Danau Bratan Bedugul Tempat Liburan yang Asyik

Tempat Liburan Keindahan Danau Beratan Bedugul

Danau Bratan Bedugul Tempat Liburan yang Asyik

Tempat Liburan. Bedugul memiliki pemandangan alam yang indah dan sejuk dengan obyek wisata utamanya adalah Danau Bratan yang berada di puncak bukit. Keindahan Danau Bratan menjadi lebih lengkap dengan berdirinya Pura Ulun Danu. tempat di mana masyarakat berdoa sebelum dan setelah musim tanam.

Tempat Liburan Danau Bratan Bedugul
Tempat Liburan Danau Bratan Bedugul

Danau Bratan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, Danau Bratan terbilang cukup istimewa.

Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai. Di tengah danau terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu, yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Tempat Liburan.

Sejarah dan Makna Terpendam Danau Bratan

Tempat Liburan Bedugul Bali
Tempat Liburan Bedugul Bali

Sejarah dari pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Dalam babad Mengwi menjelaskan bahwa seorang pendiri kerajaan Mengwi yaitu I Gusti Agung Putu mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun. Tempat Liburan. Dalam lontar tersebut juga dijelaskan bahwa pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M dan diketahui bahwa Pura Ulun Danu. Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Pura Ulun Danu. Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu: Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti.

BACA JUGA :  Tempat Wisata di Bali yang Populer

 

Pura Ulun Danu Bratan

Tempat Liburan Menikmati Danau Bratan Bedugul
Tempat Liburan Menikmati Danau Bratan Bedugul

Tempat Liburan Pura Ulun Danu Bratan atau Bratan Pura merupakan sebuah candi air besar di Bali, Indonesia – candi utama air lainnya menjadi Pura Ulun Danu Batur. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul. candi air memenuhi seluruh wilayah di daerah aliran; di tepi hilir ada banyak candi kecil air yang spesifik untuk setiap asosiasi irigasi (subak).

Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi. Kompleks ini dibangun pada tahun 1633 yang tersebar di beberapa pulau. Meru, dengan sebelas atap didedikasikan untuk Siwa dan istrinya Parwati. Buddha pun juga memiliki tempat dalam kuil dewa Hindu tersebut. Danau Bratan dikenal sebagai danau “gunung suci”, kawasan ini sangat subur, terletak pada ketinggian 1.200 meter, dan beriklim sangat dingin. Tempat Liburan.

Tempat Liburan Keindahan Danau Beratan Bedugul
Tempat Liburan Keindahan Danau Beratan Bedugul

Tempat Liburan. Pura ulun ini yang membuat unik dari pada danau-danau lainnya di Indonesia maupun di dunia. Keunikan danau Bedugul ini tidak sembarangan sebagai obyek wisata yang ada di pulau bali. Pura ulun danu di percaya sebagai tempat bersemayamnya dewi sri atau dewi kesuburan. Hal ini tentu saja hanyalah kepercayaan yang boleh percaya atau tidak tentu kehidupan di sana bermuara pada corak kehidupan Hindu yang kental. Tentunya pantas saja jika umat Hindu mempercayainya. Bagi masyarakat umum sisi lain dari nilai-nilai yang dapat di ambil danau Bedugul ini semestinya dapat ikut melestarikan keberadaan danau nan indah ini agar tetap terjaga kebersihannya dan menjaga seluruh fasilitas-fasilitas yang ada di danau Bedugul ini, dan akan membangkitkan rasa kesadaran memiliki bangsa sendiri sebagai keajaiban dunia yang di miliki bangsa Indonesia dan tentunya membangkitkan rasa kebersamaan, keberagaman baik agama maupun sosial, budaya yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bali, Tanah Lot

Berikut tempat liburan di Bali yang wajib anda kunjungi Wisata ke Bali Melihat Panorama Gunung Batur, Kebun Raya Bedugul Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi, Pariwisata Bali Keunikan Danau Batur KintamaniLiburan Bali Bersama di Pulau Penyu, Danau Bratan Bedugul Tempat Liburan yang Asyik.

Tempat Liburan, Pesona Wisata Indonesia, Pariwisata Bali, Wisata Bali, Wisata Ke Bali, Liburan Bali, Objek Wisata di Bali, Wisata Indah, Tempat Menarik di Bali, Tempat Liburan di Bali

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.