Tuesday , September 19 2017
Home / Wisata Jawa / Pesona Jawa Barat / Destinasi Wisata Bandung Liburan ke Situs Prasejarah Megalitikum

Destinasi Wisata Bandung Liburan ke Situs Prasejarah Megalitikum

Destinasi Wisata Bandung Liburan ke Situs Prasejarah Megalitikum

Situs Gunung Padang Destinasi Wisata Bandung
Situs Gunung Padang Destinasi Wisata Bandung

Destinasi Wisata Bandung Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Laporan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, “Buletin Dinas Kepurbakalaan”) tahun 1914. Sejarawan Belanda, N. J. Krom juga telah menyinggungnya pada tahun 1949. Setelah sempat “terlupakan”, pada tahun 1979 tiga penduduk setempat, Endi, Soma, dan Abidin, melaporkan kepada Edi, Penilik Kebudayaan Kecamatan Campaka, mengenai keberadaan tumpukan batu-batu persegi besar dengan berbagai ukuran yang tersusun dalam suatu tempat berundak yang mengarah ke Destinasi Wisata Bandung Gunung Gede.

SItus gunung Padang jika dari kejauhan bentuknya seperti Piramid Tua, Destinasi Wisata Bandung
SItus gunung Padang jika dari kejauhan bentuknya seperti Piramid Tua, Destinasi Wisata Bandung

Selanjutnya, bersama-sama dengan Kepala Seksi Kebudayaan Departemen Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, R. Adang Suwanda, ia mengadakan pengecekan. Tindak lanjutnya adalah kajian arkeologi, sejarah, dan geologi yang dilakukan Puslit Arkenas pada tahun 1979 terhadap situs ini.Lokasi situs berbukit-bukit curam dan sulit dijangkau. Destinasi Wisata Bandung Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jejeran batu andesit besar berbentuk persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam.

Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam.Fungsi situs Gunungpadang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana pada sekitar 2000 tahun SM. Destinasi Wisata Bandung Hasil penelitian Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir menunjukkan kemungkinan adanya pelibatan musik dari beberapa batu megalit yang ada. Selain Gunungpadang, terdapat beberapa tapak lain di Cianjur yang merupakan peninggalan periode megalitikum.

Situs Megalitikum Gunung Padang Destinasi Wisata Bandung
Situs Megalitikum Gunung Padang Destinasi Wisata Bandung

Sejak Maret 2011, tim peneliti katastrofi purba yang dibentuk kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, dalam survei untuk melihat aktifitas sesar aktif Cimandiri yang melintas dari Pelabuhan Ratu sampai Padalarang melewati Destinasi Wisata Bandung Gunung Padang. Ketika tim melakukan survei bawah permukaan Gunung Padang diketahui tidak ada intrusi magma. Kemudian tim peneliti melakukan survei bawah permukaan Gunung Padang secara lebih lengkap dengan metodologi geofisika, yakni geolistrik, georadar, dan geomagnet di kawasan Situs tersebut.

Hasilnya, semakin meyakinkan bahwa Gunung Padang sebuah bukit yang dibuat atau dibentuk oleh manusia (man-made). Pada November 2011, tim yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja, terdiri dari pakar kebumian ini semakin meyakini bahwa Gunung Padang dibuat oleh manusia masa lampau yang pernah hidup di wilayah itu. Destinasi Wisata Bandung Bangunan bangaunan peninggalan tersebut sangat menarik untuk di eksplorasi dan dikaji baik secara pemandangan tampak luar maupun sejarah serta kandungan-kandungan nilai-nilai dan maksud serta tujuan dibuatnya bangunan tersebut.

Destinasi Wisata Bandung Liburan ke Situs Prasejarah Megalitikum
Destinasi Wisata Bandung Liburan ke Situs Prasejarah Megalitikum

Kebanyakan batu yang berdiri merupakan batuan andesit hingga bassalt yang dibuat sedemikian rupa sehingga berbentuk seriupa dan simetris, biasanya membentuk segi 5, di mana angka 5 merupakan salahsatu angka yang sakral dalam sejarah Sunda. Destinasi Wisata Bandung Keeksotisan landsacpe lengkap dengan berbagai misteri yang mengiringinya membuat tempat yang juga berjuluk kompleks peribadatan purba, juga nama lain yang tak kalah terkenalnya adalah teater musikal purba ini berlomba-lomba mendatangkan wisatawan. Meskipun memang bukan hanya wisatawan yang tertarik dengan tempat ini, berbagai ahli sejarah, dan kepurbakalaan hingga investor-investor pembangun sangat tertarik dengan tempat purba ini.

Secara administratif situs Gunung Padang terletak di Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka. Situs berada sekitar 50 km di sebelah barat daya Kota Cianjur pada koordinat 6°59,664’S 107°3,375’E. Situs Gunung Padang merupakan punden banguan berundak peninggalan tradisi megalitik zaman prasejarah. Situs ini merupakan salah satu situs megalitik terbesar di Asia Tenggara. Situs terletak di puncak bukit yang dikelilingi oleh lembah-lembah dan bukit-bukit.  Destinasi Wisata Bandung Di sebelah tenggara terdapat Gunung Melati, di sebelah barat daya terdapat Pasir Empat dan Gunung Karuhun, di sebelah barat laut terdapat Pasir Pogor dan Pasir Gombong, dan di sebelah timur laut terdapat Pasir Malang.

Teras kelima dari situs Gunung Padang, Destinasi Wisata Bandung
Teras kelima dari situs Gunung Padang, Destinasi Wisata Bandung

Bangunan punden berundak situs Gunung Padang terbagi menjadi 5 teras mengerucut dan dibangun dengan batuan vulkanik alami yang berbentuk persegi panjang. Teras pertama merupakan teras terbawah dan terluas berdenah segi empat. Destinasi Wisata Bandung Pada jalan menuju teras pertama terdapat beberapa batu tegak di kiri kanan jalan. Di depan pintu ini terdapat susunan batu berdenah segi empat dan beberapa menhir serta adanya batu lumpang di sudut timur laut. Di teras kedua tedapat batu-batu tegak berukuran besar. Di teras ketiga terdapat lima kelompok bangunan yang sebagian besar berupa kelompok batu tegak. Sebagian dari batu-batu tersebut telah roboh.

Di teras terdapat balok-balok batu pada bagian tengah dan tiga bangunan di bagian timur laut. Bagian barat daya teras ini berupa tanah kosong. Destinasi Wisata Bandung Teras kelima merupakan bagian paling atas dari situs ini. Pada bagian ini terdapat susunan batu tegak yang membentuk ruang segi empat.  Tinggalan lain berupa tumpukan monolit.

Gunung Padang diyakini menyembunyikan piramida terbesar di dunia, Destinasi Wisata Bandung
Gunung Padang diyakini menyembunyikan piramida terbesar di dunia, Destinasi Wisata Bandung

Sejumlah media asing mulai mengulas situs kuno di Gunung Padang, Jawa Barat. Media-media asing mencoba menganalisa klaim bahwa Gunung Pada menyembunyikan bangunan piramida tertua di dunia.
Klaim itu semula muncul dari pakar geologi, Dr Danny Hilman. Menurutnya, situs kuno di Gunung Padang itu berusia antara 9 ribu hingga 20 ribu tahun. Selain itu di situs tersebut terdapat bukit buatan manusia yang strukturnya mirip bangunan piramida. Destinasi Wisata Bandung Dua media asing yang mengulas misteri situs kuno di Gunung Padang itu adalah media Australia, Sydney Morning Herald dan media Inggris, Daily Mail. Dalam pemberitaan Kamis (2/4/2015), Daily Mail, menulis, piramida tua di Mesir berusia sekitar 5 ribu tahun.

Namun, puing-puing bangunan di situs Gunung Padang usianya diperkirakan empat kali lebih tua dari piramida di Mesir. Jika klaim dan analisa itu benar, maka peradaban kuno di sekitar Gunung Padang sudah maju dan kuat. Situs Megalitik di Gunung Padang sejatinya ditemukan pada tahun 1914 dan diklaim sebagai situs terbesar dari jenisnya yang pernah ada di Indonesia. Destinasi Wisata Bandung Pada tahun 1996, seorang arkeolog pernah menemukan piramida di pantai Atlantik, Brasil selatan yang dibangun sekitar 3 ribu sebelum Masehi (SM). Piramida di Brasil ini juga diklaim lebih tua dari piramida yang ada di Mesir.

Gunung Padang Terlihat di Kejauhan Destinasi Wisata Bandung
Gunung Padang Terlihat di Kejauhan Destinasi Wisata Bandung

Dr Hilman, seorang ahli geologi senior di Pusat Penelitian Geoteknik Indonesia, mengatakan bahwa bukti struktur situs kuno di Gunung Padang terletak di bawah tanah. “Orang-orang berpikir usia prasejarah itu primitif, tapi monumen ini membuktikan bahwa itu salah,” kata Hilman. Ia percaya piramida seperti itu akan menjadi bukti peradaban kuno yang maju di tanah Jawa. Destinasi Wisata Bandung Media Australia, dalam ulasannya menyatakan temuan situs Gunung Padang adalah sesuatu yang luar biasa. “Penggalian telah didukung oleh pemerintah Indonesia, yang baru-baru ini memutuskan bahwa bagian atas Gunung Padang adalah struktur megalitik terbesar di Asia Tenggara,” demikian ulasan Sydney Morning Herald.

=>Artikel Menarik Lainya<=

Wisata Sejarah Kerajaan Kenadan di Bandung Wisata

Caringin Tilu Obyek Wisata Bandung

Wisata Bandung Selatan di Kawah Kamojang

Meneropong Bintang di Observatorium Boscha Pariwisata Bandung

Sumber : (http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=162&lang=id) (https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Gunung_Padang) (http://bandung.go.id/) (http://international.sindonews.com/read/984374/40/gunung-padang-sembunyikan-piramida-tertua-di-dunia-1427950447)

Tempat Wisata di Bandung, Tempat Wisata, Wisata di Bandung, Tempat Wisata Bandung, Wisata, Wisata Lembang, Tempat Wisata di Lembang, Tempat Menarik di Bandung, Wisata Kuliner Bandung, Wisata Alam Bandung, Objek Wisata di Bandung, Wisata Kota Bandung, Tempat Rekreasi di Bandung, Tempat Wisdata Alam di Bandung.Destinasi Wisata Bandung, gunung padang

 

 

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

One comment

  1. makasih sudah berbagi, Saya sangat antusias apa yang di ulas dalam artikel ini. saya merasakan yang begitu besar setela membaca beberapa artikel di website ini. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *