Monday , December 11 2017
Home / Wisata Jawa / Pesona Jawa Barat / Berkunjung Ke 20 Tempat Wisata di Bandung

Berkunjung Ke 20 Tempat Wisata di Bandung

Berkunjung Ke 20 Tempat Wisata di Bandung

Tempat Wisata di Bandung adalah ibukota provinsi Jawa Barat dan merupakan kota terbesar ke-empat di Indonesia. Terletak pada ketinggian sekitar 750 m di atas permukaan laut, kota ini memiliki udara yang relatif sejuk.

Peta Kota Bandung
Peta Kota Bandung

Karena cuacanya yang sejuk, pemerintah kolonial Belanda sebelum Perang Dunia ke II pernah berniat untuk menjadikan Bandung sebagai ibukota Hindia Belanda, beberapa departemen penting pada waktu itu kemudian memindahkan kantor pusatnya ke Bandung. Tempat Wisata di Bandung Kota ini kemudian terkenal ke seluruh dunia ketika sebuah pertemuan internasional Konferensi Asia-Afrika diadakan di kota ini pada tahun 1955, konferensi itu dianggap sebagai peristiwa bersejarah sehingga Bandung-pun menjadi kota bersejarah.

Memiliki banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda yang bergaya Art Deco, salah satu contoh terbaik dari bangunan ini adalah Hotel Savoy Homann yang masih beroperasi hingga sekarang. Tempat Wisata di  Bandung  sementara kawasan perumahan yang cantik peninggalan Belanda masih dapat ditemui di kawasan pinggiran kota di utara Bandung. Selain ‘kota kembang’, juga pernah dijuluki sebagai ‘Paris van Java‘ karena berbagai taman dan kebun yang terdapat di kota ini, namun kemegahan dari julukan itu lebih banyak berlaku untuk Bandung tempo doeloe.

  1. Jalan Braga

Tempat Wisata Jalan Braga Bandung
Tempat Wisata Jalan Braga Bandung

Jalan Braga adalah jalan tertua di Kota Bandung. Pada masa lalu, jalan ini disebut dengan Jalan Pedati, disini terdapat berbagai lokasi peninggalan zaman Belanda. Tempat Wisata di Bandung Pada masa kolonial dulu Jalan Braga merupakan kawasan perbelanjaan kelas atas tempat para pejabat dan petinggi Belanda berbelanja.

Saat ini terdapat beberapa toko dan kafe yang berada di jalan ini. Di ujung utara terdapat berbagai gedung yang sekarang dipakai sebagai tempat hiburan, bakery, kafe dan took souvenir. Tempat Wisata di Bandung Di sebelah selatan berbatasan dengan Jalan Asia Afrika dimana terdapat Savoy Homan Hotel, Sarinah Shop dan Black Cat Souvenir Shop. 

Sejarah Jalan Braga

Awalnya Jalan Braga adalah sebuah jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi sehingga dinamakan Jalan Culik karena cukup rawan, juga dikenal sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) pada tahun 1900-an. Tempat Wisata di Bandung Jalan Braga menjadi ramai karena banyak usahawan-usahawan terutama berkebangsaan Belanda mendirikan toko-toko, bar dan tempat hiburan di kawasan itu seperti toko Onderling Belang.

Wisata di Bandung Jalan Braga Tempo Dulu
Wisata di Bandung Jalan Braga Tempo Dulu

Kemudian pada dasawarsa 1920-1930-an muncul toko-toko dan butik (boutique) pakaian yang mengambil model di kota Paris, Perancis yang saat itu merupakan kiblat model pakaian di dunia. Tempat Wisata di Bandung Dibangunnya gedung Societeit Concordia yang digunakan untuk pertemuan para warga Bandung khususnya kalangan tuan-tuan hartawan, Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan lain-lain di beberapa blok di sekitar jalan ini juga meningkatkan kemasyhuran dan keramaian jalan ini.

Namun sisi buruknya adalah munculnya hiburan-hiburan malam dan kawasan lampu merah (kawasan remang-remang) di kawasan ini yang membuat Jalan Braga sangat dikenal turis. Tempat Wisata di Bandung Dari sinilah istilah kota Bandung sebagai kota kembang mulai dikenal. Sehingga perhimpunan masyarakat warga Bandung saat itu membuat selebaran dan pengumuman agar “Para Tuan-tuan Turis sebaiknya tidak mengunjungi Bandung apabila tidak membawa istri atau meninggalkan istri di rumah”.

Tempat Menarik di Bandung Jalan Braga
Tempat Menarik di Bandung Jalan Braga

Di beberapa daerah dan kota-kota yang berdiri serta berkembang pada masa Hindia Belanda, juga dikenal nama jalan-jalan yang dikenal seperti halnya Jalan Braga di Tempat Wisata di Bandung seperti Jalan Kayoetangan di kota Malang yang juga cukup termasyhur dikalangan para Turis terutama dari negeri Belanda juga Jalan Malioboro di Yogyakarta dan beberapa ruas jalan di Jakarta. Namun sayangnya nama asli jalan ini tidak dipertahankan atau diubah dari nama sebelumnya yang dianggap populer seperti halnya Jalan Kayoetangan di kota Malang diganti menjadi Jalan Basuki Rahmat.

  1. Jalan Cihampelas

Kawasan Cihampelas merupakan kawasan pertokoan pakaian yang paling ramai dan paling sibuk di Kota Bandung. Kawasan ini adalah tempat berbelanja yang paling terkenal di Bandung sehingga menjadi lokasi wisata belanja bagi pendatang dan warga Tempat Wisata di Bandung sendiri. Deretan toko pakaian, utamanya jeans, berjejer di sepanjang Jalan Cihampelas. Bis-bis wisata banyak yang parkir di pinggir jalan menurunkan para wisatawan untuk berbelanja pakaian dan kebutuhan lainnya.

Objek Wisata di Bandung Jalan Cihampelas
Objek Wisata di Bandung Jalan Cihampelas

Etimologi Jalan Cihampelas

Asal usul kata Cihampelas, Cihampelas berasal dari gabungan 2 kata, yaitu : Ci dan Hampelas, yang masing-masing memiliki arti yaitu : Ci dan Hampelas

“Ci” dalam bahasa sunda artinya “air” atau “mata air”.

“Hampelas” memliki arti nama sejenis pohon yang daunnya kasar seperti kertas amril (ampelas) dan bisa digunakan untuk menggosok atau menghaluskan benda-benda dari besi dan kayu oleh masyarakat sekitar dan luar, serta dapat digunakan untuk makanan ternak seperti kambing.

Pohon “hampelas” tersebut hanya tumbuh satu pohon dengan ukuran yang sangat besar dan berumur puluhan tahun. Di bawah pohon di antara akar-akar besarnya timbul mata air yang tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang. Tempat Wisata di Bandung Sehingga pada musim kemarau banyak dikunjungi masyarakat sekitar dan luar yang membutuhkan air untuk keperluan mandi, cuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Lokasi dimaksud pada saat ini adalah Kampung Cihampelas RW 02 Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat sekitar 100 meter diatas Sungai Citarum atau sekarang genangan Waduk Saguling. 

  1. Gedung Merdeka

Wisata Kota Bandung Gedung Merdeka
Wisata Kota Bandung Gedung Merdeka

Jika tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 wisatawan dapat datang ke Museum Konferensi di Gedung Merdeka di Jl. Asia Afrika. Museum ini memiliki koleksi foto pertemuan antara Presiden Sukarno, Chou En-Lai, Ho Chi Minh, Nasser dan para pemimpin dunia ketiga lainnya yang memerintah pada tahun 1950-an. Tempat Wisata di Bandung Bangunan Gedung Merdeka sendiri berasal dari tahun 1879 yang mulanya adalah gedung ‘Concordia Sociteit’ yaitu mang pertemuan dari berbabagi organisasi Belanda. Museum ini buka dari Jam 8 hingga 18 dari Senin hingga Jum’at.

Sejarah Gedung merdeka

Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1895 dan dinamakan Sociëteit Concordia, dan pada tahun 1926 bangunan ini direnovasi seluruhnya oleh Wolff Schoemacher, Aalbers dan Van Gallen. Gedung Sociëteit Concordia dipergunakan sebagai tempat rekreasi dan sosialisasi oleh sekelompok masyarakat Belanda yang berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya.

Tempat Wisata dibandung Gedung Merdeka Tempo Dulu
Tempat Wisata dibandung Gedung Merdeka Tempo Dulu

Mereka adalah para pegawai perkebunan, perwira, pembesar, pengusaha, dan kalangan lain yang cukup kaya. Pada hari libur, terutama malam hari, gedung ini dipenuhi oleh mereka untuk berdansa, menonton pertunjukan kesenian, atau makan malam. Tempat Wisata di Bandung Pada masa pendudukan Jepang gedung ini dinamakan Dai Toa Kaman dengan fungsinya sebagai pusat kebudayaan.

Pada masa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 gedung ini digunakan sebagai markas pemuda Indonesia guna menghadapi tentara Jepang yang pada waktu itu enggan menyerahkan kekuasaannya kepada Indonesia. Tempat Wisata di Bandung Setelah pemerintahan Indonesia mulai terbentuk (1946 – 1950) yang ditandai oleh adanya pemerintahan Haminte Bandung, Negara Pasundan, dan Recomba Jawa Barat, Gedung Concordia dipergunakan lagi sebagai gedung pertemuan umum. disini biasa diselenggarakan pertunjukan kesenian, pesta, restoran, dan pertemuan umum lainnya.

Kota Wisata Gedung Merdeka Bandung
Kota Wisata Gedung Merdeka Bandung

Dengan keputusan pemerintah Republik Indonesia (1954) yang menetapkan Kota Bandung sebagai tempat Konferensi Asia Afrika, maka Gedung Concordia terpilih sebagai tempat konferensi tersebut. Tempat Wisata di Bandung Pada saat itu Gedung Concordia adalah gedung tempat pertemuan yang paling besar dan paling megah di Kota Bandung . Dan lokasi nya pun sangat strategis di tengah-tengah Kota Bandung serta dan dekat dengan hotel terbaik di kota ini, yaitu Hotel Savoy Homann dan Hotel Preanger

Dan mulai awal tahun 1955 Gedung ini dipugar dan disesuaikan kebutuhannya sebagai tempat konferensi bertaraf International, dan pembangunannya ditangani oleh Jawatan Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat yang dimpimpin oleh Ir. R. Srigati Santoso, dan pelaksana pemugarannya adalah : 1) Biro Ksatria, di bawah pimpinan R. Machdar Prawiradilaga 2) PT. Alico, di bawah pimpinan M.J. Ali 3) PT. AIA, di bawah pimpinan R.M. Madyono

  1. Gedung Sate

Wisata Bandung Gedung Sate
Wisata Bandung Gedung Sate

Gedung ini merupakan bangunan pertama di Bandung yang menggunakan konstruksi beton bertulang. Bangunan ini juga menjadi kantor pusat pemerintahan dan administrasi pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Dinamakan Gedung Sate karena pada puncak atap gedung ini terdapat orhamen yang berbentuk sate. Saat ini Gedung sate menjadi pusat pemerintahan Gubernur Jawa Barat. Tempat Wisata di Bandung Bangunan yang indah ini dirancang oleh arsitek J.Gerber dan dibangun pada tahun 1920. Selain Gedung Sate, J. Gerber juga merancang sejumlah gedung pemerintahan lainnya di Indonesia.

Perancang Gedung Sate

Arsitektur Gedung Sate merupakan hasil karya arsitek Ir. J.Gerber dan kelompoknya yang tidak terlepas dari masukan maestro arsitek Belanda Dr.Hendrik Petrus Berlage, yang bernuansakan wajah arsitektur tradisional Nusantara. Tempat Wisata di Bandung  Banyak kalangan arsitek dan ahli bangunan menyatakan Gedung Sate adalah bangunan monumental yang anggun mempesona dengan gaya arsitektur unik mengarah kepada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa, (Indo Europeeschen architectuur stijl), sehingga tidak mustahil bila keanggunan Candi Borobudur ikut mewarnai Gedung Sate.

Tempat Liburan di BandungTempo Dulu, Gedung Sate
Tempat Liburan di BandungTempo Dulu, Gedung Sate

Beberapa pendapat tentang megahnya Gedung Sate diantaranya Cor Pashier dan Jan Wittenberg dua arsitek Belanda, yang mengatakan “langgam arsitektur Gedung Sate adalah gaya hasil eksperimen sang arsitek yang mengarah pada bentuk gaya arsitektur Indo-Eropa”. Tempat Wisata di Bandung  D. Ruhl dalam bukunya Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952, “Gedung Sate adalah bangunan terindah di Indonesia”. Ir. H.P.Berlage, sewaktu kunjungan ke Gedung Sate April 1923, menyatakan, “Gedung Sate adalah suatu karya arsitektur besar, yang berhasil memadukan langgam timur dan barat secara harmonis”.

Seperti halnya gaya arsitektur Italia pada masa renaiscance terutama pada bangunan sayap barat. Sedangkan menara bertingkat di tengah bangunan mirip atap meru atau pagoda. Masih banyak lagi pendapat arsitek Indonesia yang menyatakan kemegahan Gedung Sate misalnya Slamet Wirasonjaya, dan Ir. Harnyoto Kunto.

Kota Bandung Tempat MenarikGedung Sate Malam Hari
Kota Bandung Tempat MenarikGedung Sate Malam Hari

Tempat Wisata di Bandung Kuat dan utuhnya Gedung Sate hingga kini, tidak terlepas dari bahan dan teknis konstruksi yang dipakai. Dinding Gedung Sate terbuat dari kepingan batu ukuran besar (1 × 1 × 2 m) yang diambil dari kawasan perbukitan batu di Bandung timur sekitar Arcamanik dan Gunung Manglayang. Konstruksi bangunan Gedung Sate menggunakan cara konvensional yang profesional dengan memperhatikan standar teknik. Tempat Wisata di Bandung Gedung Sate berdiri diatas lahan seluas 27.990,859 m², luas bangunan 10.877,734 m² terdiri dari Basement 3.039,264 m², Lantai I 4.062,553 m², teras lantai I 212,976 m², Lantai II 3.023,796 m², teras lantai II 212.976 m², menara 121 m² dan teras menara 205,169 m².

Objek Wisata Bandung Pembangunan Gedung Sate
Objek Wisata Bandung Pembangunan Gedung Sate

Gerber sendiri memadukan beberapa aliran arsitektur ke dalam rancangannya. Untuk jendela, Gerber mengambil tema Moor Spanyol, sedangkan untuk bangunannya adaalah Rennaisance Italia. Khusus untuk menara, Gerber memasukkan aliran Asia, yaitu gaya atap pura Bali atau pagoda di Thailand. Tempat Wisata di Bandung Di puncaknya terdapat “tusuk sate” dengan 6 buah ornamen sate (versi lain menyebutkan jambu air atau melati), yang melambangkan 6 juta gulden – jumlah biaya yang digunakan untuk membangun Gedung Sate.

Fasade (tampak depan) Gedung Sate ternyata sangat diperhitungkan. Dengan mengikuti sumbu poros utara-selatan (yang juga diterapkan di Gedung Pakuan, yang menghadap Gunung Malabar di selatan), Tempat Wisata di Bandung Gedung Sate justru sengaja dibangun menghadap Gunung Tangkuban Perahu di sebelah utara. Dalam perjalanannya semula diperuntukkan bagi Departemen Lalulintas dan Pekerjaan Umum, bahkan menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia dianggap sudah tidak memenuhi syarat sebagai pusat pemerintahan karena perkembangannya, sehingga digunakan oleh Jawatan Pekerjaan Umum. 

  1. Monumen Perjuangan

Pariwisata Bandung Monumen Perjuangan
Pariwisata Bandung Monumen Perjuangan

Di sebelah utara Gedung sate terdapat Lapangan Gasibu dan Monumen Perjuangan Rakyat yang terletak sekitar 500 meter dari Gedung Sate. Tempat Wisata di Bandung Monumen ini dibangun bertepatan dengan peringatan perlawanan rakyat pada masa penjajahan Belanda. Ciri khas monumen ini terletak pada relief dan panorama yang mencolok. Tidak jauh dari monumen ini terdapat Universitas Pajajaran.

Monumen ini juga dikenal dengan istilah “Monju” (Monumen Perjuangan). Disini terdapat koleksi peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di wilayah Jawa Barat yang ditata di ruangan pameran tetap. Monju masih belum mengelola koleksi, merawat, serta memublikasikan koleksi dengan optimal. 

  1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terletak di Jl Ganesha, di bagian utara kota Bandung, merupakan perguruan tinggi pertama yang dibuka pemerintah kolonial Belanda untuk orang Indonesia pada tahun 1920.

Institut Teknologi Bandung, Liburan Ke Bandung
Institut Teknologi Bandung, Liburan Ke Bandung

Disinilah Soekarno belajar teknik sipil (1920-25) dan kemudian membentuk kelompok belajar Bandung Study Club dimana sebagian anggota kelompok ini kemudian membentuk partai politik yang dikenal sebagai Partai Nasional Indonesia (PNI) yang tujuannya mencapai kemerdekaan Indonesia. Tempat Wisata di Bandung  Kompleks ITB memiliki halaman yang luas dan taman-taman, bangunan utama gedung kampus memiliki arsitektur bergaya Indo-Eropa yang menampilkan atap bergaya Minangkabau yang berpadu dengan bangunan bergaya kolonial.

Sejarah Berdirinya ITB

Sejarah ITB bermula sejak awal abad ke-20, atas prakarsa masyarakat penguasa kala itu. Tempat Wisata di Bandung  Tujuan awal pendiriannya adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama.

Gedung ITB, Wisata dibandung
Gedung ITB, Wisata dibandung

Technische Hoogeschool te Bandoeng (sering disingkat menjadi TH te Bandoeng, TH Bandung, atau THS) berdiri tanggal 3 Juli 1920 sebagai sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda. TH Bandung dibuka pertama kali dengan satu fakultas yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu bagian yaitu de afdeeling der Weg- en Waterbouwkunde. Tempat Wisata di Bandung Kampus ITB merupakan tempat di mana presiden Indonesia pertama, Soekarno, meraih gelar insinyurnya dalam bidang Teknik Sipil.

Lama studi untuk menjadi insinyur adalah empat tahun. Sampai dengan ditutupnya pada tahun 1942, THS memiliki tiga bagian (afdeeling) yaitu Sipil (1920), Kimia (1940), Mesin dan Listrik (1941) namun dua bagian terakhir belum sempat meluluskan seorang insinyur. Tempat Wisata di Bandung Pada masa penjajahan Jepang, upaya untuk membuka kembali perkuliahan TH Bandung ditolak secara tegas, namun kegiatan penelitian di laboratorium-laboratorium yang ada di kampus TH Bandung diijinkan.

  1. Kebun Binatang

Obyek Wisata di Bandung, Kebun Binatang Bandung
Obyek Wisata di Bandung, Kebun Binatang Bandung

Bandung memiliki kebun binatang yang luas dihiasi dengan taman-taman yang menarik, namun koleksi binatang di kebun binatang ini masih terbatas dan umumnya binatang diletakkan di kandang yang sempit. Tempat Wisata di Bandung Kebun binatang Bandung terletak di Jl. Taman Sari yang berada di dekat kampus 1TB, hanya beberapa menit berjalan kaki. Ikuti anak tangga yang menurun ke bawah menuju ke pintu gerbang kebun binatang untuk membeli karcis Rp 2000. Kebun binatang ini buka setiap hari dari jam 7 sampai jam 17.

 

Wisata Museum

Museum Geologi terletak di Jl. Diponegoro 57, melewati rel kereta api ke utara. Bangunan museum ini merupakan sebuah gedung tua yang sangat besar yang dulunya merupakan gedung Jasa Geologi Belanda. Tempat Wisata di Bandung Museum ini memiliki koleksi barang-barang yang terkait dengan gunung api dan juga sejumlah fosil termasuk juga sebuah model tengkorak manusia Jawa kuno. Museum ini dibuka dari Senin hingga Kamis dari jam 9 hingga 15, masuk ke museum ini gratis.

Tempat Wisata Anak di Bandung Museum Geologi
Tempat Wisata Anak di Bandung Museum Geologi

Museum Negeri Jawa Barat yang terletak di JL Oto Iskandardinata 638 memiliki koleksi yang menarik berupa barang-barang tua peninggalan masyarakat Sunda. Museum ini buka setiap hari kecuali hari senin dari jam 8 hingga 14. Tempat Wisata di Bandung Museum Perangko terletak di timur laut dari Gedung Sate tepatnya di Jl. Diponegoro. Museum ini memiliki koleksi ribuan perangko dari dalam dan luar negeri dan benda-benda lain yang terkait dengan pos seperti kotak pos dan kereta dorong yang digunakan di kantor pos.

Museum ini dibuka dari Senin hingga Jum’at dari jam 9 hingga 15. Tempat Wisata di Bandung Museum Mandala Wangsit terdapat di Jl. Lembong 38. Museum ini merupakan museum angkatan darat yang menceritakan sejarah perjuangan yang gagah berani dari para pejuang di daerah ini dan juga penjelasan mengenai markas militer Siliwangi yang terdapat di Bandung.

 

  1. Dago Thee Huis

Tempat Wisata di Kota Bandung Dago Thee Huis
Tempat Wisata di Kota Bandung Dago Thee Huis

Taman Budaya Jawa Barat Dago Thee Huis yang terletak sekitar 4 Km di utara pusat kota Bandung adalah tempat dimana berbagai pertunjukan kesenian dan kebudayaan sering diadakan. Dago Thee Huis memiliki teater terbuka dan teater tertutup dimana berbagai pertunjukan digelar. Tempat Wisata di Bandung Dari arena teater terbuka ini pengunjung dapat memandang di kejauhan panorama kota Bandung yang menghampar luas. Pemandangan tampak lebih mengesankan pada malam hari karena kerlap-kerlip lampu kota yang memancar dari kejauhan yang memberikan pesona tersendiri.

Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Udara yang sejuk membuat pengunjung betah bersantai dan menikmati makanan dan minuman di sini. Anda dapat melewati Jalan Ir. H. Juanda untuk mencapai tempat ini hingga hampir ujung utara jalan ini.

Wisata Kuliner Bandung Dago Thee Huis
Wisata Kuliner Bandung Dago Thee Huis

Meski pada awalnya merupakan tempat untuk minum teh dan makan atau restoran, belakangan tempat ini diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di Taman Budaya Jawa Barat ini sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda. Belakangan namanya diubah menjadi Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Tujuan didirikan Taman Budaya ini adalah sebagai pusat kebudayaan Jawa Barat atau cagar budaya. Di tempat ini sering diadakan pertunjukkan di tempat pertunjukkan dan teater terbuka. Lalu juga terdapat galeri seni yang menampilkan berbagai seni tradisional Jawa Barat. Terdapat juga ruang workshop untuk berbagai kegiatan seni dan budaya. Setiap minggu di tempat ini selalu ada pertunjukkan dan pagelaran seni serta budaya. Sedangkan setiap akhir tahun pada malam pergantian tahun, Taman Budaya menyelenggarkan pertunjukan Bajidoran. Luas dari Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat atau Dago Tea House sekitar 4 hektar.

  1. Taman Juanda

Wisata Lembang Taman Juanda
Wisata Lembang Taman Juanda

Lokasi taman ini terletak 6 Km dari pusat kota yaitu kawasan Dago, tidak jauh dari Dago Thee Huis. Taman Hutan Raya Ir. H Juanda adalah kawasan hutan lindung dan kebun raya dengan luas sekitar 590 Hektar. Tempat Wisata di Bandung  Di taman ini pengunjung dapat mengenal berbagai jenis flora yang ada di Indonesia atau tumbuhan dari luar negeri seperti dari Afrika. Kawasan yang lebih dikenal dengan nama Dago Pakar semula hanyalah hutan yang didominasi tumbuhan dengan spesies tertentu.

Namun pada tahun 1963, kawasan ini mulai dipersiapkan sebagai hutan lindung dan kebun raya. Di taman yang dikelola oleh Perum Perhutani ini terdapat tidak kurang dari 2500pohon yang termasuk pada 40 familia dan 108 spesies. Tempat Wisata di Bandung Taman Hutan Juanda merupakan tamah hutan yang cukup menyenangkan, di dalam lokasi taman hutan ini terdapat air terjun, gua dan kawasan untuk berjalan kaki.

Gua Pakar yang berada di taman ini dulunya merupakan tempat penyimpanan amunisi yang dibuat oleh Jepang selama Perang Dunia II. Sebelum digunakan tentara Jepang, gua ini awalnya adalah terowongan irigasi PLTA Belanda yang kemudian hari dijadikan benteng markas tentara Jepang di Priangan. Tempat Wisata di Bandung Selain Gua Jepang terdapat pula Gua Belanda yang juga merupakan tempat penyimpanan amunisi yang dibuat oleh Belanda.

  1. Adu Domba

Tempat Wisata yang Menarik di Bandung
Tempat Wisata yang Menarik di Bandung

Salah satu tradisi masyarakat Sunda yang masih sering dilakukan adalah pertarungan antara dua ekor domba jantan yang biasanya disebut adu domba, acara meriah dan ramai ini biasanya diadakan di Cilimus yang terletak di kawasan pinggiran Bandung utara dan di Ciater pada hari Minggu pagi selama musim panas. Tempat Wisata di Bandung Dengan diiringi suara gendang, gong serta teriakan penonton yang memberikan semangat, dua ekor domba yang memiliki tanduk kuat saling bertarung dengan membenturkan kepala mereka satu sama lainnya sebanyak 25 kali. Pertandingan diatur seorang wasit yang akan memutuskan pemenang dari pertarungan ini. 

  1. Kesenian Sunda

Bagi wisatawan yang tertarik dengan kebudayaan atau kesenian Sunda maka Bandung adalah tempat yang tepat untuk itu. Tempat Wisata di Bandung Salah satu pertunjukan kesenian tradisional Sunda yang popular bagi wisatawan adalah pertunjukan Angklung bambu yang diadakan di Saung Angklung Udjo (SAU), J!. Padasuka 118, di Bandung timur yang menuju ke terminal bus Cicaheum.

Tempat Wisata Kota Bandung
Tempat Wisata Kota Bandung

Tempat pertunjukkan tradisional Sunda lainnya terdapat di Rumentang Siang di Jl. Baranangsiang 1 yang memiliki pertunjukan wayang golek, jaipongan, pencak silat, sandiwara dan ketoprak yang biasanya diadakan setiap Sabtu malam. Tempat Wisata di Bandung Sanggar Langen Setra adalah suatu klub atau perkumpulan jaipongan yang terletak di Jl. Oto Iskandardinata 541A, 21 Km ke selatan Jl. Jend. Sudirman. Perkumpulan ini sering mengadakan pertunjukkan Jaipongan dan Ketuktilu. Disini pengunjung dapat turut serta menari Jaipongan bersama para penaripya.

  1. Belanja

Tidak lengkap rasanya jika wisatawan yang datang ke Bandung tetapi tidak mengunjungi pusat penjualan jins di Jl. Cihampelas. Kawasan ini gampang dikenali karena berbagai hiasan yang dipasang di depan toko. Tempat Wisata di Bandung Boneka-boneka besar berbentuk King Kong, Rambo dan berbagai bentuk monster berukuran besar terlihat mencolok dari pinggir jalan di suatu kawasan yang cukup rindang.

Bandung Wisata Cibaduyut
Bandung Wisata Cibaduyut

Bandung selama ini telah menjadi tempat berbelanja populer yang banyak didatangi orang-orang dari Jakarta, khususnya mereka yang ingin membeli pakaian atau tekstil. Bagi sebagian orang Jakarta, selain pusat penjualan jeans di Jl. Cihampelas, sejumlah toko pakaian yang dikenal sebagai Factory Outlet (FO), telah menjadi tempat berbelanja jika mereka berkunjung ke Bandung. Tempat Wisata di Bandung Factory Outlet ini menjual pakaian bermerek (branded) sisa ekspor, dan tempat semacam ini cukup banyak terdapat di Bandung khususnya di kawasan Bandung bagian utara.

Jalan Cibaduyut yang terletak di barat laut Bandung merupakan pusat pembuatan sepatu. Jika Anda berada di Jalan arteri Soekarno-Hatta, di dekat Terminal Leuwi Panjang, perhatikan persimpangan yang memiliki monumen berbentuk sepatu, ini artinya Anda sudah sampai di depan Jalan Cibaduyut. Tempat Wisata di Bandung Puluhan toko sepatu di sepanjang jalan ini menjual aneka sepatu dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang cukup baik. 

Utara Bandung

Wilayah yang berada di utara Kota Bandung memiliki sejumlah obyek wisata yang sangat menarik. Tempat Wisata di Bandung Jika Anda melakukan perjalanan dari pusat kota Bandung lurus ke utara maka kawasan wisata pertama yang dijumpai adalah Kota Lembang. Namun di sekitar Kota Lembang terdapat pula sejumlah obyek wisata menarik lainnya seperti Desa Cihideung dan Maribaya. Anda dapat melakukan perjalanan dengan mencoba rute yang lebih menarik melalui Desa Cihideung, Kota Lembang dan Maribaya.

  1. Lembang

Tempat Wisata di Lembang
Tempat Wisata di Lembang

Sekitar 16 Km ke arah utara dari Bandung, di jalan yang menuju ke Tangkuban Prahu, wisatawan akan melewati kawasan Lembang. Tempat Wisata di Bandung Kota kecil ini dulunya merupakan kawasan kota peristirahatan namun sekarang telah menjadi kota pasar. Penjual sayur dan buah-buahan berdagang hingga ke pinggir jalan raya. Kebanyakan wisatawan hanya lewat saja di tempat ini untuk menuju ke tempat lain yang lebih menarik di kawasan yang lebih tinggi di utara Bandung. Lembang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C. Penduduk Lembang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani, pedagang, pekerja sektor informal (buruh, pengemudi, dan sebagainya). Di kecamatan ini terdapat Observatorium Bosscha, serta berbagai tempat wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, pemandian Maribaya, Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Dago Pakar), dan lain-lain. 

  1. Maribaya

Wisata Alam Bandung Maribaya
Wisata Alam Bandung Maribaya

Obyek wisata Maribaya terletak sekitar 4 Km di tenggara Lembang, di utara Bandung, memiliki sumber mata air panas, taman, dan juga air terjun setinggi 25 m. Maribaya adalah tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh keluarga, khususnya pada liburan akhir minggu. Tempat Wisata di Bandung Rute Bandung-Lembang-Maribaya ini dapat dicapai dalam waktu 90 menit melewati kawasan berbukit-bukit dengan berbagai penginapan dan vila yang berada di sepanjang jalan. Mata air panas di Maribaya mengandung belerang yang nyaman untuk berenang ataupun berendam. 

  1. Cihideung

Tempat Rekreasi di Bandung Taman Bunga Cihideung
Tempat Rekreasi di Bandung Taman Bunga Cihideung

Kawasan Desa Cihideung menjadi lokasi budi daya tanaman hias dan bunga yang diperdagangkan yang kemudian menjadi ciri khas mata pencaharian warga Desa Cihideung. Desa ini kemudian diberi nama kawasan Taman Bunga Cihideung. Tempat Wisata di Bandung Di sepanjang Jalan Sersan Bajuri yang merupakan jalan utama yang melewati Desa Cihideung penduduk membuka kios penjualan bunga. Di kawasan yang terbentang dari utara ke selatan sepanjang kurang lebih 3 Km ini hampir di semua tempat yang berada di tepi jalan raya dijadikan lokasi penjualan bunga. Hampir semua jenis bunga ada disini.

  1. Tangkuban Prahu

Gunung api dengan ketinggian 2076 meter dari permukaan laut ini terletak sekitar 28 Km di utara kota Bandung yang dapat dicapai dalam waktu 30 menit. Tempat Wisata di Bandung Selama perjalanan mendaki ke Tangkuban Prahu wisatawan disajikan dengan panorama alam pegunungan termasuk juga pemandangan ke dataran kota Bandung yang terlihat dari ketinggian.

Wisata Alam di Bandung Gunung Tangkuban Perahu
Wisata Alam di Bandung Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Prahu memiliki kawah yang luas dengan bentuk yang memanjang dan dari kejauhan bentuk gunung ini seperti perahu yang terbalik, ada legenda yang menjelaskan kenapa bentuk gunung ini seperti perahu terbalik. Tempat Wisata di Bandung Tangkuban Prahu memiliki udara yang cukup sejuk, kabut biasanya menyelimuti puncak gunung pada siang hari yang menghalangi pandangan, sebaiknya wisatawan datang ke tempat ini pada pagi hari ketika cuaca masih cerah.

Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Tempat Wisata Daerah Bandung
Tempat Wisata Daerah Bandung

Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda aktivitas gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya adalah di kasawan Ciater, Subang. Gunung Tangkuban Parahu pernah mengalami letusan kecil pada tahun 2006, yang menyebabkan 3 orang luka ringan.

Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga besar yang kini merupakan kawasan Bandung. Diyakini oleh para ahli geologi bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan laut merupakan sisa dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. 

  1. Ciater

Destinasi Wisata Bandung Ciater
Destinasi Wisata Bandung Ciater

Obyek wisata Ciater atau disebut juga Sari Ater terletak sekitar 8 Km timur laut Tangkuban Prahu pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini memiliki udara sejuk yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan cengkeh yang sangat luas, tempat yang cocok untuk beristirahat. Tempat Wisata di Bandung Kawasan perkebunan ini dapat digunakan sebagai tempat berjalan-jalan yang sangat menyenangkan sambil menikmati udara segar pegunungan, wisatawan juga dapat menjenguk pabrik teh yang terletak di kawasan ini.

Desa Ciater memiliki sumber mata air panas yang mengandung belerang yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti lumpuh, rematik, syaraf, tulang dan penyakit kulit. Tempat Wisata di Bandung Air dari mata air panas ini mengalir ke sungai-sungai yang terdapat di daerah ini sehingga menjadi dingin yang kemudian digunakan oleh petani setempat untuk mengairi sawah mereka sehingga menjadi subur. 

  1. Situ Lembang

Wisata Lembang Bandung
Wisata Lembang Bandung

Danau alam Situ lembang, yang terletak di sebelah barat Ciater, meliputi wilayah seluas 78 hektar, sekitar 40 hektar wilayah ini merupakan wilayah air. Tempat Wisata di Bandung Di dekat danau ini terdapat hutan alam yang membuat kawasan ini menjadi indah dan juga teduh. Wilayah ini direncanakan untuk menjadi obyek wisata yang akan dikelola oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat.

 

  1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan danau buatan yang menjadi tempat yang populer untuk melakukan olahraga air seperti berenang, ski air dan boating. Tempat Wisata di Bandung Danau yang terletak di dekat kota Purwakarta atau 70 Km barat laut Bandung ini memiliki bendungan sepanjang 1200 meter dengan ketinggian 100 meter yang menahan air danau dengan luas permukaan lebih kurang 80 hektar.

Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh Perum Jasa Tirta II. Tempat Wisata di Bandung Selain dari itu Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II.

Tempat Wisata Alam di Bandung.
Tempat Wisata Alam di Bandung.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya.

Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Tempat Wisata di Bandung Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.

Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat Tbk. (±7 km dari pusat Kota Purwakarta), sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya. Waduk Jatiluhur dapat dikunjungi melalui Jalan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), keluar di Gerbang Tol Jatiluhur.

Selatan Bandung

Kawasan di selatan kota Tempat Wisata di Bandung juga memiliki obyek wisata pegunungan yang cukup populer dengan panorama yang tidak kalah indahnya dengan kawasan di utara Bandung. Lokasi wisata yang paling menarik di selatan Bandung adalah Kawah Putih dan Situ Patengan dengan panorama perkebunan teh yang berudara sejuk.

    20. Kawah Putih

Tempat Rekreasi Kawah Putih
Tempat Rekreasi Kawah Putih

Bentuk Kawah Putih mirip sebuah danau yang dikelilingi dinding bukit yang sangat terjal namun di bagian lain agak landai menyerupai pantai sehingga pengunjung dapat berjalan ke tepinya dan menyentuh air kawah yang mengandung belerang. Tempat Wisata di Bandung Warna air kawah berubah-ubah tergantung pada kandungan mineralnya saat itu, kadang-kadang danau ini memutih seperti ditutupi salju namun kadang- kadang berwarna hijau kebiru-biruan.

Suasana di kawah ini sangat tenang dengan panorama yang sangat mengesankan. Transportasi menuju ke Kawah Putih tidak dilayani oleh angkutan umum, untuk mencapai tempat ini anda harus membawa kendaraan sendiri atau mencarter ojek yang banyak terdapat di Alam Endah.

