Hamparan Pesona Wisata Pantai Tanjung Jumelai

Eksotisme Panorama Pantai Tanjung Jumelai

Hamparan Pesona Wisata Pantai Tanjung Jumelai

Keindahan Batu Lumapu di Pulau Sebatik
Keindahan Batu Lumapu di Pulau Sebatik

Pesona wisata. Nunukan merupakan ibukota kabupaten Nunukan yang berbatas langsung dengan Negara tetangga Malaysia yaitu dengan kota Tawau. Nunukan merupakan kota yang sangat strategis sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur bagian Utara. Sehingga sarana dan prasarana bagi wisatawan Mancanegara perlu ditingkatkan walaupun di Kota Nunukan terdapat Hotel, Restoran dan tempat hiburan. Obyek wisata menarik lainnya antara lain:

Batu Lumapu terletak di Pulau Sebatik dimana terdapat hamparan pantai yang luas bila air surut dan konon terdapat sebuah batu yang timbul bila air pasang yang disebut Batu Lumapu. Lokasi ini bersebrangan dengan Pulau Nunukan. Disungai Nyamuk penduduknya bercocok tanam lada dan coklat. Bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dapat langsung dari Tarakan atau melalui Nunukan atau meneruskan perjalanan ke Pulau Nyamuk.

Pesona Wisata Long Bawan

Long Bawan ( Krayan) didaerah pegunungan berbatasan dengan Sabah dan dihuni oleh suku Lundaye, seni budaya khas suku Lundaye yaitu upacara adat Nyumpai Semarang Mei Ulung. Tarian Parisanan dan Baritubang. Di daerah ini terdapat lapangan terbang perintis dengan pesawat dari Tarakan. Kecamatan Kayan terkenal dengan populasi ternak kerbau dan sebagai lambing padi serta penghasil padi serta penghasil garam.

Wisata Goa Tengkorak
Wisata Goa Tengkorak

Pesona Wisata Suku Dayak Kenyah Malinau

Kabupaten Malinau merupakan daerah yang dihuni oleh suku dayak kenyah yang bermukim di kecamatan Pujungan yaitu Uma Lasan, Bakung Pua, Lepoke. Lepo Maut, Uma Lung, Punan Benalui, Uma Alim, Badeng, Leppo Ngibun dan Lepo Entang. Keanekaragaman tersebut menimbulkan keanekaragaman seni dan budaya. Umntuk mencapai pemukiman Suku Dayak Kenyah ini dapat menggunakan longboat dari Tanjung Selor- Long Peso-Long Pijungan. Desa Long Ampung terletak di tepi Sungai Kayan. Di desa Apo Kayan terdapat lapangan terbang perintis yang dikenal dengan Lapter Long Ampung. Di sini juga dihuni oleh Suku Dayak K enyah Lepo Jalau yang rajin berladang. Mereka juga memiliki lamin adat dan memiliki daya tarik dan seni budayanya. Wisatawan dapat menggunakan pesawat DAS dari Samarinda – Long Ampung.

BACA JUGA :  Pulau Burung Banten

Letaknya di tepi Sungai Kayan dan berbatasan dengan Serawak. Long Nawang adalah ibukota kecamatan Kayan Hulu yang dahulu dikenal dengan Apo Kayan. Di sini sentral Suku Dayak Kenyah baik pusat budaya kesenian bukan adat malam. Jarak dari Long Serawak dengan Long Lawang sekitar 570 km. Daerah ini mempunyai bukti sejarah zaman penjajahan dengan adanya bekas tangga jajahan dan makam tentara Belanda.

Suku Dayak Punan di Desa Sambudurut

Letaknya diseberang Kota Malinau dan diperkampungan ini dihuni oleh suku Dayak Punan. Selain itu sepanjang sungai Tubo juga terdapat desa- desa suku Dayak Punan. Dimana orang suku Punan ini dikenal dengan ketangkasan berburu serta ahli membuat sumpit dan racun sumpit serta tikar rotan. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi daerah suku Dayak Punan ini melalui Tarakan menuju ke Malinau dan setelah mencarter Longboat ke lokasi Suku Dayak Punan dengan Guide lokal yang ada di Malinau.

Data Dian

Data Dian merupakan ibu kota kecamatan Kayan Hilir dan di daerah ini juga dekat dengan perbatasan Negara Malaysia. Penduduk asli Data Dianadalah mereka ini penduduk pertama yang mendiami di udik Sungai Kayan tersebut, oleh sebab itu Sungai yang terpanjang di Kabupaten Malinau yang bermuara ke Kabupaten Bulungan adalah Sungai Kayan. Daerah Sungai Kayan sangat terkenal dengan arung jeram yang sangat terjal adalah satu arung- arung jeram.

Long Ampung

Desa Long Ampung terletak ditepi Sungai Kayan. Daerah Apo Kayan di desa terdapat lapangan terbang Perintis yang dikenal Lapter Long Ampung. Di desa inidihuni oleh suku Dayak Kenyah Lepo Jalau dan mereka sangat rajin berladang. Dan mereka juga memiliki lamin adat sehingga seni budayanya di daerah ini. Bagi wisatawan yang akan mengunjungi desa menggunakan pesawat DAS dari Samarinda- Long Ampung.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Banjarmasin Taman Siring

Area di Sekitar Kabupaten Pasir

Perkebunan Kelapa Sawit Kaltim
Perkebunan Kelapa Sawit Kaltim

Perkebunan Sawit

Letaknya kurang lebih 120 km dari Tanah Grogot. Panorama alam dengan hamparan kebun kelapa sawit yang luas dengan udara yang segar yang merupakan tempat obyek wisata agro yang menarik untuk di kunjungi.

Goa Tengkorak

Goa ini terletak di desa Jemparing dengan jarak kurang lebih 55 km dari tanah Grogot . Di dalam goa terdapat tengkorak- tengkorak peninggalan sejarah. Untuk menuju lokasi ini dapat di tempuh dengan sarana transportasi kendaraan baik roda 4 maupun roda 2.

Pesona Air Terjun Doyam Turu

Letaknya di desa Lempesu, 27 km dari Tanah Grogot. Merupakan obyek wisata yang favorit untuk berlibur, sambil menikmati pesona alam yang indah dan hawa yang sejuk. Di tempat ini tersedia warung makan untuk pengunjung.

Penajam

Pantai Tanjung Jumelai, terletak sekitar 125 km dari Tanah Grogot, dan di sepanjang pantai terdapat hamparan pasir putih yang indah yang membentang sejauh 4 km dengan udara pantai yang segar. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan berbagai sarana transportasi.

Pulau Kwangan memiliki panorama alam dengan dengan berbagai jenis karang laut diperairan sekitar pulau merupakan pemandangan yang indah dan alami dan memiliki potensi dan daya tarik wisata. Untuk menuju lokasi ini menggunakan speed boat atau perahu motor selama 30 menit dari kota kecamatan.

Pesona wisata, Pesona Wisata Batu Lumapu, Batu Lumapu, Pulau Kwangan, Wisata Goa Tengkorak, Tanah Grogot, Pesona Wisata di Tanah Grogot, Pantai Tanjung Jumelai, Long Ampung, Suku Dayak Dian.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.