Air Terjun Maribaya Bandung, Tempat Wisata Yang Penuh Mitos

Open Trip Maribaya-Bandung


Air Terjun Maribaya. Bandung memang cukup terkenal sekali sebagai “Paris Van Java Indonesia” memang seringkali dijadika sebagaidestinasi wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Jaraknya yang memang cukupdekat dan memiliki suhu yang jauh lebih dingin, menjadikan Bandung selaludipenuhi oleh para pengunjung saat liburan.

Bandung yang memang cukup dikenaldengan trans studio dan juga kawah putih, akan tetapi selain itu kota Bandungini juga mempunyai wisata alam lain yang asyik untuk habsikan akhir pekanbersama keluarga, kerabat, sahabat, atau rekan kerja. Wisata alam tersebutadalah Maribaya Bandung.

Wisata maribaya-lembang-bandung
Wisata maribaya-lembang-bandung

Lokasi Wisata Maribaya Bandung

Objek wisata Maribaya Bandung ini adalah tempat wisata air terjun Maribaya yang merupakan bagian dari “Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda” yang bertempat di jalan Maribaya, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Atau sekitar 15 km dari pusat kota Bandung dan sekitar 5 km dari arah timur Lembang.

Akses Menuju Objek Wisata Maribaya Bandung

Objek wisata air terjun ini bisa diakses dengan menggunakan transportasi umum, jalur yang harus ditempuh adalah dengan cara menaiki angkot dari Lembang ke Maribaya, lama perjalanan Anda tersebut sekitar 5 km, dan Anda akan tiba di sebuah jembatan Maribaya.

Untuk Anda yang datang ke tempatwisata di Bandung satu ini dengan membawa kendaraan pribadi dari Jakarta, makaAnda dapat menggunakan rute dari Cikampek – Cipularang, keluar di Sadang. Nah,dari Sadang ini Anda bisa lanjutkan perjalanan ke Subang – Ciater – Lembang.

Tempat-Wisata-Maribaya-Lembang Bandung
Tempat-Wisata-Maribaya-Lembang Bandung

Retribusi Di Objek Wisata Maribaya Bandung

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Maribaya Bandung ini, Anda dikenakan tarik tiket masukkan sekitar Rp 8.000,00 per orang. Bila Anda memang ingin mandi di sebuah pemandian air panas, maka Anda wajib membayar biayanya sendiri sebesar Rp 5.500,00 untk orang dewasa dan Rp 2.500,00 untuk anak-anak. Tempat wisata Maribaya Bandung ini dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

BACA JUGA :  Wisata di Jalan Legendaris, Jalan Braga Bandung

Mitos-Mitos Di Objek Wisata Maribaya Bandung

Tepatnya di kaki gunung masigit inilah ada perkampungan kecil yang juga dialiri dua buah sungai. Yang mana di perkampungan tersebut hiduplah seorang wanita yang mempunyai anak sangat cantik. Anak tersebut memiliki nama Maribaya, sebab kecantikannya, anak ini jadi sumber kehebohan bagi para lelaki. Karena merasa takut bakal terjadi malapetaka pada keluarganya, oleh sebab itulah akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan bertapaan di gunung tangkuban perahu untuk cari wangsit.

Sekembalinya, Eyang Raksa Dinataadalah ayah dari Maribaya ini jalankan wangsit untuk menumpahkan bokor, lalumunculah sumber air panas yang di dalamnya mengandung belerang. Sumber airpanas inilah mulai dikembangkan di tahun 1835 olehnya sehingga ada banyaksekali pengunjung yang datang untuk berobat dan rekreasi. Eyang Raksa yang sebelumnyahanya ingin hindari adanya pertumpahan darah sebab kecantikan puterinya, malahmendapatkan berkah yang berupa penghasilan dair para pengujung yang banyakberdatang di setiap harinya.

Trip_maribaya_bandung
Trip_maribaya_bandung

Apa Yang Menarik Dari Objek Wisata Maribaya Bandung?

Di tempat wisata Bandung yang satu ini ada beberapa lokasi menarik yang bisa Anda kunjungi, lokasi pertama adalah air terjun Maribaya, yang mana air terjun di sini merupakana air terjun yang masih alami dengan berlatan belakang pohon hijau yang rimbun, sehingga akan menjadikan Anda merasa lebih tenang jika sedang berada di sini.

Air terjun Maribaya Bandung ini biasanya juga disebut sebagai curug omas oleh warga setempat. Dengan memiliki ketinggian sekiatr 30 meter, di dekat air terjun tersebut juga sudah didirikan dua buah jembatan untuk memudahkan para pengunjungnya menikmati air terjun tanpa harus takut basah. Selain bisa menikmati indahnya air terjun dari jembatan, Anda bisa dapat menikmati indahnya air terjun dari dekat sembari berfoto selfie di atas batuan raksasa yang ada di bawah air terjunnya.

BACA JUGA :  Menikmati Indahnya Curug Omas Tempat Wisata di Lembang

Selain itu, Anda juga bisa berendam di dalam air panas. Berendam di dalam air panas yang ada di objek wisata Maribaya Bandung ini katanya juga bisa sembuhkan berbagai macam penyakit. Sembari berendam Anda juga bisa menikmati jagung bakar dan juga ketan bakar yang lezat khas kota Bandung.

Tetapi, untuk Anda nih yang suka jalan kaki sembari menikmati alam terbuka juga bisa coba trekking di sebuah “Taman Hutan Raya Djuanda”. Dengan melakukan trekking di taman inilah nanti Anda dapat menemukan sebuah gua Belanda dan juga gua Jepang. Bahkan Anda juga bisa dengan bebasnya keluar masuk ke gua tersebut. Tapi, apabila Anda memang memutuskan untuk masuk ked lam gua ini, jangan lupa untuk siapkan alat penerangan seperti senter.

Demikianlah tadi informasi tentang Maribaya Bandung, tempat wisata di Bandung penuh mitos. Semoga bermanfaat.

Similar Posts:

    None Found

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.