Wisata Danau

Dari terminal Leuwi Panjang di Bandung wisatawan dapat menumpang bus ke Ciwidey (1.5 jam). Dari Ciwidey dapat menumpang angkot ke Situ Patengan yang merupakan sebuah danau indah yang dikelilingi kawasan pepohonan dan juga perkebunan teh. Tempat Wisata di Bandung Lokasi ini ramai dikunjungi orang pada hari libur dimana pengunjung dapat bermain sepeda air mengelilingi danau.

Tempat Wisata Jawabarat Situ Patenggan
Tempat Wisata Jawabarat Situ Patenggan

Juga di kawasan selatan Bandung terdapat Situ Cileunca, sebuah danau buatan yang digunakan untuk keperluan pembangkit tenaga listrik. Danau ini terletak tak jauh dari kota Pangalengan. Tempat Wisata di Bandung Kawasan Perkebunan Teh Malabar di dekat Pangalengan merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, Di sini pengunjung dapat berjalan-jalan mengelilingi areal perkebunan teh dan menginap di guesthouse milik perkebunan dengan arsitekturnya yang menarik bergaya kolonial Belanda.

Bandung-Pangandaran

Tempat Wisata di Bandung Wilayah yang terletak antara Bandung hingga Pangandaran memiliki beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi antara lain Garut, Cipanas, Gunung Papandayan, Tasikmalaya, hingga ke Pantai Pangandaran.

Garut & Ciamis

Kota garut yang terletak sekitar 63 Km di tenggara Bandung merupakan daerah dataran tinggi yang dikelilingi sejumlah puncak gunung yang sebagian besar adalah gunung vulkanis, hal ini membuat daerah Garut menjadi kawasan pertanian yang subur. Tempat Wisata di Bandung Garut merupakan pusat penghasil sayur-mayur, jeruk, teh dan tembakau.

Tempat Tempat Wisata Gunung Guntur
Tempat Tempat Wisata Gunung Guntur

Obyek wisata yang paling terkenal di sekitar Garut adalah kawasan peristirahatan Cipanas yang terletak 6 Km barat laut kota Garut di kaki Gunung Guntur. Tempat Wisata di Bandung Kawasan wisata yang relatif kecil ini memiliki sumber mata air panas yang disalurkan ke kolam-kolam dan pemandian yang terdapat di berbagai penginapan di Cipanas.

Tempat ini dapat dijadikan pangkalan (base) sebelum menjelajahi beberapa obyek wisata lain di sekitarnya. Sekitar 3 Km dari Cipanas, melalui jalan yang mendaki ke arah puncak Gunung Guntur, terdapat air terjun Curug Citiis. Dari lokasi air terjun ini wisatawan dapat melanjutkan pendakian selama 4 jam ke puncak Gunung Guntur. Sebaiknya pendakian dimulai sekitar jam 5 pagi untuk mendapatkan pandangan yang jelas dari ketinggian puncak gunung. Tempat Wisata di Bandung

=> Artikel Menarik Lainnya <=

Pesona Wisata Bandung Taman Bunga Cihideung

Misteri Si Cantik Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Alam Maribaya

Kawah Putih Tempat Wisata Bandung

Wisata di Jalan Legendaris, Jalan Beraga Bandung

Sumber : (http://bandung.go.id/) (https://id.wikipedia.org)

Tempat Wisata di Bandung, Wisata Bandung, Wisata di Bandung, Tempat Wisata, Tempat Menarik di Bandung, Objek Wisata di Bandung.

About PesonaWisata

Check Also

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng)

Pesona Indonesia Telaga Warna (Dieng) Pesona Indonesia Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata ...

14 comments

  1. Also visit my website :: speeding ticket lawyer california

  2. After looking at a few of the blog articles on your web page,
    I seriously like your technique of writing a blog. I book marked it to
    my bookmark website list and will be checking back soon. Take a look at my web site as well and tell me
    how you feel.

  3. This post offers clear idea designed for the new people of blogging, that truly how to do running a blog.

  4. Tremendous issues here. I am very happy to look your post.
    Thank you so much and I’m looking forward to contact you. Will you please drop me a e-mail?

  5. Definitely believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be
    on the web the easiest thing to be aware of. I say to you,
    I definitely get irked while people consider worries that they just don’t know about.
    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole
    thing without having side-effects , people could take a signal.
    Will probably be back to get more. Thanks

  6. Our goal is to state look after you with the simplest method of downloading the newest versions of the best software – without the old unjustifiable popups or spyware and without the lachrymose supremacy software. Aircraft gas turbine engine technology traeger pdf. Not the best software, we bring into focus on quality not quantity. We keep the well-known versions of programs, so if you update and don’t like the latest version, you can ever bring to the old one. Descargar gratis street legal racing redline by archi 2015.

  1. Pingback: Menikmati 1001 Menu Wisata Kuliner Bandung di Paskal Food Market | tempatrekreasidibandung

  2. Pingback: Wisata Alam Bandung di Situ Patenggang | wisatadilembang

  3. Pingback: Kemegahan Masjid Raya Bandung Salah Satu Objek Wisata di Bandung | wisatakotabandungblog

  4. Pingback: Sejarah Berdirinya Museum Konferensi Asia Afrika, Wisata Kota Bandung | tempatwisatalamdibandung

  5. Pingback: Berkunjung ke Tempat Rekreasi di Bandung, Museum Mandala Siliwangi | kotawisatabandungblog

  6. Pingback: Refreshing di Taman Lansia, Tempat Liburan di Bandung | wisataalamdibandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *