Bercengkrama Bersama Burung-burung di Tempat Pariwisata Bali Bird Park

Tempat Pariwisata Atraksi Taman Burung Bali

Bercengkrama Bersama Burung-burung di Tempat Pariwisata Bali Bird Park

Tempat Wisata di Bali Bali Bird Park
Tempat Pariwisata di Bali Bali Bird Park

Tempat Pariwisata. Pulau Bali memiliki berbagai destinasi wisata, terutama wisata alam pantai. Para wisatawan bekujung ke Bali untuk berwisata menikmati keindahan pesona Bali.

Selain dapat menikmati beragam obyek wisata pantai, ada baiknya wisatawan juga menjajal keunikan atraksi wisata di Taman Burung Bali atau yang juga dikenal dengan Bali Bird Park. Di tempat ini, wisatawan akan menemukan `surga burung` di tengah hutan hujan tropis buatan. Selain sebagai wahana rekreasi, lokasi ini juga cocok untuk kegiatan penelitian dan pendidikan mengenai satwa unggas baik yang ada di Indonesia maupun mancanegara.

Atraksi Wisata Bali Bird Park

Tempat Pariwisata Atraksi Taman Burung Bali
Tempat Pariwisata Atraksi Taman Burung Bali

Taman Burung Bali (Bali Bird Park) adalah atraksi wisata sekaligus tempat penangkaran berbagai jenis spesies burung di Indonesia maupun mancanegara. Taman Burung Bali berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali. Selain menampilkan kehidupan alami berbagai jenis burung, bermacam-macam fasilitas dan program spesial diselenggarakan dengan fungsi mendidik dan penangkaran.

Sejak berdiri sejak Oktober 1995, kebun binatang ini memiliki luas sekitar 2 hektare dengan koleksi sekitar 1000 satwa jenis unggas yang berasal dari 250 spesies dan sejumlah besar adalah langka dan dilindungi, salah satunya adalah ikon Bali, Jalak Bali. Burung khas Papua yaitu Burung Cendrawasih, Burung Elang and Burung Rajawali, burung koleksi dari Amerika Selatan seperti Makaw dan Toucan, dan juga Burung Beo dan lainnya yang berasal dari Afrika. Tempat Pariwisata.

Menikmati Pemandangan khas Bali

Tempat Pariwisata Koleksi Burung Kakak Tua
Tempat Pariwisata Koleksi Burung Kakak Tua

Pemandangan dalamnya ditata menyerupai provinsi di Indonesia lengkap dengan hewan khas, tumbuhan, dan rumah adat seperi rumah Toraja, ada juga ruang untuk daerah lain seperti Sumatera, Borneo, Jawa, dan Amerika selatan.Terlihat pula dari dalamnya lapangan hijau di mana burung-burung berlarian dan beterbangan seperti Kakatua, dan beberapa lagi seperti burung pelican dan bangau berenang-renang atau berjalan mengitari kolam yang terletak di tengah-tengah taman.Tidak hanya itu, 2000 jenis tanaman tropis termasuk 50 jenis tanaman palem dengan keramaian kupu-kupu juga melengkapi taman burung ini.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Kota Tanjungpinang

Pengunjung taman burung berasal dari domestik dan non domestik; dengan Rusia sebanyak 30% dan Eropa, Asia, Australia, ditambah Indonesia sejumlah 40%.

Berbagai Macam Atraksi Burung

Tempat Pariwisata. Memiliki program tersendiri di setiap harinya antara lain Bali Rainforest yang berisi petualangan menyaksikan aneka burung dari Indonesia beterbangan, Basic instinct yang menampilkan aksi burung pemangsa berburu mulai dari elang, falkon, dan burung hantu.

Wahana Guyu-guyu Bali Bird Park Tempat Pariwisata

Tempat Pariwisata Bali
Tempat Pariwisata Bali

Ditambah lagi wahana Guyu-guyu Corner di mana para pengunjung dengan bebas bersentuhan dengan para burung kakak tua untuk berfoto-foto, Feed the Lory, Papua Rain Forest Feeding, Meet the Birdstar di mana akan ditampilkan burung langka sejenis beo hitam bernama Kakatua Raja dan burung Julang Emas, Feed the Pelican, The Komodo Experience yaitu kumpulan reptil dari Asia Tenggara seperti Komodo, ular piton, dan berbagai macam spesies kadal, dan bioskop empat dimensi.

Tidak hanya menikmati keindahan dan bercengkrama dengan burung-burung, para pengunjung juga dapat melihat pengembangbiakkan burung-burung, saat para burung itu diberi makan, dan berfoto bersama dengan burung-burung yang dilepas bebas. Tempat Pariwisata.

Fasilitas di Tempat Pariwisata

Fasilitas lainnya yang terdapat di Taman Burung Bali adalah restoran, kafe, dan toko cenderamata yang berkaitan dengan burung. Ada juga area inkubator di mana para seniman Bali menggambar telur-telur burung di taman tersebut dengan corak tradisional.

Di samping itu, Tempat Pariwisata lokasi taman burung tersebut juga berdekatan dengan objek wisata bali lainnya seperti pertunjukan tari barong di Batubulan, Pasar Seni Sukawati dan Guwang, Kintamani, Ubud, dan Pantai Sanur.

Koleksi Taman Burung Bali

Taman burung Bali, memiliki koleksi burung terlengkap yang dapat anda lihat di pulau dewata. Koleksi burung berasal dari mancanegara dan tentunya burung dari Indonesia. Setiap burung akan di kelompokan sesuai daerah asal dari burung. Tempat Pariwisata.

  • Burung dari Amerika selatan seperti Makaw Skarlet dan Hyacinth Macaw.
  • Burung dari Afrika selatan seperti burung beo abu – abu Afrika yang terkenal akan kemampuannya meniru suara manusia.
  • Burung dari Sumatra seperti Crimson Wing Parakeet.
  • Burung dari Kalimantan seperti burung Junai Emas.
  • Burung dari Papua seperti burung Kasuari.
  • Burung dari Jawa seperti burung Elang Jawa, Elang-ular bido.
  • Burung dari Bali seperti burung Jalak Bali
BACA JUGA :  Pesona Wisata Aceh Pantai Lhok Nga

Atraksi Yang Dilakukan di Taman Burung Bali

  • Burung kakak tua terbang.
  • 4D Theater
  • Melihat Komodo
  • Foto-foto bersama burung.
  • Melihat perkembangbiakan burung, mulai dari bertelur hingga menetas.
  • Memberi makan burung dapat anda lakukan di taman burung Bali

Lokasi Tempat Pariwisata

Taman Burung Bali terletak di di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia. Taman Burung Bali dibuka untuk umum setiap hari dari jam 8.00 hingga 18.00 WITA sore. Tempat Pariwisata.

Akses

Lokasi Taman Burung Bali cukup mudah dijangkau dari Ibu Kota Provinsi Bali, Denpasar. Dari kota ini, wisatawan dapat menyewa mobil, sepeda motor, atau menggunakan jasa taksi dan travel menuju lokasi dengan lama perjalanan sekitar 20 menit. Sementara dari lokasi obyek wisata lainnya, Taman Burung Bali antara lain dapat ditempuh dari kawasan Pantai Kuta selama 45 menit, serta dari kawasan Ubud dan pusat perbelanjaan tradisional Sukawati selama 15 menit.

Harga Tiket

Koleksi Reptil Tempat Pariwisata Bali
Koleksi Reptil Tempat Pariwisata Bali

Tempat Pariwisata. Untuk menyaksikan ragam unggas dan reptil di Taman Burung Bali, wisatawan dikenai biaya tiket bervariasi. Bagi wisatawan asing, pengunjung dewasa diwajibkan membayar 17 dolar AS, sementara anak-anak 8,5 dolar AS. Untuk wisatawan domestik dewasa dikenai biaya Rp 59.000 dan untuk anak-anak sebesar Rp 29.000 (Desember 2008).

Tak hanya kicauan unggas, wisatawan juga akan dimanjakan oleh suasana hutan tropis yang tampak alami. Di areal seluas 2 hektar ini, tumbuh-tumbuhan ditanam dan ditata apik sehingga menambah nyaman suasana jalan kaki para wisatawan. Tempat Pariwisata.

Tumbuhan khas hutan hujan tropis di taman ini antara lain beberapa macam tanaman palm, pandan Bali, sikas, dan macam-macam tanaman air. Untuk menambah menawan panorama taman, di taman ini juga dipasang berbagai macam lampu taman, hiasan batu-batuan, patung, serta jalan setapak yang sudah dikeraskan. Jalan setapak tersebut dibuat meliuk-liuk mengikuti kontur lahan, memanjang sejauh kira-kira 1 kilometer.

BACA JUGA :  Pesona Wisata Tanjung Pinang Pantai Trikora

Tempat Pariwisata. Untuk lebih memikat animo para pengunjung, sejak Agustus 2008 lalu pihak pengelola juga telah `memamerkan` ratusan reptil. Tak kurang dari 200 reptil dari 50 spesies dapat disaksikan di taman ini, mulai dari kura-kura, ular kobra, ular ganas (viper), komodo, hingga reptil jenis kadal lidah biru. Dengan adanya koleksi ratusan reptil, para pengunjung tidak hanya dapat berfoto atau menyaksikan atraksi unggas-unggas cerdik, melainkan juga dapat bercengkrama dan berfoto dengan reptil dalam reptilarium atau rimba reptil.

Baca artikel menarik berikut lainnya:

Sumber: hhtp://wikipedia.org, Buku “Info Pariwisata Nusantara”, http://www.disparda.baliprov.go.id/
Tempat Pariwisata, Liburan Murah Ke Bali, Daerah Wisata di Bali, Pulau Bali Tempat Menarik, Uluwatu Bali, Pesona Wisata Indonesia, Bali, Wisata Pantai, Wisata Bali, Liburan Ke Bali, Bali BIrd Park, Taman Burung Bali

 

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *