Daerah Wisata di Bali, Legenda Istana Tampak Siring

Daerah Wisata di Bali Istana Tampak Siring

Daerah Wisata di Bali, Legenda Istana Tampak Siring

Daerah Wisata Bali. Istana Tampaksiring adalah istana yang dibangun setelah Indonesia merdeka, yang terletak di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Daerah Wisata di Bali Istana Kepresidenan
Daerah Wisata di Bali Istana Kepresidenan

Nama Tampaksiring berasal dari dua buah kata bahasa Bali, yaitu “tampak” dan “siring”, yang masing-masing bermakna telapak dan miring. Konon, menurut sebuah legenda yang terekam pada daun lontar Usana Bali, nama itu berasal dari bekas tapak kaki seorang raja yang bernama Mayadenawa. Raja ini pandai dan sakti, namun sayangnya ia bersifat angkara murka.

Ia menganggap dirinya dewa serta menyuruh rakyatnya menyembahnya. Akibat dari tabiat Mayadenawa itu, Batara Indra marah dan mengirimkan bala tentaranya. Mayadenawa pun lari masuk hutan. Agar para pengejarnya kehilangan jejak, ia berjalan dengan memiringkan telapak kakinya. Dengan begitu ia berharap para pengejarnya tidak mengenali jejak telapak kakinya. Daerah Wisata di Bali.

Namun, ia dapat juga tertangkap oleh para pengejarnya. Sebelumnya, ia dengan sisa kesaktiannya berhasil menciptakan mata air yang beracun yang menyebabkan banyak kematian para pengejarnya setelah mereka meminum air dari mata air tersebut. Batara Indra kemudian menciptakan mata air yang lain sebagai penawar air beracun itu yang kemudian bernama “Tirta Empul” (“air suci”). Kawasan hutan yang dilalui Raja Mayadenawa dengan berjalan sambil memiringkan telapak kakinya itu terkenal dengan nama Tampaksiring.

Daerah Wisata di Bali Istana Tampak Siring
Daerah Wisata di Bali Istana Tampak Siring

Istana Daerah Wisata di Bali ini berdiri atas prakarsa Presiden Soekarno yang menginginkan adanya tempat peristirahatan yang hawanya sejuk jauh dari keramaian kota, cocok bagi Presiden Republik Indonesia beserta keluarga maupun bagi tamu-tamu negara.

Arsiteknya adalah R.M. Soedarsono dan istana ini dibangun secara bertahap. Komplek Istana Tampaksiring terdiri atas empat gedung utama yaitu Wisma Merdeka seluas 1.200 m dan Wisma Yudhistira seluas 2.000 m dan Ruang Serbaguna. Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira adalah bangunan yang pertama kali dibangun yaitu pada tahun 1957. Pada 1963 semua pembangunan selesai yaitu dengan berdirinya Wisma Negara dan Wisma Bima. Daerah Wisata Bali.

Bersuci di Pemandian Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul terletak di desa Daerah Wisata di Bali Manukaya Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar – Bali. Pura ini juga merupakan tempat bersejarah karena di beberapa bangunan di pura ini salah satunya didirikan istana kepresidenan yang di bangun pada masa pemerintahan Soekarno di Indonesia.

BACA JUGA :  Taman Budaya GWK Tempat Menarik di Bali

Nama Pura Tirta Empul di ambil dari sumber mata air yang dinamakan Tirta Empul yang apa bila diartikan adalah sebuah air yang menyembur dari tanah. Jadi Tirta Empul adalah air suci yang menyembur keluar dari dalam tanah ( Mata air suci ). Untuk lebih lengkap mengetahui Sejarah Pura Tirta Empul dapat anda Baca Disini.

Daerah Wisata di Bali Kolam Istana Tampak Siring
Daerah Wisata di Bali Kolam Istana Tampak Siring

Daerah Wisata Bali. Seperti halnya pura-pura lain di bali, Pura Tirta Empul di bagi menjadi 3 bagian yakni Nista mandala adalah bagian paling luar pura yang bisa juga disebut ‘jabe sisi’, Madya Mandala adalah bagian tengah pura setelah nista mandala yang biasa juga disebut ‘jabe tengah’ dan yang terakhir adalah Utama Mandala adalah bagian utama dari pura yang biasa disebut dengan ‘jeroan’.

Pada bagian Madya Mandala inilah terdapat sebuah kolam persegi panjang yang memiliki kurang lebih 30 buah pancuran yang berjejer dari timur ke barat dan menhadap ke selatan. Kolam di Pura Tirta Empul ini lebih mirib seperti Kolam Pemandian Air Panas Banjar Di Buleleng (Bali Utara), namun bedanya adalah pancuran di Kolam Air Panas Banjar berbentuk kepala naga namun jika di Pura Tirta Empul ini pancurannya lebih mirib seperti cangkang keong. Daerah Wisata di Bali.

Menurut masyarakat sekitar, setiap pancuran di kolam tirta empul ini memiliki nama tersendiri, diantaranya adalah Pancuran Penglukatan, Pancuran Pembersian, Pancuran Sudamala dan Pancuran Cetik (Racun). Anda para wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus mengguanakan ‘kamen’, sebuah kain yang di ikatkan di pinggang yang lebih mirib dengan rok panjang. Kamen ini adalah sebuah sarana persembahyangan yang dipakai umat hindu untuk dapat memasuki pelataran sebuah pura.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bali Pantai Kuta

Bangunan – Bangunan Penting Dari Istana Tampak Siring

Kompleks Istana Kepresidenan Tampaksiring kini terdiri dari empat wisma satu pendopa/wantilan dan ruang konferensi. Gedung-gedung induk/utama Istana Kepresidenan Tampaksiring dibangun secara terpencar di atas lahan seluas lebih dari 19 hektar. Dua gedung utama diberi nama Wisma Merdeka dan Wisma Negara, tiga gedung utama yang lainnya diberi nama Wisma Yudhistira, Wisma Bima, pendopo/wantilsn dan gedung konferensi. Daerah Wisata Bali.

Istana Tampak Siring Sebagai Obyek Wisata

Isatana Tampak Siring Daerah Wisata di Bali
Isatana Tampak Siring Daerah Wisata di Bali

Seiring perkembangan zaman banyak wisatawan yang mulai berdatangan untuk mengunjungi istana baik internasional ataupun domestik. Sebelum tragedi Bom Bali, untuk masuk ke dalam kawasan istana, Proses izinnya sangat mudah karena langsung diproses oleh pihak yang bertanggung jawab terhadap perijinan. Tetapi sejak tragedi Bom tersebut penjagaan terhadap siapapun yang keluar masuk istana kini sangat diperketat selururh izin harus diproses terlebih dahulu apabila sudah disahkan barulah pengunjung akan dihubungi sesuai dengan tanggal permintaan kunjungan.

Daerah Wisata Bali. Setiap pengungjung baik perorangan atau kelompok akan diantar oleh pemandu dan beberapa pengawal apabila itu diperlukan misalnya jumlah wisatawan yang masuk maximal 20 orang sekaligus maka rombongan ini akan dipandu dengan pengamanan selama 45 menit. Untuk keseluruhan kawasan ada 17 titik kamera untuk memantau semua kegiatan yang terjadi di Istana Tampak Siring.

Daerah Wisata Bali. Berbeda dengan obyek wisata lainya di Bali. Para pengunjung yang masuk harus mentaati peraturan yang telah ditentukan yaitu:

  1. Berpakaian sopan dan rapih

– Untuk Pria : Kemeja, celana panjang lengkap dengan ikat pinggang, bersepatu (Bukan pakaian santai atau celana jean dan T-Shirt:

BACA JUGA :  Pasar Terapung, Pesona Wisata Banjarmasin

– Untuk Wanita : gaun paling pendek sebatas bawah lutut, blus berlengan, setelan celana panjang atau busana muslim dan bersepatu.

  1. Harus sesuai dengan daftar yang diajukan, diluar daftar tersebut tidak diperkenankan masuk;
  2. Tidak diperkenankan:
    • Memakai celana pendek, kaos T- Shirt, Baju tanpa lengan, rok mini, jeans, sandal kecuali seragam pengisi acara
    • Membawa senjata api, senjata tajam dan obat – obatan terlarang
    • Membawa tas dan pembungkus lainnya
    • Membawa makanan dan minuman selama berkunjung di dalam istana
    • Makan di areal istana
    • Membawa anak – anak di bawah umur 10 tahun/ Kelas 4 SD
    • Memotret/berfoto ditempat yang bertanda ”DILARANG MEMOTRET’
    • Menyentuh/Memegang benda – benda koleksi atau lukisan – lukisan
    • Membawa binatang peliharaan
  3. Dalam setiap rombongan hanya satu juru foto yang diperkenankan membawa kamera dan berfoto ditempat yang telah ditentukan
  4. Batas bagi rombongan sampai dengan pukul 13.00 Wita;
  5. Mengikuti petunjuk – petunjuk petugas
  6. Tidak dipungut biaya apapun
  7. Surat ijin masuk ini dapat dibatalkan sewaktu – waktu apabila ada acara di lingkungan Istana Presiden yang bersangkutan

Perkembangannya sebagai sebuah istana kepresidenan membawa daya tarik tersendiri. Sebuah wisata sejarah dapat dibentuk dan dikembangkan untuk menarik minat para wisatawan terutama pelajar yang nantinya diharapkan dapat menjaga keutuhan sejarah dari Istana Tampak Siring ini. Daerah Wisata Bali.

Baca artikel menarik berikut lainnya:

Sumber: hhtp://wikipedia.org, Buku “Info Pariwisata Nusantara”, http://www.disparda.baliprov.go.id/

 

Daerah Wisata di Bali, Liburan Murah ke Bali, Tempat Pariwisata, Wisata ke Bali, Liburan ke Bali, Pesona Wisata Indonesia, Wisata Indah, Wisata Bali, Bali

 

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *