawasan Kaliurang

Tepatnya pada KM 15,5 terdapat sebuah kebun anggrek mekar lestari. Di kebun inilah pusat dari seluruh pekebun anggrek di wilayah sleman terpusat menjadi satu. Kota wisata sebuah kebun yang berasal dari ide beberapa orang pecinta anggrek di wilayah sleman untuk menjadikan tempat ini menjadi sentra anggrek di wilayah Sleman. Tempat dimana terdapat berbagai macam anggrek dengan berbagai macam spesies, juga terdapat berbagai macam ukuran anggrek.

Kota wisata dari anggrek anakan yang masih kecil hingga anggrek yang berukuran besar bahkan indukan anggrek juga terdapat disini. Kota wisata Anggrek spesies yang ditangkarkan dari daerah aslinya juga terdapat disini, hingga anggrek hibrid lokal maupun hibrid impot juga ada. Hal ini akan memudahkan pelanggan dan hobis dalam mencari tanaman favoritnya.

Pemandangan Hijau Yang Indah di Resor Kaliurang

Resor Kaliurang menawarkan bukan hanya pemandangan hijau yang indah tapi juga udara yang sejuk. Jika Anda ingin melarikan diri dari keramaian kota dan kesibukan Anda sehari-hari,  tempat inilah yang paling tepat. Berada di sebelah selatan lereng gunung Merapi, dan berjarak  sekitar 28 kilometer dari Yogyakarta. Kota Wisata resor ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Merasakan udara sejuk menyentuh kulit Anda  merupakan salah satu hal yang bisa Anda dapatkan di resor ini selain bersantai, berenang dan jalan-jalan. Kenyamanan inilah yang akan membuat Anda betah berlama-lama tinggal di tempat yang mengingatkan kita akan lukisan alam di buku gambar sewaktu kita kecil dulu.

Di area resor kaliurang terdapat Taman Rekreasi Kaliurang, ke arah timur tedapat Taman Wisata Plawangan Turgo, sejumlah monyet yang berloncatan dari dahan pohon yang satu ke yang lain, kicau burung yang riang dan tangga berundak-undak. Untuk mendapatkan semua ini sebaiknya Anda menyusuri setiap sisi resor Kaliurang yang menakjubkan.

Hotel Murah Yang Nyaman dan Strategis di Kota Jogja

Apabila anda tengah berkesempatan berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta silahkan untuk singgah dan bermalam di Cafe & Hotel Omah Semar, berikut informasi alamat lokasi beserta fasilitas yang ada di Cafe & Hotel Omah Semar Jogja, semoga berkenan.

================================================================================

Alamat : Jalan Kompol Bambang Suprapto No. 22,Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55225 Telp. 0858-6802-6746/ 0851-0845-0022/ 0851-0936-0022 Website: Omahsemar.com Email: Admin@omahsemar.com

================================================================================

Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000
Kamar Semar di Hotel Omah Semar Jogja Rp. 575.000

Berikut Fasilitas Hotel Omah Semar :

  • Double Bed
  • Extra Bed Untuk 3 Orang
  • AC
  • LCD TV + TV Kabel (Saluran Nasional & International)
  • Shower / Bathtup dengan Air panas dan dingin
  • Kulkas dan Pemanas Air
  • Makan Pagi untuk 2 Orang
  • Lahan Parkir gratis
  • Gratis Penjemputan dari Stasiun dan Bandara
  • Cafe dan Resto
  • Hot Spot Area
  • City Tour *on request

Kunjungi Tempat- tempat wisata menarik lainnya di :

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kaliurang

http://indonesia.travel/sites/site/460/resor-kaliurang

 

Wisata Kuliner Jogja, Wisata Alam, Wisata Jogjakarta, Wisata Kuliner Yogyakarta, Kota Wisata, Kaliurang, Wisata Kaliurang, Pesona Kaliurang, Lokasi Kaliurang, Tanaman Anggrek Kaliurang.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *